RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat
, padat , dan jelas
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mendaftar butir-butir yang akan
dituliskan dalam iklan baris di surat kabar.
2.
Mampu menulis iklan baris dengan bahasa
yang singkat, padat, dan jelas.
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat,
jelas, dan logis.
E. Nilai PBKB
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
2.
Berorientasi pada tindakan
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu mendaftar butir-butir yang terdapat
dalam tiap jenis iklan baris
2.
Berorientasi pada tindakan
mampu menulis iklan baris
G. Materi
Pembelajaran
- Butir-butir penting dalam iklan baris di surat kabar
- Penulisan iklan baris di surat kabar
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang iklan baris.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Guru menanyakan kepada siswa
tentang hal-hal yang berkaitan dengan iklan
baris di surat kabar
2. Secara berkelompok (4-5
orang) siswa mencermati jenis-jenis iklan baris di surat kabar
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama, siswa mendaftar butir-butir penting
yang terdapat dalam tiap jenis iklan
4.
Setiap siswa menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif)
5.
Masing-masing kelompok memilih iklan baris terbaik.
6. Siswa menempelkan hasil kerja terpilih di dinding-dinding kelas (berorientasi pada tindakan)
7. Kelompok lain memberikan penilaian berdasarkan
rubrik yang sudah disepakati
Konfirmasi
1.
Guru memberikan konfirmasi pada semua hasi karya
siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang butir-butir penting dalam
iklan baris dan penulisan iklan baris di surat kabar.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari penulisan iklan baris di surat
kabar?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif dan berorientasi pada tindakan
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
8. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
hal-hal yang berkaitan dengan penulisan
iklan baris di surat kabar
9. Secara berkelompok (4-5
orang) siswa mencermati sebuah iklan baris yang
disediakan guru.
Elaborasi
10.
Masih dalam kelompok yang sama, siswa mengidentifikasi hal-hal yang masih perlu disunting dari iklan baris.
11.
Siswa menyunting iklan baris berdasarkan bahasa yang singkat , padat ,
dan jelas serta kelengkapan butir-butir pentingnya. (berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif)
12.
Wakil setiap kelompok mempesentasikan hasil suntingan
dan kelompok lain menanggapinya. (berorientasi pada tindakan)
Konfirmasi
2.
Guru memberikan konfirmasi pada semua hasi karya
siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
|
|
|
C.
|
Penutup
|
5’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan
iklan baris di surat kabar.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari penulisan iklan baris di surat
kabar?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif dan berorientasi pada tindakan
5.
Siswa menerima
keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (Siswa membuat iklan
baris ) dan tugas mandiri tidak terstruktur ( Siswa membuat kliping iklan
baris)
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 66)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Teks –teks iklan di surat kabar
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs
Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 25-30
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal Instrumen :
1)
Daftarkan minimal tiga butir pernyataan yang akan kamu
tulis dalam iklan baris di surat kabar!
2)
Tulislah iklan baris dengan bahsaa
yang singkat, padat, dan jelas berdasarkan butir-butir yang telah kamu catat!
Pedoman Penskoran
Soal
nomor 1)
|
|||||||||||||||
|
Soal nomor 2)
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kesesuaian isi
|
Isi iklan
sesuai dengan butir-butir yang didaftar
|
|
|
|
|
2
|
Penggunaan
bahasa
|
Bahasa yang
digunakan singkat, padat, dan jelas
|
|
|
|
|
3
|
Kerapian
tulisan
|
Ditulis dengan
tulisan yang rapi
|
|
|
|
|
Skor
maksimal:
No
1) = 10
No
2) = 12
Jumlah
= 22
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
22
|
|
|
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Berpikir
Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif
|
Berorientasi
pada Tindakan
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment