10 September 2017

MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT DALAM TEKS BIOGRAFI

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA
MENGIDENTIFIKASI ISI BIOGRAFI


KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN


Kunci Jawaban: B
Pembahasan

Soal di atas menanyakan isi bacaan atau informasi yang terdapat dalam bacaan. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level pengetahuan dan pemahaman (mengidentifikasi informasi tersurat). Kompetensi yang diuji yaitu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam teks biografi

Untuk menentukan jawaban pertanyaan terhadap isi bacaan kita harus memahami pertanyaan dan mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaan pada kutipan teks biografi. 
Isi pertanyaan nomor 10 menanyakan apa yang menyemangati Gandhi dalam meraih cita-citanya (unsur what). Jawaban pertanyaan tersebut adalah tekad yang kuat dan berjuang tanpa kekerasan. Jawaban tersebut sesuai dengan kalimat terakhir pada kutipan teks biografi di atas yaitu, Namun, dengan tekad yang kuat, akhirnya beliau berhasil meraih apa yang dicita-citakannya.

RINGKASAN MATERI
MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT PADA TEKS BIOGRAFI
 Biografi merupakan catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi paparan hidup seorang tokoh dari kecil hingga  tua. Bahkan, tokoh tersebut meninggal dunia. Semua jasa, hasil karya, dan segala kegiatan yang dilakukan seorang tokoh juga dijelaskan dalam buku biografi.  
Biografi memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi. 
Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .

a.                   Apa (what) peristiwanya?
Jawaban sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
b.                  Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang diinformasikan
c.                   Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d.                  Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e.                   Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f.                   Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: proses terjadinya peristiwa

BACA PEMBAHASAN SOAL NOMOR 1-25 SOAL UN 2016/2017

0 komentar:

Post a Comment