18 August 2017

BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA / PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2017/2018

Bapak/Ibu, Siswa kelas XII yang berbahagia,
Dalam rangka persiapan UN tahun 2017/2018 berikut ini kami sajikan pembahasan/Bedah kisi-kisi UN 2017/2018 yang berisi prediksi materi dan pokok-pokok pertanyaan soal dalam Ujian Nasional. 

CONTOH PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 (Disusun berdasarkan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2017/2018 dari BSNP)
BACA JUGA : BEDAH KISI-KISI USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KLIK DI SINI
BACA JUGA : KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs

No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifikasi
-   Memaknai
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf, siswa mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
1
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
2
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
3
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
4
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
5
Aplikasi
-   Menginterpretasi
-   Menggunakan

Menemukan ide pokok
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.
6
Menemukan inti kalimat

Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan inti kalimat dalam paragaf dengan tepat.
7
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan makna rujukan (kata penunjuk ini, itu, tersebut, atau tadi) dalam paragraf dengan tepat.
8
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
9
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menentukan opini /pendapat penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
10
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menyimpulkan keberpihakan penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
11
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat utama  paragaf dengan tepat.
12
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat penjelas  paragaf dengan tepat.
13
Penalaran
-     Membanding-kan
-     Menunjukkan bukti
-     Menganalisis
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi
-     Memvariasi-kan

Membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa mampu membandingkan bahasa kedua teks dengan tepat.
14
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
15
Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
Disajikan dua buah teks (teks eksposisi dan teks prosedur), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
16
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
17
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
18
Menunjukkan bukti suatu simpulan
Disajikan paragraf, siswa mampu menunjukkan bukti suatu simpulan dengan tepat.
19
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
-     Mengidentifi-kasi
-     Memaknai
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan puisi, siswa mampu mengartikan kata simbolik dalam puisi dengan tepat.
20
Disajikan puisi, siswa mampu mengidentifikasi majas yang dominan dalam puisi dengan tepat.
21
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan gurindam, siswa mampu menentukan maksud gurindam dengan tepat
22
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan latar cerita dengan tepat.
23
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
24
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan watak tokoh dengan tepat.
25
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan sudut pandang berdasarkan kutipan dengan tepat.
26
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan (tahapan) alur berdasarkan kutipan dengan tepat.
27

Aplikasi
-     Menginterpre-tasi
-     Menggunakan

Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
28
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan penyebab konflik cerita dengan tepat.
29
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan peristiwa yang terjadi akibat konflik dengan tepat.
30
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan amanat cerita dengan tepat.
31
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai moral cerita dengan tepat.
32
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai sosial cerita dengan tepat.
33
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai agama cerita dengan tepat.
34
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
35
Penalaran
-     Membanding-kan
-     Menunjukkan bukti
-     Menganalisis
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi
-     Memvariasi-kan

Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (cerpen), siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan dengan tepat.
36
Disajikan dua kutipan teks sastra berbeda ( cerita rakyat dan hikayat), siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan dengan tepat.
37
Disajikan dua kutipan teks sastra yang sejenis (pantun), siswa mampu membandingkan perbedaan isi dua kutipan dengan tepat.
38
Disajikan dua kutipan teks sastra (cerpen dan hikayat), siswa mampu membandingkan perbedaan pola penyajian dua kutipan dengan tepat.
39
Disajikan dua buah teks puisi, siswa mampu membandingkan kedua puisi berdasarkan tema dengan tepat.
40
Menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
Disajikan kutipan cerita rakyat, siswa mampu mengaitkan watak tokoh dengan latar dengan tepat.
41
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
42
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
43
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang nilai cerita dengan tepat.
44


Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan hikayat, siswa mampu mengaitkan isi hikayat dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
45
Disajikan penggalan novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
46
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
47
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menentukan (kalimat kritik dengan tepat.
48
Disajikan sebuah puisi, siswa mampu memberikan tanggapan yang berisi penilaian terhadap puisi tersebut dengan tepat
49
Meringkas isi karya sastra
Disajikan penggalan cerita rakyat, siswa mampu meringkas isi cerita dengan tepat.
50
Disajikan penggalan esai sastra, siswa mampu menentukan simpulan esai dengan tepat.
51
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
-     Mengidentifikasi
-     Memaknai
Melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah/kata dengan tepat.
52
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan dengan tepat.

53
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan peribahasa dengan tepat.
54
Aplikasi
-     Menginterpretasi
-     Menggunakan

Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan penggalan teks eksposisi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
55
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disajikan penggalan teks deskripsi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
56
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan penggalan teks argumentasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
57
Melengkapi unsur teks narasi
Disajikan penggalan teks narasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
58
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
59
Melengkapi unsur teks biografi
Disajikan penggalan teks ulasan biografi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
60
Melengkapi teks prosedur
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
61
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan penggalan teks sastra yang dirumpangkan (teks cerpen atau teks novel), siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
62
Disajikan penggalan teks drama yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
63
Disajikan pantun yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan baris yang tepat.
64
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik berima/bersajak dengan tepat.
65
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik bermajas dengan tepat.
66
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
Disajikan lima kalimat deskripsi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
67
Disajikan lima kalimat narasi secara acak,  siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf narasi dengan tepat.
68
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak,  siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun cerita dengan tepat.
69
Disajikan lima kalimat ulasan secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf ulasan dengan tepat.
70
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
71

