Bapak/Ibu, Siswa kelas XII yang berbahagia,
CONTOH PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA
Dalam rangka persiapan UN tahun 2017/2018 berikut ini kami sajikan pembahasan/Bedah kisi-kisi UN 2017/2018 yang berisi prediksi materi dan pokok-pokok pertanyaan soal dalam Ujian Nasional.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2017/2018 dari BSNP)
BACA JUGA : BEDAH KISI-KISI USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KLIK DI SINI
BACA JUGA : KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
1
|
Membaca
Nonsastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
-
Mengidentifikasi
-
Memaknai
|
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan paragraf, siswa mampu memaknai
kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
1
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi
kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
|
2
|
|||
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi
jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan,
mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
|
3
|
||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal
yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
|
4
|
||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu
mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa,
siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
|
5
|
||||
Aplikasi
-
Menginterpretasi
-
Menggunakan
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide
pokok paragraf dengan tepat.
|
6
|
||
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan inti
kalimat dalam paragaf dengan tepat.
|
7
|
|||
Menentukan makna
rujukan
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan makna
rujukan (kata penunjuk ini, itu, tersebut, atau tadi) dalam paragraf dengan
tepat.
|
8
|
|||
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan
maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
|
9
|
|||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menentukan
opini /pendapat penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
10
|
||||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menyimpulkan
keberpihakan penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
11
|
||||
Menentukan kalimat utama
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat
utama paragaf dengan tepat.
|
12
|
|||
Menentukan kalimat penjelas
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat
penjelas paragaf dengan tepat.
|
13
|
|||
Penalaran
-
Membanding-kan
-
Menunjukkan bukti
-
Menganalisis
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
-
Memvariasi-kan
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa
teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa
mampu membandingkan bahasa kedua teks dengan tepat.
|
14
|
||
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa
mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
15
|
|||
Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
(berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
|
Disajikan dua buah teks (teks eksposisi dan teks
prosedur), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
|
16
|
|||
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks
ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan
tepat.
|
17
|
||||
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari
isi teks dengan tepat.
|
18
|
|||
Menunjukkan bukti suatu simpulan
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menunjukkan bukti
suatu simpulan dengan tepat.
|
19
|
|||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
|
Mengidentifikasi dan memaknai
kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan puisi, siswa mampu mengartikan kata
simbolik dalam puisi dengan tepat.
|
20
|
Disajikan puisi, siswa mampu mengidentifikasi majas
yang dominan dalam puisi dengan tepat.
|
21
|
||||
Memaknai isi tersurat dalam
karya sastra
|
Disajikan gurindam, siswa mampu menentukan maksud
gurindam dengan tepat
|
22
|
|||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan latar cerita dengan tepat.
|
23
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
|
24
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan watak tokoh dengan tepat.
|
25
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan sudut pandang berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
26
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan (tahapan) alur berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
27
|
||||
Aplikasi
-
Menginterpre-tasi
-
Menggunakan
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik,
akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan konflik dengan tepat.
|
28
|
||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan
penyebab konflik cerita dengan tepat.
|
29
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan peristiwa yang terjadi akibat konflik dengan tepat.
|
30
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan amanat cerita dengan tepat.
|
31
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan nilai moral cerita dengan tepat.
|
32
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan nilai sosial cerita dengan tepat.
|
33
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan nilai agama cerita dengan tepat.
|
34
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu
menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
|
35
|
||||
Penalaran
-
Membanding-kan
-
Menunjukkan bukti
-
Menganalisis
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
-
Memvariasi-kan
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (cerpen),
siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan dengan tepat.
|
36
|
||
Disajikan dua kutipan teks sastra berbeda ( cerita
rakyat dan hikayat), siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan
dengan tepat.
|
37
|
||||
Disajikan dua kutipan teks sastra yang sejenis
(pantun), siswa mampu membandingkan perbedaan isi dua kutipan dengan tepat.
|
38
|
||||
Disajikan dua kutipan teks sastra (cerpen dan
hikayat), siswa mampu membandingkan perbedaan pola penyajian dua kutipan
dengan tepat.
|
39
|
||||
Disajikan dua buah teks puisi, siswa mampu
membandingkan kedua puisi berdasarkan tema dengan tepat.
|
40
|
||||
Menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
|
Disajikan kutipan cerita rakyat, siswa mampu
mengaitkan watak tokoh dengan latar dengan tepat.
|
41
|
|||
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak,
seting, nilai)
|
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan
kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
|
42
|
|||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan
kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
43
|
||||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan
kalimat bukti tentang nilai cerita dengan tepat.
|
44
|
||||
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan hikayat, siswa mampu mengaitkan
isi hikayat dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
45
|
|||
Disajikan penggalan novel, siswa mampu mengaitkan
isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
46
|
||||
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menunjukkan
keunggulan cerita dengan tepat.
