RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 16
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A.
Standar
Kompetensi
8.
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
B.
Kompetensi
Dasar
8.1 Menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
C.
Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mencatat rangkaian peristiwa dalam cerpen yang
pernah dibaca
2. Mampu
menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang pernah dibaca
D.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca dengan
penuh tanggung jawab.
E.
Nilai PBKB
- Percaya Diri
- Kedemokratisan
- Tanggung Jawab
F.
Indikator Pencapaian PBKB
- Percaya Diri
menceritakan
kembali cerpen yang pernah dibaca
mempresentasikan
hasil kerja kelompok di depan kelas
- Kedemokratisan
mampu
berdiskusi
memberikan
penilaian
memilih
satu hasil terbaik
- Tanggung Jawab
membaca
cerpen yang sudah disediakan
menempel
hasil kerja kelompok pada papan pajangan
G.
Materi Pembelajaran
- Rangkaian peristiwa dalam cerpen.
- Penceritaan kembali cerpen
H.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas
guru bertanya jawab dengan siswa tentang
cerpen (fokus pada cerpen- cerpen yang sudah dibaca siswa)
3.
Guru menyampaikan
KD, indikator, tujuan, dan manfaat pembelajaran.
4.
Siswa menerima penjelasan guru mengenai cakupan materi
secara umum dan alur kegiatan dalam pembelajaran secara sekilas dan jelas
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang
berkaitan dengan cerpen (fokus pada rangkaian
peristiwa dari cerpen yang sudah pernah dibaca siswa).
2.
Salah satu siswa menceritakan kembali cerpen yang
pernah dibaca dengan menggunakan kalimat sendiri . (percaya diri)
Elaborasi
1.
Secara perseorangan siswa membaca dalam hati cerpen yang
telah disediakan guru (tanggung jawab)
2.
Secara berkelompok (4 –5 orang) siswa mendiskusikan
rangkaian peristiwa dalam cerpen tersebut dan mencatatnya di lembar kerja
3.
Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok.
4.
Kelompok lain memberikan penilaian sesuai dengan
pedoman penskoran yang telah
disediakan dan menyertakan alasan (kedemokratisan)
5.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan
pajangan
Konfirmasi
1.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru
berkaitan dengan rangkaian peristiwa dalam cerpen
2.
Kelompok terbaik
mendapatkan penghargaan dari guru.
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara menyusun
rangkaian peristiwa dalam cerpen
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi
proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: percaya
diri, kedemokratisan dan tanggung jawab
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
Pertemuan
Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1.
Guru menanyakan kepada siswa
tentang hal-hal yang berkaitan dengan rangkaian peristiwa dalam cerpen sesuai
dengan capaian kompetensi pada pertemuan sebelumnya.
Elaborasi
2.
Siswa secara perorangan menuliskan kembali isi cerpen
yang dibaca dengan menggunakan kalimat sendiri berdasarkan rangkaian
peristiwa yang telah disusun bersama dalam kelompok pada pertemuan pertama.
3.
Siswa saling membaca hasil kerja teman satu kelompok
dan memilih satu hasil terbaik.
4.
Tiap kelompok membacakan hasil kerja terbaik kelompok
masing-masing
5.
Kelompok lain memberikan penilaian sesuai dengan
pedoman penskoran yang telah
disediakan dan menyertakan alasan
6.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan
pajangan
Konfirmasi
7.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari
guru
8.
Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang teknik
menceritakan kembali isi cerpen secara tertulis
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: percaya
diri, kedemokratisan dan tanggung jawab.
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur ( menuliskan kembali
isi cerpen lain (I) dengan menggunakan kalimat sendiri) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (menuliskan kembali isi cerpen
lain (II) dengan menggunakan kalimat sendiri
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 81 – 83)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Buku antologi cerpen
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 53-60
5.
Hasil karya siswa
K.
Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : --------
c. Soal/ Instrumen :
Bacalah sebuah
cerpen kemudian kerjakan tugas berikut!
1)
Catat rangkaian
peristiwa dalam cerpen yang kalian baca!
2)
Tulislah kembali dengan kalimat sendiri cerpen yang
kalian baca tersebut!
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
Soal Nomor 2)
|
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kesesuaian isi
|
Isi cerita yang
ditulis sesuai dengan rangkaian peristiwa yang disusun
|
||||
2
|
Keaslian
kalimat
|
Menggunakan
kalimat sendiri untuk menuliskan kembali isi cerpen yang pernah dibaca
|
||||
3
|
Struktur
kalimat
|
Struktur
kalimat yang digunakan jelas dan mudah dipahami
|
Skor
total maksimal soal 1 dan 2 = 15 + 12 = 17
Perolehan
Skor
|
||||
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
17
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian
Penilaian PBKB
|
Nilai PBKB
|
Skor
|
||
Percaya Diri
|
Kedemokratisan
|
Tanggung Jawab
|
|||
1
|
MK (membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
12
|
2
|
MB (mulai berkembang)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
3
|
MT (mulai terlihat
|
2
|
2
|
2
|
6
|
4
|
BT (belum terlihat)
|
1
|
1
|
1
|
3
|
Skor
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
12
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment