03 February 2018

MELENGKAPI TABEL DENGAN POKOK-POKOK PIKIRAN BERDASARKAN ISI TEKS: SERI PERSIAPAN USBN SD



MELENGKAPI TABEL DENGAN POKOK-POKOK PIKIRAN BERDASARKAN ISI TEKS

Pokok-pokok pikiran adalah hal-hal penting atau gagasan utama yang terdapat pada teks.

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak (https://kbbi.web.id/tabel).



Kegiatan melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks dimulai dengan kegiatan membaca teks, menemukan pokok-pokok pikiran dan mengisi/melengkapi tabel yang rumpang dengan informasi/data yang diperoleh dari kegiatan membaca.

Contoh soal dan kunci jawaban

Bacalah teks berikut!
Museum Angkut yang terletak di Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur masih menjadi tujuan
utama para wisatawan yang datang ke Kota Batu atau Kota Malang. Museum Angkut dibagi
menjadi beberapa zona. Ada zona edukasi yang berisi informasi mengenai sejarah perkembangan
alat transportasi. Zona Sunda Kelapa atau Batavia yang terdapat replika Pelabuhan Sunda Kelapa
lengkap dengan miniatur kapal. Zona Jepang berisi koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi. Zona Uni Eropa berisi koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis. Ada zona Hollywood yang berisi berbagai transportasi yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo. Terakhir zona Gangster dan Broadway, menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika.

Berikut ini disediakan tabel yang memuat informasi penting dalam teks tersebut.

Nama Zona
Koleksi/Isi
Edukasi
memberi informasi mengenai sejarah perkembangan alat transportasi
Sunda Kelapa atau Batavia
(a)
Jepang
koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi
Uni Eropa
(b)
(c)
berbagai transportasi yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo
Gangster dan Broadway
menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika

Informasi penting yang tepat untuk melengkapi tabel yang kosong adalah . . . .
A. (a) koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; (b) memberi informasi mengenai sejarah perkembangan alat transportasi; dan (c) Gangster dan Broadway
B. (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; dan (c) Hollywood
C. (a) koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi; (b) menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika; dan (c) Hollywood
D. (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) berbagai transportasi
yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo; dan (c) Uni Eropa

(http://www.websitependidikan.com)


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html

0 komentar:

Post a Comment