20 October 2017

KALIMAT ARGUMEN

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 30
MELENGKAPI UNSUR TEKS


Kunci Jawaban: A
Pembahasan

Soal di atas menanyakan kalimat argumen yang sesuai dengan paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu mengomentari isi teks. 
Kalimat argumen yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah Dengan penghematan energi, kita dapat menghemat biaya dan mengurangi dampak negative yang dihasilkan dari penggunaan energi yang berlebihan (jawaban A). Kalimat tersebut merupakan alasan untuk memperkuat pernyataan atau tesis yang dikemukakan sebelumnya yaitu Akhir-akhir ini, gejala menuju krisis energi dan bahan bakar mulai terlihat dengan semakin tingginya harga minyak dunia. Pada situasi demikian, hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan melakukan penghematan energi atau penciptaan energi alternatif yang ramah lingkungan.
Kalimat pada jawaban A memenuhi syarat sebagai kalimat argumen yaitu, kalimat yang berisi alasan untuk memperkuat pernyataan. Sedangkan kalimat pada jawaban B, C, D, dan E adalah kalimat tanggapan atau opini.

RINGKASAN MATERI
KALIMAT ARGUMEN
argumen/ar·gu·men/ /argumén/ n alasan yang dapat dipakai untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan; (https://kbbi.web.id/argumen)
Kalimat adalah wujud ujaran yang bermakna lengkap dan utuh dalam bentuk tulisan yang dimulai dengan huruf kapital/huruf besar dan diakhiri dengan salah satu tanda pemberhentian yaitu tandan titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!).
Jadi, kalimat argumen adalah wujud ujaran yang bermakna lengkap dan utuh atau kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan penbaca atau pendengar bahwa gagasan atau ide tersebut adalah benar dan terbukti dengan disertai bukti dan fakta.
Ciri-ciri kalimat argumen:
1. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
2. Memerlukan alasan atau fakta untuk pembuktian berupa  peristiwa, gambar/grafik, dan lain-lain.
3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
4. Berfungsi mendukung tesis atau pernyataan penulis.

Contoh kalimat argumen pada teks eksposisi
Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
Tesis:
Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siwi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.
Argumentasi:
Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.
Di hari jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.
Penegasan Ulang: 

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.(http://www.yuksinau.id/teks-eksposisi-pengertian-struktur-ciri/)
Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030
Tesis:
Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
Argumentasi:
Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.
Penegasan ulang:
Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.(https://hidupsimpel.com/contoh-teks-eksposisi/)

15 comments:

  1. Jika dilihat dari penjelasannya, saya suka pada uraian soal jawaban di atas. Penjelasannya lengkap mengenai kalimat argumentasi.

    Bisa jadi bahan belajar yang bagus buat adik adik yang masih sekolah ..

    ReplyDelete
  2. menunggu UN dihapus, seperti lagunya rhoma itu loh

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak mas, membantu banget

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. saya suka pada uraian soal jawaban di atas. Penjelasannya lengkap mengenai kalimat argumentasi.

    ReplyDelete