SILABUS
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Alokasi Waktu: 4
jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL
DAN GENAP
SMA ...............................
KELAS XI
(SEBELAS)
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1.
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
· Isi Teks Prosedur.
|
·
Mengidentifikasi teks prosedur dengan
memperhatikan isi, pernyataan umum dan
langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·
Membuat rancangan teks prosedur dengan
organisasi yang tepat
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisiteks prosedur
|
4.1.
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
||
3.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
· verba material dan verba tingkah laku.
|
· Mengidentifikasi
struktur, kebahasaan, topik, isi teks
prosedur
· Menyusun
teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
4.2.
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
||
3.3.
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
· kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas.
|
· Menganalisis
teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan
kausalitas, dan topik.
· Menulis
kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
4.3.
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
Teks
Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
· Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
· Menyusun
teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
4.4.
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
||
3.5.
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan
aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
· Menentukanunsur-unsur
ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
· Menulis
kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan
isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
4.5.
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
||
3.6.
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah
|
Teks
ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi ceramah.
|
· Menggali
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
· Menyusun
kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
· Menyampaikanteks
ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik
cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa
tubuh) yang baik dan sesuai.
· Mengomentari
dan memperbaiki cermah temannya.
|
4.6.
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
||
3.7.
Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
· isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
·
Menentukan unsur-unsur penting buku
yang dibacanya.
·
Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
· Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.7.
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi)
|
||
3.8.
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
· Menentukan
unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan
nilai-nilai dalam cerpen ke dalam
kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.8.
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang
dipelajari dalam cerita pendek
|
||
3.9.
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
· Unsur-unsur pembangun cerpen
· Merekonstruksi cerpen.
|
·
Mengidentifikasi cerpen dengan
memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
·
Menyusun kembali cerpen dengan
memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.9.
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan
memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
||
3.10.
Menemukan butir-butir penting dari dua buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
·
Membuat simpulan tentang isi buku
nonfiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
· Memberi
tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
4.10.
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu
buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
||
3.11.
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang
dibaca
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku fiksi.
|
· Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
· Menyusun
ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan
isi buku fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas
|
4.11.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku
fiksi yang dibaca
|
||
3.12.
Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam
proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
Proposal:
· informasi dalam proposal; dan
· unsur-unsur proposal.
|
· Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal.
· Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap.
· Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.12.
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan
supaya lebih efektif
|
||
3.13.
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan
suatu proposal
|
Proposal:
· isi proposal;
· sistematika proposal; dan
· unsur kebahasaan proposal.
|
· Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
· Membuat
proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang
masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhati-kan isi dan
kebahasaannya.
·
Mempresentasikan,menanggapi, dan
merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.13.
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan
memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
||
3.14.
Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi
sebuah karya ilmiah yang dibaca
|
Karya Ilmiah:
· unsur-unsur karya ilmiah;
· isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;
· tujuan dan esensi karya ilmiah; dan
· membuat karya ilmiah.
|
· Menentukaninformasi,
tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.
· Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah.
·
Mempresentasikanmenanggapi, dan
merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.14.
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah
|
||
3.15.
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya
ilmiah
|
Karya Ilmiah:
· kebahasaan karya ilmiah;
· kalimat baku;
· penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan
judul); dan
· menyusun karya ilmiah.
|
· Mengumpulkan
dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam
bentuk karya ilmiah.
· Menulis
karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi,
merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.15.
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan
memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
|
||
3.16.
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
Resensi:
· isi dan kebahasaan dalam resensi;
· membuat resensi;
· unsur-unsur resensi; dan
· sistematika resensi.
|
· Menentukan
persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
· Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.16.
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi
|
||
3.17.
Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua
karya yang berbeda
|
Resensi:
· unsur-unsur kebahasaan resensi; dan
· merekonstruksi resensi.
|
·
Mengidentifikasi kebahasaan resensi
·
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku
kumpulan cerpen atau novel.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.17.
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan
cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
||
3.18.
Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak,
dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Alur dalam drama
· Babak dalam drama
· Konflik dalam drama
· Penokohan dalam drama
|
·
Mendata, alur, konfliks, penokohan,
dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.
·
Memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai
dengan watak tokoh tersebut
· Memberi
tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.18.
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang
dibaca atau ditonton secara lisan
|
||
3.19.
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton
|
Drama:
· Isi dan kebahasaan drama
· Persiapan mementaskan drama.
· Pementasan drama
|
· Mengidentifikasi
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
· Merancang
pementasan dan mendemonstrasikan drama
sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum,
tata musik, dan sebagainya.
· Memberikan
tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain.
|
4.19.
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan
memerhatikan isi dan kebahasaan
|
||
3.20.
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan
buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
· Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.
· Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.
|
·
Mengidentifikasi pesan dari dua buku
fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.
·
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku fiksi yang
dikaitkan dengan kondisi sekarang.
· Mempresentasikan,
menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
4.20.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku
kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
………………… …………………
UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI
post stamps
ReplyDeletepostage stamps
stamps