Mengurutkan unsur teks
Disajikan unsur teks  eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
72
Disajikan unsur teks  ulasan secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
73
Disajikan unsur teks  prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
74
Penalaran
-  Membandingkan
-  Menunjukkan bukti
-  Menganalisis
-  Menanggapi/mengomentari
-  Merefleksi
-  Mengevaluasi
-  Memvariasikan

Memvariasikan kata yang bermakna sama
Disajikan sebuah paragraf dengan tiga kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
75
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata/kelompok kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama (konotasi) pada kata/kelompok kata bercetak miring dengan tepat.
76
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan sebuah paragraf dengan satu kalimat bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bercetak miring dengan tepat.
77
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
78
Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang dirumpangkan konjungsi antarkalimatnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan konjungsi antarkalimat dengan tepat.
79



Memvariasikan unsur teks
Disajikan suatu teks, siswa mampu memvariasikan unsur teks dengan tepat.
80
Mengubah bentuk teks lain
Disajikan teks tertentu, siswa mampu mengubah ke bentuk teks yang lain.
81
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
-     Mengidentifikasi
-     Memaknai
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
82
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan paragraf dengan empat konjungsi yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraf dengan tepat.
83
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf dengan tepat.
84
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
85
Aplikasi
-     Menginter-pretasi
-     Menggunakan

Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
86
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata serapan yang tepat.
87
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang tepat.
88
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan frasa yang tepat.
89
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan konjungsi yang tepat.
90
Penalaran
-     Membandingkan
-     Menunjukkan bukti
-     Menganalisis
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi
-     Memvariasi-kan
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
91
Memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
Disajikan teks yang salah satu paragrafnya salah fungsi, siswa mampu memperbaiki paragraf sehingga berfungsi betul sehubungan dengan jenis teks tertentu (teks eksposisi, teks ulasan, atau teks prosedur)
92
Menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
93
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat  dengan tepat.
94
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
-        Mengidentifi-kai
-        Memaknai
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan judul karya ilmiah, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
95
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata sapaan/gelar, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penulisan kata sapaan/gelar dengan tepat.
96
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama geografi, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penulisan nama geografi dengan tepat.
97
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama diri, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penulisan nama diri dengan tepat.
98
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan kata tugas, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penulisan kata tugas dengan tepat.
99
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca titik dua, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca titik dua dengan tepat.
100
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda pisah/aposis, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda pisah/aposis dengan tepat.
101
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda koma dengan tepat.
102
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda titik koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda titik koma dengan tepat.
103
Aplikasi
-     Menginterpre-tasi
-     Menggunakan

Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan akronim, siswa mampu menggunakan akronim dengan tepat.
104
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda hubung, siswa mampu menggunakan tanda hubung dengan tepat.
105
Penalaran
-     Membanding-kan
-     Menunjukkan bukti
-     Menganalisis
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi
-     Memvariasi-kan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
106
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan istilah, siswa mampu menentukan perbaikan istilah  dengan tepat.
107
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dengan tepat.
108
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda petik siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
109
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
110




KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH,
SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1. Bahasa Indonesia - IPA/IPS/Keagamaan




BACA/UNDUH KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA BERIKUT.


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1.       Menentukan kalimat utama
2.      Menentukan makna istilah
3.      Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4.      Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5.      Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6.      Menentukan ide pokok paragraf
7.      Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8.      Menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9.      Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10.  Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11.  Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12.  Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13.  Menentukan kata rujukan
14.  Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15.  Menentukan inti kalimat
16.  Menentukan makna lambang
17.  Menentukan kalimat bermajas
18.  Menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
19.  Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20.  Menentukan konflik cerita
21.  Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22.  Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23.  Menentukan amanat cerpen
24.  Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25.  Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini

26.  Menentukan maksud isi gurindam
27.  Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28.  Menyusun ringkasan teks
29.  Mengurutkan kalimat acak
30.  Menentukan kalimat argumen
31.  Menyusun kalimat simpulan paragraf
32.  Menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33.  Menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34.  Melengkapi teks deskripsi
35.  Melengkapi teks argumentasi
36.  Melengkapi larik pantun
37.  Melengkapi teks prosedur
38.  Menyusun teks esai
39.  Menggunakan konjungsi temporal
40.  Menggunakan kata berimbuhan
41.  Menggunakan kata ulang
42.  Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43.  Menggunakan frasa adjektiva
44.  Memperbaiki kalimat tidak efektif
45.  Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46.  Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47.  Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48.  Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49.  Menggunakan tanda baca dengan tepat
50.  Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca




(LENGKAP SMP, SMA/MA. SMK, SMPLB DAN SMALB, KEJAR PAKET B DAN PAKET C)


13 comments:

  1. Pembagian lingkup materi lebih condong ke kur 2006 (ktsp) daripada kur 2013. Istilah dlm materi menulis pun masih berorientasi pd kur ktsp. Bagaimana dg siswa-siswa yg menggunakan kur 2013?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik apa yang Bapak Mashuri sampaikan. bisa dijadikan bahan diskusi.

      Delete
  2. terima kasih kupasannya pak, perlu pendalaman

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Pak. Mohon izin kupasan Bapak akan dijadikan bahan diskusi dalam pendalaman materi dengan sesama guru Bahasa Indonesia di MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sukabumi. Mohon izin pula indikator soalnya akan ditambah dan diperdalam.

    ReplyDelete
  4. Sekali lagi saya meohon izin kepada Bapak (Wawan Gunawan Ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sukabumi)

    ReplyDelete
  5. Terima Kasih Pak,
    Nomor selanjutnya pak?
    51-selesai?

    ReplyDelete
  6. terimakasih banyak sangat membantu untuk belajar un

    ReplyDelete