22 October 2017

MELENGKAPI TEKS DESKRIPSI

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 34 MELENGKAPI BAGIAN PARAGRAF DESKRIPSI YANG RUMPANG


Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks deskripsi/melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan menggambarkan suatu objek atau suatu peristiwa. Teks di atas menggambarkan suasana di pinggir hutan dan aktivitas lelaki dan perempuan yang sedang menanam benih.
Untuk melengkapi paragraf deskripsi yang rumpang haruslah memilih kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya maka kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Para lelaki dan perempuan bercengkerama sambil mencicipi kudapan (jawaban C). Kata-kata kunci untuk melengkapi paragraf tersebut terdapat pada kalimat sebelumnya yaitu terasa hiruk pikuk. Suasana hiruk pikuk berkaitan erat dengan aktivitas bercengkerama (berbincang yang diselingi dengan canda). Aktivitas bercengkerama melibatkan laki-laki dan perempuan yang sebelumnya melakukan aktivitas berladang bersama yang dijelaskan oleh kalimat sesudahnya. 
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS DESKRIPSI
Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini,  pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
Langkah-langkah melengkapi teks deskripsi

1.      Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek. Kalimat-kalimat dalam teks deskripsi berisi kata-kata yang bertujuan menggambarkan objek secara terperinci. 
2.      Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan
3.      Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.
Contoh teks deskripsi
            Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam
Contoh soal melengkapi teks deskripsi.

1.    Cermati paragraf deskripsi berikut!
Sungai  Bengawan  Solo  saat  ini  airnya  berwarna  cokelat.  Sampah  plastikdan sampah rumah tangga lainnya bertebaran di badan sungai. Di pinggir sungai tersebut berdiri pula industri yang menggelontorkan limbah ke sungai. …. Paragraf deskripsi tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ….
A.   Di beberapa titik, bau menyengat pun tercium.
B.   Penduduk di bantaran sungai sering membuang sampah ke sungai itu.
C.   Air sungai itu pun digunakan untuk mencuci dan mandi.
D.   Pembuangan limbah ke sungai itu dapat mengancam lingkungan.
E.   Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita.
2. Bacalah paragraf berikut!
Rumah bambu itu cukup jauh masuk dari  jalan utama. Selain sempit sekali (3 x 3,5 meter) rumah itu juga sangat sederhana. Sebuah dipan lengkap dengan kelambu anti nyamuk dan kipas angin kecil tertata apa adanya. [....] Kursi itu biasa digunakan Sudiharjo melihat-lihat sekitar rumah. Satu peralatan lagi yang selalu dekat dengan Sudiharjo adalah pispot dan alat bantu jalan (kerk). Semua peralatan tersebut harus selalu tersedia agar Sudiharjo dapat beraktivitas.
Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A.       Sebuah kursi roda tergeletak di luar kamar.
B.        Sebuah kursi roda diletakkan di luar kamar.
C.        Sebuah kursi roda teronggok di luar kamar.
D.        Sebuah kursi roda didudukkan di luar kamar.
E.         Sebuah kursi roda tersimpan di luar kamar.

3.      Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pantai Pasir Padi menyajikan pemandangan pantai yang memesona. Lautnya yang membiru dan berpasir putih bersih memanjang sejauh mata memandang. Dengan ombak laut yang tenang, wisatawan dapat  berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ....
A.        Di Pulau Panjang wisatawan bisa melihat kesibukan para nelayan.
B.        Wisatawan dapat membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan.
C.        Pulau Semajun merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni.
D.        Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah.
E.        Wisatawan juga dapat berlayar menuju Pulau Panjang atau Pulau Semajun.

BACA JUGA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA 1-25

BACA JUGA PEMBAHASAN JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATERI UN 2017/2018

0 komentar:

Post a Comment