MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT PADA KARYA
SASTRA (PROSA)
A. Pengertian
Prosa
Istilah prosa berasal dari bahasa latin oratio provorsa yang berarti ucapan
langsung bahasa percakapan sehingga prosa berarti bahasa bebas, bercerita, dan
ucapan langsung. Kata prosa diambil dari bahasa Inggris, prose yang berarti bahasa tertulis atau tulisan.
Aminuddin ( 2002)
menyatakan bahawa prosa Fiksi adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh
palaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian
ceritera tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga
menjalin suatu ceritera.
B. Macam-macam Prosa
Secara
umum prosa terbagi atas prosa lama dan prosa baru.
1.
Prosa
Lama
a.
Ciri-ciri
Prosa Lama
Adapun
circiri prosa lama adalah sebagai berikut.
1)
Di
pengaruhi oleh sastra hindu atau arab.
2)
Ceritanya
anonim “tanpa nama”
3)
Milik
bersama.
4)
Bersifat
statis, sesuai dengan kondisi masyarakat waktu itu.
5)
Berbentuk
hikayat, tambo, dongeng”pembaca di bawa ke alam imajinasi”
b. Jenis-Jenis
Prosa lama
1)
Mite
Mite atau mitos berasal dari
bahasa Yunani, mythos yang
berarti cerita tentang dewa-dewa dan pahlawan-pahlawan yang dipuja-puja. Mitos
adalah cerita tentang dewa-dewa suci yang mendukung sistem kepercayaan atau
agama (religi), contohnya adalah cerita-cerita yang menerangkan asal usul
dunia, kehidupan manusia dan kegiatan-kegiatan hidup seperti bercocok tanam,
misalnya tentang kepercayaan Dewi Sri atau adat istiadat yang lain (Suripan
Sadi Hutomo, 1991 : 63).
2)
Legenda
Legenda adalah
cerita yang mengisahkan asal-usul satu tempat atau peristiwa zaman silam. Hutomo (1991) menyatakan bahwa legenda merupakan cerita-cerita yang dianggap masyarakat
pemiliknya sebagai peristiwa-peristiwa sejarah. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa legenda adalah sejarah
rakyat. Legenda merupakan cerita yang mencerminkan kehidupan dan kebudayaan
masyarakat setempat.
Contoh legenda
adalah Candi Roro Jonggrang, Tangkuban Perahu, Danau Toba, dan sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa legenda merupakan suatu cerita
yang dianggap terjadi dan pelakunya adalah orang yang terkemuka atau manusia
yang memiliki kesaktian dan betul-betul pernah hidup di masa lampau.
3)
Dongeng
Dongeng Menurut
Sudjiman (1986:15) adalah cerita tentang makhluk khayalan.
Makhluk khayalan yang menjadi tokoh-tokoh cerita semacam itu biasanya
ditampilkan sebagai tokoh yang memiliki kebijaksanaan untuk mengatur masalah
manusia dengan segala macam cara. Bascom
dalam Danandjaja ( 2007: 50) menyatakan bahwa
dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar
terjadi oleh yang mempunyai cerita, dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun
tempat. Dongeng merupakan cerita yang tidak benar-benar terjadi terutama pada
zaman dahulu.
2.
Prosa Baru
a.
Ciri-ciri Prosa Baru
Adapun
ciri-ciri prosa baru adalah sebagai berikut.
1)
Tertulis.
2)
Masyarakat
sentris”cerita diambil dari kehidupan masyarakat sekitar”.
3)
Dipengaruhi
pengarangnya.
4)
Dipengaruhi
sastra barat.
5)
Bentuk
novel,cerpen,drama.
b.
Jenis-Jenis Prosa Baru
1) Cerita pendek
Cerita pendek atau
sering disingkat cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Berapa ukuran
panjang atau pendek yang dimaksud memang tidak ada aturan baku yang dianut
maupun kesepakatan diantara pengarang dan para ahli. Edgar Allan Poe dalam Nurgiantoro (1995: 11)
menyatakan bahwa cerita pendek adalah sebuah cerita yang selesai dibaca sekali
duduk, kira-kira berkisar antara setengah jam sampai dua jam.
2)
Novel
Novel sebenarnya
merupakan salah satu jenis fiksi. Novel dan cerita pendek merupakan dua bentuk
karya sastra yang sekaligus disebut fiksi. Bahkan dalam perkembangannya yang
kemudian, novel dianggap bersinonim dengan fiksi. Dengan demikian, pengertian
fiksi juga berlaku untuk novel (Burhan Nurgiantoro, 1995: 9).
Herman J. Waluyo
(2002: 37) mengemukakan bahwa novel mempunyai ciri: (1) ada perubahan nasib
dari tokoh cerita; (2) ada beberapa episode dalam kehidupan tokoh utamanya; (3)
biasanya tokoh utama tidak sampai meninggal.
