DRAF KISI-KISI SOAL USBN SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
1
|
Membaca
Nonsastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
|
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan paragraf,
peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
1.
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan paragraf,
peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
dengan tepat.
|
2.
|
|||
Disajikan paragraf, peserta didik mampu
mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa,
atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
||||
Disajikan teks biografi, peserta didik mampu
menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
|
4.
|
||||
Disajikan teks biografi, peserta didik mampu
mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa,
siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
|
5.
|
||||
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
|
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan
pokok isi paragraf
|
6.
|
|||
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menemukan
ide pokok paragraf dengan tepat.
|
7.
|
||
Menemukan inti
kalimat
|
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu
menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
8.
|
|||
Menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
|
.
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menyimpulkan
maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
|
9.
|
|||
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu
menentukan opini /pendapat penulis berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
10.
|
||||
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu
menyimpulkan pihak yang dituju penulis
berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
11.
|
||||
Disajikan kutipan tajuk, peserta didik mampu
menyimpulkan keberpihakan (pihak yang dibela) penulis berdasarkan kutipan
dengan tepat.
|
12.
|
||||
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
|
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
|
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu menentukan rangkuman
isi informasi dengan tepat.
|
13.
|
||
mengomentari isi paragraf
|
Disajikan kutipan teks, peserta didik mampu
mengomentari isi teks dengan tepat.
|
14.
|
|||
menunjukkan
bukti suatu
simpulan
|
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menujukkan bukti suatu
simpulan dalam paragraf
|
15.
|
|||
Membandingkan paragraf induktif dan deduktif
|
Disajikan paragraf induktif dan deduktif, peserta didik mampu
menentukan perbedaan kedua paragraf dengan tepat.
|
16.
|
|||
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta didik mampu
menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
17.
|
|||
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa
jenis paragraf
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu menentukan perbedaan
penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
18.
|
|||
meringkas isi teks nonsastra
|
Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan
ringkasan paragraf dengan tepat
|
19.
|
|||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
|
mengidentifikasi
kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen , peserta didik mampu mengartikan kata simbolik dalam
kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
20.
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu
mengidentifikasi kalimat yang bermajas
dalam kutipan cerpen dengan tepat.
|
21.
|
||||
mengidentifikasi
tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
|
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu
menentukan tema puisi tersebut dengan tepat
|
22.
|
|||
Disajikan puisi kontemporer, peserta didik mampu
menentukan ciri-ciri puisi tersebut dengan tepat
|
23.
|
||||
menentukan unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik hikayat, cerpen, atau novel
|
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik mampu menentukan unsur ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
|
24.
|
|||
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta didik
mampu menentukan unsur intrinsik kutipan tersebut dengan tepat.
|
25.
|
||||
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• menggunakan
|
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat
(konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta
didik mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
26.
|
||
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta
didik mampu menentukan penyebab konflik dengan tepat.
|
27.
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/novel/hikayat, peserta
didik mampu menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
|
28.
|
||||
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
|
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel
dengan hikayat
|
Disajikan novel dan hikayat, peserta didik mampu menentukan perbedaan
unsur intrisik/ekstrinsik kutipan tersebut dengan tepat
|
29.
|
||
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu
menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
|
30.
|
|||
Disajikan sebuah puisi, peserta didik mampu
memberikan tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut dengan
tepat
|
31.
|
||||
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya
sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks kutipan cerpen, peserta didik mampu
membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks
dengan tepat
|
32.
|
|||
membuktikan simpulan dengan data pada karya
sastra (bukti watak,
seting, nilai)
|
Disajikan kutipan cerita, peserta didik mampu
menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan
tepat.
|
33.
|
|||
Disajikan kutipan cerita, peserta didik mampu
menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
34.
|
||||
Disajikan kutipan cerpen/ novel, peserta didik mampu
menunjukkan kalimat bukti tentang nilai dengan tepat
|
35.
|
||||
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan kutipan cepen/novel/hikayat, peserta didik
mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
36.
|
|||
Meringkas isi karya sastra
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik mampu
meringkas isi kutipan novel dengan
tepat.
|
37.
|
|||
menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
novel Indonesia/terjemahan
|
Disajikan kutipan novel Indonesia/terjemahan,
peserta didik mampu menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik
|
38.
|
|||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
|
menentukan istilah/
kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
|
Disajikan kutipan resensi/kritik/esai yang dirumpangkan, peserta didik
mampu menentukan istilah/kata yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut.
|
39.
|
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
|
menyusun paragraf
padu
|
Disajikan kalimat acak, siswa mampu menyusun menjadi paragraf padu
|
40.
|
||
melengkapi paragraf
eksposisi/narasi/deskripsi
|
Disajikan kutipan teks eksposisi yang dirumpangkan, peserta didik
mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
|
41.
|
|||
Disajikan kutipan teks deskripsi yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
42.
|
||||
Disajikan kutipan teks narasi yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
43.
|
||||
melengkapi resensi
|
Disajikan kutipan resensi yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
44.
|
|||
melengkapi
proposal/notulen
|
Disajikan kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu
melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
45.
|
|||
Disajikan kutipan notulen yang dirumpangkan, peserta didik mampu
melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
46.
|
||||
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
|
memvariasikan kata yang bermakna sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan
kejadian tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai
dengan ilustrasi kejadian.
|
47.
|
||
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, peserta
didik dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi
kejadian.
|
48.
|
|||
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama,
dan rima
|
Disajikan ilustrasi gambar/peristiwa, siswa mampu
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima sesuai
ilustrasi
|
49.
|
|||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan
secara tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
50.
|
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu,
peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut
dengan tepat.
|
51.
|
|||
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
|
menggunakan
istilah dalam
kalimat
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta didik
mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
|
52.
|
||
Menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, peserta
didik mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
53.
|
|||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat
bagian, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang
tepat.
|
54.
|
||||
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/ mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf, siswa mampu memperbaiki penggunaan
kata yang tidak tepat dalam paragraf
|
55.
|
||
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak
efektif, peserta didik mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
56.
|
|||
memperbaiki
kesalahan
paragraf
|
57.
|
||||
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata,
kalimat, dan paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi
pilihan kata dengan tepat.
|
58.
|
|||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Memaknai
• Membedakan
• Menjelaskan
• Mengungkapkan
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul,
sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
|
Disajikan judul karya ilmiah, peserta didik mampu
mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
|
59.
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan
penggunaan titik dua dengan tepat
|
60.
|
|||
Aplikasi
• Menginterpretasi
• Menangkap
• Menggunakan
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf
kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
|
61.
|
||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda
koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat.
|
62.
|
|||
Penalaran
• Membandingkan
• Menunjukkan bukti
• Menanggapi/mengomentari
• Merefleksi
• Mengevaluasi
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan frasa/gabungan kata, peserta didik mampu menentukan perbaikan
frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
63.
|
||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata/ istilah, peserta didik mampu menentukan perbaikan
kata/istilah dengan tepat.
|
64.
|
||||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kata serapan/ istilah, peserta didik mampu menentukan perbaikan
kata serapan dengan tepat.
|
65.
|
||||
Memperbaiki kesalahan
pengunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, siswa mampu
menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
|
66.
|
|||
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan
tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan huruf kapital dan tanda koma,
peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
67.
|
mudahkan supaya bisa di download prangkatnya sehingga dapat jariahnya
ReplyDelete