KOMPETENSI INTI GURU: MENGUASAI
TEORI BELAJAR DAN PRINSIP-PRINSIP
PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK
1.
Peserta didik dapat belajar jika ia tidak hanya
mengamati secara langsung tetapi ia harus menghayati, terlibat langsung dalam
perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.
Hal ini sesuai dengan prinsip belajar….
A.
Pengulangan
B. Keterlibatan langsung
C.
Penguatan
D.
Keaktifan
2.
Seorang guru selalu memberikan apresiasi atau
penghargaan berupa nilai yang baik dan kata-kata positif terhadap keberhasilan
peserta didik dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan karena berdasarkan
pengalamannya nilai yang baik dan kata-kata positif dapat membuat siswa lebih
giat belajar.
Guru tersebut telah menerapkan prinsip pembelajaran….
A.
Perhatian dan motivasi
B.
Perbedaan individual
C.
Tantangan
D.
Balikan atau penguatan
3.
Dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian
Nasional, seorang guru memberikan beberapa kali latihan soal kepada siswa. Guru
berharap akan terjadi peningkatan penguasaan oleh siswa terhadap materi
pembelajaran dengan latihan yang dilaksanakan tidak hanya sekali.
Guru tersebut menerapkan prinsip pembelajaran…
A.
Penguatan atau balikan
B.
Perhatian dan motivasi
C. Pengulangan
D.
Tantangan
Pembahasan
Prinsip-Prinsip Pembelajaran
ü
Perhatian dan Motivasi: Tanpa adanya perhatian
tak mungkin terjadi belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan
mengarahkan aktivitas seseorang.
ü
Keaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi apabila
anak aktif mengalami sendiri.
ü
Keterlibatan langsung/Berpengalaman: belajar
yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung.
ü
Pengulangan: belajar ialah pembentukan hubungan
antara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu
memperbesar peluang timbulnya respons benar.
ü
Tantangan: Tujuan dan hambatan dalam belajar
memberikan motif kepada siswa untuk mengatasi hambatan dan meraih tujuan
belajar
ü
Balikan atau Penguatan: Kata-kata yang positif
dan nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Pujian
dan nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan
positif.
ü
Perbedaan Individual: Siswa merupakan individual
yang unik artinya tidak ada dua orang siswa yang sama persis, tiap siswa
memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya.
Untuk memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip pembelajaran
Baca Ringkasan Materi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Baca Ringkasan Materi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran
0 komentar:
Post a Comment