Sumber:
Ratnasari, Ririk dkk, 2017. Genre dan Apresiasi Sastra. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ratnasari, Ririk dkk, 2017. Genre dan Apresiasi Sastra. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Contoh
soal dan pembahasan
1. Suatu
hari di sebuah lembah, Monyet bertemu dengan Burung Pipit yang sedang mencari
biji- ijian. “Hai Burung Pipit, kau sedang mencari biji-bijian lagi, ya? Pantas
saja kau tidak bertambah besar, yang kau makan bijinya, bukan buahnya“, ejek
Monyet. Burung Pipit hanya diam dan terus mengumpulkan biji-biji apel yang
dibuang oleh Monyet.
Suatu hari, hujan turun dengan deras selama berhari-hari. Lembah itu pun tertutup oleh air. Semua hewan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di atas bukit. Mereka kedinginan dan kelaparan. Ketika hujan berhenti, mereka turun kembali ke lembah untuk mencari makanan. Tetapi, semua pohon telah tumbang tersapu air hujan. Tidak ada lagi buah-buahan untuk dimakan. Saat berjalan menyusuri lembah untuk mencari makan, Monyet bertemu lagi dengan Burung Pipit.
Burung Pipit iba dengan kondisi Monyet. Burung Pipit mengajak Monyet ke atas bukit. Betapa terkejutnya Monyet, melihat bukit yang penuh buah-buahan. Ternyata, Burung Pipitlah yang menanam pohon buah-buahan itu. Itulah sebabnya kenapa Burung Pipit selalu mengumpulkan biji buah-buahan yang dibuang.
Mengapa Burung Pipit mengumpulkan biji-bijian?
A. Burung Pipit tahu akan turun hujan deras dan banjir yang menumbangkan pepohonan.
B. Monyet kehabisan makanan karena pepohonan di lembah tersapu banjir.
C. Burung Pipit menanam biji-bijian tersebut di atas bukit.
D. Burung Pipit adalah burung pemakan biji-bijian.
Suatu hari, hujan turun dengan deras selama berhari-hari. Lembah itu pun tertutup oleh air. Semua hewan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di atas bukit. Mereka kedinginan dan kelaparan. Ketika hujan berhenti, mereka turun kembali ke lembah untuk mencari makanan. Tetapi, semua pohon telah tumbang tersapu air hujan. Tidak ada lagi buah-buahan untuk dimakan. Saat berjalan menyusuri lembah untuk mencari makan, Monyet bertemu lagi dengan Burung Pipit.
Burung Pipit iba dengan kondisi Monyet. Burung Pipit mengajak Monyet ke atas bukit. Betapa terkejutnya Monyet, melihat bukit yang penuh buah-buahan. Ternyata, Burung Pipitlah yang menanam pohon buah-buahan itu. Itulah sebabnya kenapa Burung Pipit selalu mengumpulkan biji buah-buahan yang dibuang.
Mengapa Burung Pipit mengumpulkan biji-bijian?
A. Burung Pipit tahu akan turun hujan deras dan banjir yang menumbangkan pepohonan.
B. Monyet kehabisan makanan karena pepohonan di lembah tersapu banjir.
C. Burung Pipit menanam biji-bijian tersebut di atas bukit.
D. Burung Pipit adalah burung pemakan biji-bijian.
2. Perhatikan
teks di bawah ini
Pada suatu malam Kek Jamali sembahyang Isya di Masjid, selepas sembahyang ia sempatkan untuk membaca Al-Qur’an, hingga pukul sembilan malam. Dia pulang dengan berjalan kaki di tengah hujan rintik-rintik kecil. Saat dalam perjalanan pulang ia melihat seorang pengemis yang meminta-minta dari rumah orang yang miskin dan yang membuat Kek Jamali terketuk hatinya ialah ketika dia tahu bahwa orang miskin tersebut mau memberikan sesuatu untuk si pengemis.
Pada suatu malam Kek Jamali sembahyang Isya di Masjid, selepas sembahyang ia sempatkan untuk membaca Al-Qur’an, hingga pukul sembilan malam. Dia pulang dengan berjalan kaki di tengah hujan rintik-rintik kecil. Saat dalam perjalanan pulang ia melihat seorang pengemis yang meminta-minta dari rumah orang yang miskin dan yang membuat Kek Jamali terketuk hatinya ialah ketika dia tahu bahwa orang miskin tersebut mau memberikan sesuatu untuk si pengemis.
Apa yang membuat Kakek Jumali terketuk hatinya?
A. Ia
membaca al-Quran hingga pukul sembilan malam
B. Ia
pulang dengan berjalan kaki di tengah hujan rintik-rintik kecil.
C. Ia
melihat seorang pengemis yang meminta-minta
D.
Ia
tahu bahwa orang miskin akan memberikan sesuatu untuk si pengemis.
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html
Soal tryout 2019
ReplyDelete