01 February 2018

MENGIDENTIFIKASI JENIS TEKS: RINGKASAN MATERI DAN SOAL PERSIAPAN USBN SD


MENGIDENTIFIKASI JENIS TEKS NONSASTRA
Teks adalah naskah yang ditulis dengan tata organisasi tertentu (struktur/pola penyajian tertentu). Teks nonsastra adalah naskah yang berisi permasalahan nonsastra.
Berikut disajikan penjelasan dan contoh-contoh jenis teks.


NO
DEFINISI
JENIS TEKS
1
Karangan yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini,  pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
A.    Deskripsi
2
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.
B.     Narasi
3
Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
C.     Persuasi
4
Karangan yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
D.    Argumentasi
5
Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya
E.     Eksposisi


NO.
TUJUAN PENULISAN
JENIS KARANGAN
1.
Memberikan penjelasan kepada pembaca
eksposisi
2.
Memberikan gambaran yang jelas tentang suatu keadaan
deskripsi
3.
Menceritakan rangkaian peristiwa dengan tokoh-tokohnya
narasi
4.
Mengemukakan pendapat yang disertai alasan yang kuat
argumentasi
5.
Mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu
persuasi

JENIS KARANGAN

NO
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
JENIS KARANGAN
1
Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh karena itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut.
persuasi
2
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.
argumentasi
3
Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah
deskripsi
4
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
eksposisi
5
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
narasi
6
Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan.
deskripsi
7
Hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
eksposisi
8
Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam
deskripsi
9
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
narasi
10
Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat.
argumentasi

Untuk USBN SD jenis teks yang diujikan yaitu teks narasi dan deskripsi

Contoh soal dan kunci jawaban

1.      Perhatikan teks berikut.
Bunga mawar ini benar-benar indah. Warna kelopaknya merah menawan. Bentuknya bulat sempuma. Semakin  memukau karena mawar itu menebarkan bau semerbak.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi

2.      Perhatikan teks berikut.

Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.

Paragraf tersebut termasuk jenis ....

A. deskripsi

B. eksposisi

C. persuasi

D. narasi


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks


  1. menentukan antonim/sinonim


  1. menggali informasi tersurat teks


  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)


  1. menentukan ide pokok teks


  1. menggali informasi tersirat teks


  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks


  1. mengidentifikasi jenis teks


  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks


  1. membandingkan isi teks


  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks


KISI-KISI SOAL UJI COBA USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/kisi-kisi-soal-uji-coba-usbn-sd-mi.html

BACA JUGA BAHAN PERSIAPAN USBN 2018 DI BLOG ZUHRI INDONESIA

5 comments:

  1. Terimakasih sangat membantu, ijin ambil satu soal ya utk bahan soal trmkasih banyak 🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Contoh soal teks ekposisinya apa ya,,

    ReplyDelete