11 January 2018

CONTOH KKM BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : XII  MIPA/IIS/ 2 (GENAP)
Tahun Pelajaran : 2017/ 2018
KKM : 75
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.9. Menganalisis  isi dan kebahasaan novel. 75
3.9.1 Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribaha-sa) novel. 75 76 74 75
3.9.2 Menyusun novel berdasarkan rancangan 75 76 74 75
3.9.3  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan  novel. 75 76 74 75
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. 75
4.9.1 Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribaha-sa) novel. 75 74 76 75
4.9.2 Menyusun novel berdasarkan rancangan 75 74 76 75
4.9.3  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasa-an novel, dan hasil penyusunan  novel. 75 76 74 75
3.10. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca


75
3.10.1 Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. 75 76 74 75
3.10.2 Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel. 75 76 74 75
3.10.3  Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengung-kapan opini dan hasil menyusunan opini da-lam bentuk artikel. 75 76 74 75
4.10. Menyusun opini dalam bentuk artikel.

75
4.10.1 Mengritisi masalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel. 75 74 76 75
4.10.2 Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel. 75 74 76 75
4.10.3  Memresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengung-kapan opini dan hasil menyusunan opini da-lam bentuk artikel. 75 76 74 75
3.11. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah. 75
3.11.1 Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah 75 76 74 75
3.11.2 Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta 75 76 74 75
3.11.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, 75 76 74 75
4.11. Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan 75
4.11.1 Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/ atau buku ilmiah 75 74 76 75
4.11.2 Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta 75 74 76 75
4.11.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan mere-visi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun, 75 76 74 75
3.12. Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis.

75
3.12.1 Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan. 75 74 76 75
3.12.2 Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis. 75 74 76 75
3.12.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis. 75 76 74 75
4.12. Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis.

75
4.12.1 Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan. 75 74 76 75
4.12.2 Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis. 75 74 76 75
4.12.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis. 75 76 74 75
3.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai.

75
3.13.1 Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai 75 74 76 75
3.13.2  Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan 75 74 76 75
3.13.3  Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan. 75 76 74 75
4.13. Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai.

75
4.13.1 Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai 75 74 76 75
4.13.2  Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan 75 74 76 75
4.13.3  Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan. 75 76 74 75
3.14. Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi).

75
3.14.1. Menemukan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku nonfiksi dan drama yang dibaca 75 74 76 75
3.14.2. Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca 75 74 76 75
3.14.3. Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya. 75 74 76 75
4.14. Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi). 75
4.14.1. Menemukan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam buku nonfiksi dan drama yang dibaca 75 74 76 75
4.14.2. Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca 75 74 76 75
4.14.3. Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya. 75 74 76 75
KKM SEMESTER 2 75 75 75 75
Mengetahui, Boyolali,  Januari 2018
Kepala SMA N 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran




UNDUH KKM DI SINI

2 comments:

  1. terima kasih, guru kami pun membutuhkan sharing file. moga-moga manfaat.

    ReplyDelete
  2. membantu banget info infonya kak makasih yah

    surat al lahab

    ReplyDelete