14 February 2018

MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA: MATERI DAN SOAL PERSIAPAN USBN SD


MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA

Memperbaiki artinya membetulkan kesalahan atau  kekeliruan (http://kbbi.kata.web.id/memperbaiki/).  Tanda baca adalah tanda yang dipakai dalam sistem ejaan (seperti titik, koma, titik dua) (https://kbbi.web.id/tanda).

Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca artinya membetulkan kesalahan penggunaan tanda yang dipakai dalam sistem ejaan (seperti titik, koma, titik dua). Kesalahan penggunaan tanda baca dapat terjadi antara lain saat menyusun kalimat atau paragraf.


Contoh soal dan kunci jawaban

1.     Perhatikan penggalan surat berikut!

Mengharap kehadiran orang tua murid dalam acara

Rapat Persatuan Orang Tua Murid dan Guru SD Negeri 1 Jetis pada:

hari, tanggal : Kamis, 15 Februari 2018

waktu : 13.00 sd 15.00 WIB

Perbaikan penulisan singkatan kata yang bergaris bawah dengan menggunakan tanda baca yang tepat adalah  ....

A. s/d

B. s-d

C. s.d

D. s.d.

2. Cermatilah kalimat berikut.

Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.

Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah …

A. “Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.”

B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”

C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”

D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”



RINGKASAN MATERI

Tanda Baca pada Kalimat Langsung

Pemakaian tanda baca pada kalimat langsung antara lain sebagai berikut.

1.      Tanda petik (“…”)  dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan.

Misalnya:

"Merdeka atau mati!" seru Bung Tomo dalam pidatonya.

"Kerjakan tugas ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."

2.      Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam
kalimat.
Misalnya:
Kata nenek saya, “Kita harus berbagi dalam hidup ini.”
“Kita harus berbagi dalam hidup ini,” kata nenek saya, “karena manusia adalah makhluk sosial.”
Catatan:
Tanda koma tidak dipakai untuk memisahkan petikan langsung yang berupa kalimat tanya, kalimat perintah, atau kalimat seru dari bagian lain yang mengikutinya.
Misalnya:
"Di mana Saudara tinggal?" tanya Pak Lurah.
"Masuk ke dalam kelas sekarang!" perintahnya.
“Wow, indahnya pantai ini!” seru wisatawan itu.




 UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI 
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html

2 comments: