08 October 2017

MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH CERITA

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 21

Kunci Jawaban : B
Pembahasan 
Soal di atas menanyakan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level penalaran. Kompetensi yang diuji adalah mampu mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018BAHASA INDONESIA SMA/MA
Watak tokoh pada kutipan cerita di atas digambarkan melalui percakapan antartokoh. Kalimat yang menunjukkan tokoh berwatak sombong yaitu kalimat nomor 1 dan 3. Pada kalimat nomor 1 berisi pernyataan Mangkudan akan mencarikan jodoh yang lebih bermartabat. Hal tersebut menunjukkan watak sombong Mangkudan yang menganggap Azrial kurang bermartabat. Pada kalimat nomor 3 berisi pernyataan Mangkudan tentang akan jatuhnya martabat keluarga jika Azrial menjadi suami (Renggogeni). Kalimat nomor 1 dan 3 menunjukkan kesombongan Mangkudan yang menganggap keluarganya memiliki martabat yang lebih tinggi dari Azrial. 
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH
Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat.
Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat.
(BACA CARA PENDESKRIPSIAN WATAKTOKOH)
Langkah-langkah menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita

1.      Pahami pernyataan tentang watak tokoh yang ditentukan.
2.      Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
3.      Tentukan kalimat yang isinya menggambarkan watak tokoh yang ditentukan.

Contoh

(1)               Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. (2) Buyung merasa berat dalam hatinya berangkat. (3) Dia teringat Siti Rubiyah yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. (4) Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tertidur. (Harimau! Harimau! Muchtar Lubis)
Watak Buyung adalah seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain. Kalimat yang menunjukkan watak Buyung tersebut adalah kalimat nomor 2 dan 3.


2 comments: