31 March 2017

UNSUR DAN JENIS PUISI


  1. Pengertian
    Menurut Herman J. Waluyo (2008: 28) puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.
  2. Unsur Pembangun Puisi
  3. Menurut Wellek (1990:217) unsur pembangun puisi dapat dibagi dalam beberapa unsur, meliputi (1) bunyi atau sound stratum, (2) arti atau units of meaning, (3) dunia atau realitas yang digambarkan penyair, (4) dunia atau realitas yang dilihat dari titik pandang tertentu, dan (5) dunia yang bersifat metafisis.
    Menurut Herman J. Waluyo (2008: 76) struktur fisik puisi terdiri dari (1) diksi, (2) pengimajian, (3) kata konkret, (4) bahasa figurasi atau majas, (5) versifikasi, dan (6) tata wajah atau tipografi. Struktur fisik tersebut juga dipengaruhi pula oleh penyimpangan bahasa dan sintaksis dalam puisi.Adapun struktur batin adalah struktur yang berhubungan dengan tema, perasaan, nada dan suasana, amanat atau pesan.
Macam-macam Puisi
    a. Puisi Naratif
Puisi naratif,yakni puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita, dengan pelaku, perwatakan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita.

b. Puisi lirik

Puisi lirik, yakni puisi yang berisi luapan batin individual penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suasana batin yang melingkupinya. Jenis puisi lirik umumnya paling banyak terdapat dalam khazanah sastra modern di Indonesia tampak dalam puisi-puisi Chairil Anwar, Sapardi Djokodamono, Goenawan Mohammad, dan lain-lainnya (Aminuddin, 1987: 135).

c. Puisi deskriptif

Dalam puisi deskriptif, penyair bertindak sebagai pemberi kesan terhadap keadaan/peristiwa, benda, atau suasana yang dipandang menarik perhatian penyair. Jenis puisi yang dapat diklasifikasikan dalam puisi deskriptif, misalnya: puisi satir, kritik sosial, dan puisi-puisi impresionistik. Satire juga merupakan puisi yang mengungkapkan perasaan tidak puas penyair terhadap suatu keadaan, namun dengan cara menyindir atau meyatakan keadaan sebaliknya.

d. Puisi Fisikal

Puisi Fisikal bersifat realistis artinya menggambarkan kenyataan apa adanya. Yang dilukiskan adalah kenyataan dan bukan gagasan. Halhal yang dilihat, didengar, atau dirasakan adalah merupakan obyek ciptaannya.

e. Puisi Platonik

Puisi Platonik adalah puisi yang sepenuhnya berisi hal-hal yang bersifat spiritual atau kejiwaan. Puisi-puisi ide atau cita-cita dapat imasukkan ke dalam klasifikasi puisi platonik. Puisi-puisi religius dan didaktik juga dapat dikategorikan puisi platonik, yang mengungkap nilai spiritual dan pendidikan secara eksplisit.

f. Puisi Metafisikal

Puisi metafisikal adalah puisi yang bersifat filosofis dan mengajak pembaca merenungkan kehidupan dan merenungkan Tuhan.

g. Puisi Subyektif

Puisi Subyektif juga disebut puisi personal, yakni puisi yang mengungkapkan gagasan, pikiran, perasaan, dan suasana dalam diri penyair sendiri.

 h. Puisi Obyektif

Puisi Obyektif berarti puisi yang mengungkapkan hal-hal di luar diri penyair itu sendiri. Puisi obyektif disebut juga puisi impersonal.

i. Puisi Konkret

Puisi Konkret sangat terkenal dalam dunia perpuisian Indonesia sejak tahun 1970. X.J. Kennedy dalam Herman J. Waluyo (2008:159) memberikan nama jenis puisi tertentu dengan nama puisi konkret, yakni puisi yang bersifat visual, yang dapat dihayati keindahan bentuk dari sudut penglihatan (poems for the eve).

j. Puisi Diafan

Puisi Diafan atau puisi polos adalah puisi yang kurang sekali menggunakan pengimajian, kata konkret dan bahasa figuratif, sehingga puisinya mirip dengan bahasa sehari-hari. Puisi yang demikian akan sangat mudah dihayati maknanya.

k. Puisi Prismptis

Dalam Puisi Prismptis penyair mampu menyelaraskan kemampuan menciptakan majas, versifikasi, diksi, dan pengimajian sedemikian rupa sehingga pembaca tidak terlalu mudah menafsirkan makna puisinya, namun tidak terlalu gelap.

l.  Puisi Parnasian

Puisi parnasian diciptakan dengan pertimbangan ilmu atau pengetahuan dan bukan didasari oleh inspirasi karena adanya mood dalam jiwa penyair.

m. Puisi inspiratif

Puisi inspiratif diciptakan berdasarkan mood atau passion. Penyair benar-benar masuk ke dalam suasana yang hendak dilukiskan. Suasana batin penyair benar-benar terlibat ke dalam puisi itu.

 n. Puisi Demonstrasi

Puisi ini melukiskan dan meruapakan hasil refleksi demonstrasi para mahasiswa dan pelajar – KAMI-KAPPI- sekitar tahun 1966.

o. Puisi Pamflet

Puisi pamfet juga menggunakan protes sosial. Disebut puisi pamfet karena bahasanya adalah bahasa pamfet. Kata-katanya mengungkapkan rasa tidak puas kepada keadaan. Munculnya katakata yang berisi protes secara spontan tanpa protes pemikiran atau perenungan yang mendalam.

p. Puisi Alegori

Puisi alegori adalah puisi yang sering-sering mengungkapkan cerita yang isinya dimaksudkan untuk memberikan nasihat tentang budi pekerti dan agama. Jenis alegori yang terkenal ialah parable yang juga disebut dongeng perumpamaan. Dalam Kitab suci banyak dijumpai dongeng-dongeng erumpamaan yang maknyanya dapat dicari di balik yang tersurat.

4. Jenis-jenis Puisi

a. Puisi Lama

Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan, diantaranya:

(1) Anonim: merupakan puisi rakyat yang tidak dikenal nama pengarangnya. (2) Disampaikan dari lisan ke lisan, jadi merupakan sastra lisan. (3) Terikat aturan jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima.

  1. Pantun
  2. Gurindam
  3. Syair
b. Puisi Baru

Puisi baru adalah puisi yang lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.

c. Puisi Kontemporer

Kata kontemporer secara umum bermakna masa kini sesuai dengan perkembangan zaman atau selalu menyesuaikan dengan perkembangan keadaan zaman. Puisi kontemporer seringkali memakai kata-kata yang kurang memperhatikan santun bahasa, memakai kata-kata makin kasar, ejekan, dan lain-lain.

Contoh puisi kontemporer

1). Sutardji Calzoum Bachri dengan tiga kumpulan puisinya O, Amuk, dan OAmuk Kapak

2). Ibrahim Sattah dengan kumpulan puisinya Hai Ti

3). Hamid Jabbar dengan kumpulan puisinya Wajah Kita

d. Puisi mbeling

Puisi mbeling adalah bentuk puisi yang tidak mengikuti aturan.

Ciri-ciri puisi mbeling adalah:

- Mengutamakan unsur kelakar; pengarang memanfaatkan semua unsur puisi berupa bunyi, rima, irama, pilihan kata dan tipografi untuk mencapai efek kelakar tanpa ada maksud lain yang disembunyikan (tersirat).

Contoh: Sajak Sikat Gigi karya Yudhistira Ardi Nugraha

Malam Lebaran karya Subagio Sastrowardoyo

e. Prosa Lirik

Prosa Lirik adalah salah satu bentuk karya sastra dalam ragam prosa yang ditulis dan diungkapkan dengan menggunakan unsur-unsur puisi. Meskipun bahasanya berirama, dan pencitraannya seperti puisi, tetapi ikatan antarkata dalam sebuah kalimat, atau hubungan antarkalimat dalam sebuah paragraf (secara sintaksis) lebih mendekati bentuk prosa.

Contoh Prosa Lirik:

Berselisih (Karya Amir Hamzah)

Berselisih kami, ia dua berjalan, aku seperti selamanya seorang diri. Adiknya yang dipimpinnya itu menoleh-noleh ke belakang, matanya berkilat-kilat melihat segala berwarna warni, putar-rimutar, kelap-kumilap di tepi jalan itu.


0 komentar:

Post a Comment