04 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 KKM


  1. Penentuan Kriteria ketuntasan minimal setiap Standar Kompetensi (SK)  mencapai ketuntasan belajar minimal  yang telah ditetapkan berdasarkan….
  1. Seluruh KD yang terdapat dalam SK tersebut
  2. Seluruh indikator yang terdapat dalam KD tersebut
  3. Beberapa indikator yang terdapat dalam KD tersebut
  4. Nilai KKM yang telah ditetapkan dalam KD tersebut
2.  Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

3. Untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) suatu KD atau Indikator KD harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain, yaitu....

A. Ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan

B. Ditetapkan pada awal tahun oleh satuan pendidikan.

C. Ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh guru mapel.

D. Ditetapkan pada awal semester oleh satuan pendidikan.

4. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....

A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata          pelajaran

B.  merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata

    pelajaran

C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi

    program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

    D. sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui  metode 
kualitatif  atau   kuantitatif

5. Penetapan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Suatu indikator dikatakan memiliki tingkat kompleksitas tinggi, apabila dalam pencapaiannya didukung oleh suatu kondisi sebagai berikut....
  1. Peserta didik memiliki kemampuan penalaran yang cukup rendah dan terampil menerapkan konsep;
  2. Guru menguasai pengetahuan dan kemampuan yang memadai  sesuai bidang yang  diajarkan
  3. Guru mampu memilih dan menggunakan metode   pembelajaran yang konvensional
  4. Waktu yang relatif lama untuk memahami materi  karena memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang rendah.

  5. BACA PAKET SOAL UTN LENGKAP DI SINI

0 komentar:

Post a Comment