|
47
|
|||
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menentukan
(kalimat kritik dengan tepat.
|
48
|
||||
Disajikan sebuah puisi, siswa mampu memberikan
tanggapan yang berisi penilaian terhadap puisi tersebut dengan tepat
|
49
|
||||
Meringkas isi karya sastra
|
Disajikan penggalan cerita rakyat, siswa mampu
meringkas isi cerita dengan tepat.
|
50
|
|||
Disajikan penggalan esai sastra, siswa mampu
menentukan simpulan esai dengan tepat.
|
51
|
||||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifikasi
-
Memaknai
|
Melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu
melengkapi bagian rumpang dengan istilah/kata dengan tepat.
|
52
|
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu
melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan dengan tepat.
|
53
|
||||
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu
melengkapi bagian rumpang dengan peribahasa dengan tepat.
|
54
|
||||
Aplikasi
-
Menginterpretasi
-
Menggunakan
|
Melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan penggalan teks eksposisi yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat
yang tepat.
|
55
|
||
Melengkapi unsur teks deskripsi
|
Disajikan penggalan teks deskripsi yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang
tepat.
|
56
|
|||
Melengkapi unsur teks argumentasi
|
Disajikan penggalan teks argumentasi yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang
tepat.
|
57
|
|||
Melengkapi unsur teks narasi
|
Disajikan penggalan teks narasi yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
58
|
|||
Melengkapi unsur teks ulasan
|
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
59
|
|||
Melengkapi unsur teks biografi
|
Disajikan penggalan teks ulasan biografi yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang
tepat.
|
60
|
|||
Melengkapi teks prosedur
|
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
61
|
|||
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan penggalan teks sastra yang dirumpangkan
(teks cerpen atau teks novel), siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kalimat yang tepat.
|
62
|
|||
Disajikan penggalan teks drama yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
63
|
||||
Disajikan pantun yang dirumpangkan, siswa mampu
melengkapi bagian yang rumpang dengan baris yang tepat.
|
64
|
||||
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu
barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik
berima/bersajak dengan tepat.
|
65
|
||||
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu
barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik bermajas
dengan tepat.
|
66
|
||||
Menggabungkan
kalimat
(mengurutkan
kalimat acak)
|
Disajikan lima kalimat deskripsi secara acak, siswa
mampu mengurutkan kalimat sehingga
tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
|
67
|
|||
Disajikan lima kalimat narasi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga
tersusun paragraf narasi dengan tepat.
|
68
|
||||
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga
tersusun cerita dengan tepat.
|
69
|
||||
Disajikan lima kalimat ulasan secara acak, siswa
mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf ulasan dengan tepat.
|
70
|
||||
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa
mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
71
|
||||
Mengurutkan unsur teks
|
Disajikan unsur teks
eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan
tepat.
|
72
|
|||
Disajikan unsur teks
ulasan secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
|
73
|
||||
Disajikan unsur teks
prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
|
74
|
||||
Penalaran
- Membandingkan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasikan
|
Memvariasikan kata
yang bermakna sama
|
Disajikan sebuah
paragraf dengan tiga kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata
yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
75
|
||
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata/kelompok
kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama (konotasi)
pada kata/kelompok kata bercetak miring dengan tepat.
|
76
|
||||
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan sebuah paragraf dengan satu kalimat
bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna
sama dengan kalimat bercetak miring dengan tepat.
|
77
|
|||
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan
kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan
ilustrasi kejadian.
|
78
|
||||
Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan konjungsi
antarkalimatnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan konjungsi
antarkalimat dengan tepat.
|
79
|
|||
Memvariasikan unsur teks
|
Disajikan suatu teks, siswa mampu memvariasikan
unsur teks dengan tepat.
|
80
|
|||
Mengubah bentuk teks lain
|
Disajikan teks tertentu, siswa mampu mengubah ke
bentuk teks yang lain.
|
81
|
|||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifikasi
-
Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan
secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
82
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan paragraf dengan empat konjungsi yang
digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan
penggunaan konjungsi dalam paragraf dengan tepat.
|
83
|
|||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kalimat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
dalam paragraf dengan tepat.
|
84
|
|||
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu,
siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan
tepat.
|
85
|
|||
Aplikasi
-
Menginter-pretasi
-
Menggunakan
|
Menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf
yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi
bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
86
|
||
Disajikan paragraf
yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi
bagian yang rumpang dengan kata serapan yang tepat.
|
87
|
||||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat
bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang tepat.
|
88
|
||||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat
bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan frasa yang tepat.
|
89
|
||||
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat
bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan konjungsi yang tepat.
|
90
|
|||
Penalaran
-
Membandingkan
-
Menunjukkan bukti
-
Menganalisis
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
-
Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak
efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
91
|
||
Memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
|
Disajikan teks yang salah satu paragrafnya salah
fungsi, siswa mampu memperbaiki paragraf sehingga berfungsi betul sehubungan
dengan jenis teks tertentu (teks eksposisi, teks ulasan, atau teks prosedur)
|
92
|
|||
Menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan
kata dengan tepat.
|
93
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi
penggunaan kalimat dengan tepat.
|
94
|
||||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kai
-
Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama
geografi, nama diri, kata tugas)
|
Disajikan judul karya ilmiah, siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
|
95
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata
sapaan/gelar, siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan penulisan kata sapaan/gelar dengan tepat.
|
96
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama
geografi, siswa mampu mengidentifikasi
kesalahan penulisan nama geografi dengan tepat.
|
97
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama
diri, siswa mampu mengidentifikasi
kesalahan penulisan nama diri dengan tepat.
|
98
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan kata
tugas, siswa mampu mengidentifikasi
kesalahan penulisan kata tugas dengan tepat.
|
99
|
||||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda
baca titik dua, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca
titik dua dengan tepat.
|
100
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda
pisah/aposis, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda
pisah/aposis dengan tepat.
|
101
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda
koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda koma dengan
tepat.
|
102
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda
titik koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda titik koma
dengan tepat.
|
103
|
||||
Aplikasi
-
Menginterpre-tasi
-
Menggunakan
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan akronim,
siswa mampu menggunakan akronim dengan tepat.
|
104
|
||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda
hubung, siswa mampu menggunakan tanda hubung dengan tepat.
|
105
|
|||
Penalaran
-
Membanding-kan
-
Menunjukkan bukti
-
Menganalisis
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
-
Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan
frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
106
|
||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan istilah, siswa mampu menentukan perbaikan istilah dengan tepat.
|
107
|
||||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda titik, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda
titik dengan tepat.
|
108
|
|||
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan huruf kapital dan tanda petik siswa mampu menentukan alasan
kesalahan dengan tepat.
|
109
|
|||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
110
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH,
SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1. Bahasa Indonesia - IPA/IPS/KeagamaanSEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BACA/UNDUH KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA BERIKUT.
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA
INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan
makna istilah
3. Menentukan
kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab
pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan
kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan
ide pokok paragraf
7. Menentukan
tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan
kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9. Menentukan
keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab
pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan
opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan
pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan
kata rujukan
14. Menentukan
perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan
inti kalimat
16. Menentukan
makna lambang
17. Menentukan
kalimat bermajas
18. Menentukan
cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan
kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan
konflik cerita
21. Menentukan
kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22. Menentukan
nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan
amanat cerpen
24. Menentukan
kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan
kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
26. Menentukan
maksud isi gurindam
27. Menilai
keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun
ringkasan teks
29. Mengurutkan
kalimat acak
30. Menentukan
kalimat argumen
31. Menyusun kalimat
simpulan paragraf
32. Menentukan
peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan
ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi
teks deskripsi
35. Melengkapi
teks argumentasi
36. Melengkapi
larik pantun
37. Melengkapi
teks prosedur
38. Menyusun
teks esai
39. Menggunakan
konjungsi temporal
40. Menggunakan
kata berimbuhan
41. Menggunakan
kata ulang
42. Melengkapi
paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan
frasa adjektiva
44. Memperbaiki
kalimat tidak efektif
45. Menentukan
alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki
kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki
penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi
penulisan judul yang benar
49. Menggunakan
tanda baca dengan tepat
50. Menentukan
alasan kesalahan pemakaian tanda baca
(LENGKAP SMP, SMA/MA. SMK, SMPLB DAN SMALB, KEJAR PAKET B DAN PAKET C)
Pembagian lingkup materi lebih condong ke kur 2006 (ktsp) daripada kur 2013. Istilah dlm materi menulis pun masih berorientasi pd kur ktsp. Bagaimana dg siswa-siswa yg menggunakan kur 2013?
ReplyDeleteMenarik apa yang Bapak Mashuri sampaikan. bisa dijadikan bahan diskusi.
Deleteterima kasih kupasannya pak, perlu pendalaman
ReplyDeletetrm kasih jg pak, benar pak perlu pendalaman
DeleteTerimakasih Pak. Mohon izin kupasan Bapak akan dijadikan bahan diskusi dalam pendalaman materi dengan sesama guru Bahasa Indonesia di MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sukabumi. Mohon izin pula indikator soalnya akan ditambah dan diperdalam.
ReplyDeleteSekali lagi saya meohon izin kepada Bapak (Wawan Gunawan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sukabumi)
ReplyDeleteSila Pak... trm kasih.
ReplyDeleteSila Pak... trm kasih.
ReplyDeleteTerimakasih
ReplyDeleteThank's for all
ReplyDeleteok, moga sukses sllu
DeleteTerima Kasih Pak,
ReplyDeleteNomor selanjutnya pak?
51-selesai?
terimakasih banyak sangat membantu untuk belajar un
ReplyDelete