31 January 2018

STRUKTUR TEKS KARYA ILMIAH


STRUKTUR TEKS KARYA ILMIAH
Karya ilmiah dapat ditulis dalam berbagai bentuk penyajian. Masing-masing bentuk itu berbeda dalam hal kelengkapan strukturnya. Secara umum, bentuk penyajian karya ilmiah terbagi ke dalam tiga jenis.
a. Bentuk Populer
Karya ilmiah bentuk ini sering disebut karya ilmiah populer. Bentuknya manasuka. Karya ilmiah bentuk ini bisa diungkapkan dalam bentuk karya ringkas. Ragam bahasanya bersifat santai populer). Karya ilmiah pupuler umumnya dijumpai dalam media massa, seperti koran atau majalah. Istilah populer digunakan untuk menyatakan topik yang akrab, menyenangkan bagi populus (rakyat) atau disukai oleh orang kebanyakan karena gayanya yang menarik dan bahasanya mudah dipahami. Kalimat-kalimatnya sederhana, lancar, namun tidak berupa senda gurau dan tidak pula bersifat fantasi (rekaan).

b. Bentuk Semiformal
Secara garis besar, karya ilmiah bentuk ini terdiri atas:
a. halaman judul,
b. kata pengantar,
c. dafar isi,
d. pendahuluan,
e. pembahasan,
f. kesimpulan, dan
g. dafar pustaka.
Bentuk karya ilmiah semacam itu, umumnya digunakan dalam berbagai jenis laporan biasa dan makalah.

c. Bentuk Formal
Karya ilmiah bentuk formal disusun dengan memenuhi unsur-unsur kelengkapan akademis secara lengkap, seperti dalam skripsi, tesis, atau disertasi. Unsur-unsur karya ilmiah bentuk formal, meliputi hal-hal sebagai berikut.
a. Judul
b. Tim pembimbing
c. Kata pengantar
d. Abstrak
e. Dafar isi
f. Bab pendahuluan
g. Bab telaah kepustakaan/kerangka teoritis
h. Bab Metode penelitian
i. Bab Pembahasan hasil penelitian
j. Bab Kesimpulan dan rekomendasi
k. Dafar pustaka
l. Lampiran-lampiran
m. Riwayat hidup


Beberapa bagian penting dari struktur karya ilmiah diuraikan sebagai berikut.
1. Judul
Judul dalam karya ilmiah dirumuskan dalam satu frasa yang jelas dan lengkap. Judul mencerminkan hubungan antarvariabel. Istilah hubungan di sini tidak selalu mempunyai makna korelasional, kausalitas, ataupun determinatif. Judul juga mencerminkan dan konsistensi dengan ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian, subjek penelitian, dan metode penelitian.




Dari judul di atas, dapat diketahui bahwa:
1) masalah yang diteliti : aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa
2) ruang lingkung penelitian : kecerdasan emosi dan intelektual siswa
3) tujuan penelitian : mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas pergaulan dengan
prestasi belajar siswa
4) subjek penelitian : siswa SMA Labschool UPI Bandung
5) meotde penelitian : deskriptif-komparatif
Penulisan judul dapat dilakukan dua cara. Pertama, dengan menggunakan huruf kapital semua kecuali pada anak judulnya; kedua, dengan menggunakan huruf kecil kecuali huruf-huruf pertamanya. Apabila cara yang kedua yang akan digunakan, maka kata-kata penggabung, seperti dengan dan tentang serta kata-kata depan seperti di, dari, dan ke huruf pertamanya tidak boleh menggunakan huruf kapital. Di akhir judul tidak boleh menggunakan tanda baca apapun,
termasuk titik ataupun koma.
2. Pendahuluan
Pada karya ilmiah formal, bagian pendahuluan mencakup latar belakang masalah, identifkasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat atau keguanaan penelitian. Selain itu, dapat pula dilengkapi dengan defnisi operasional
dan sistematika penulisan.
a. Latar Belakang Masalah
Uraian pada latar belakang masalah dimaksudkan untuk menjelaskan alasan timbulnya masalah dan pentingnya untuk dibahas, baik itu dari segi pengembangan ilmu, kemasyarakatan, ataupun dalam kaitan dengan kehidupan pada umumnya. 
b. Perumusan Masalah
Masalah adalah segala sesuatu yang dianggap perlu pemecahan oleh penulis, yang pada umumnya ditanyakan dalam bentuk pertanyaan mengapa, bagaimana. Berangkat dari pertanyaan itulah, penulis menganggap perlu untuk melakukan langkah-langkah pemecahan, misalnya melalui penelitian. Masalah itu pula yang nantinya menjadi fokus pembahasan di dalam karya ilmiah tersebut.
c. Tujuan (Penulisan Karya Ilmiah)
Tujuan merupakan pernyataan mengenai fokus pembahasan di dalam penulisan karya ilmiah tersebut; berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Dengan demikian, tujuan harus sesuai dengan masalah pada karya ilmiah itu.
d. Manfaat
Perlu diyakinkan pula kepada pembaca tentang manfaat atau kegunaan dari penulisan karya ilmiah. Misalnya untuk pengembangan suatu bidang ilmu ataupun untuk pihak atau lembaga-lembaga tertentu.
3. kerangka Teoretis
Kerangka teoretis disebut juga kajian pustaka, atau teori landasan. Tercakup pula di dalam bagian ini adalah kerangka pemikiran dan hipotesis. Kerangka teoretis dimulai dengan mengidentifkasi dan mengkaji berbagai teori yang relevan serta diakhiri dengan pengajuan
hipotesis.
Di samping itu, dalam kerangka teoretis perlu dilakukan pengkajian terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan para penulis terdahulu. Hal ini penting dilakukan guna menambah dan memperoleh wawasan ataupun pengetahuan baru, yang telah ada sebelumnya. Di
samping akan menghindari adanya duplikasi yang sia-sia, langkah ini juga akan memberikan prespektif yang lebih jelas mengenai hakikat dan kegunaan penelitian itu dalam perkembangan ilmu secara keseluruhan.
4. Metodologi Penelitian
Dalam karya tulis yang merupakan hasil penelitian, perlu dicantumkan pula bagian yang disebut dengan metode penelitian.Metodologi penelitian diartikan sebagai prosedur atau tahap-tahap
penelitian, mulai dari persiapan, penentuan sumber data, pengolahan, sampai dengan pelaporannya.
Setiap penelitian mempunyai metode penelitian masing-masing, yang umumnya bergantung pada tujuan penelitian itu sendiri. Metode-metode penelitian yang dimaksud, misalnya, sebagai berikut.
a. Metode deskriptif, yakni metode penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya, tanpa adanya perlakukan apapun. Data yang dimaksud dapat berupa fakta yang bersifat kuantiatif (statistika) ataupun fakta kualitatif.
b. Metode eksperimen, yakni metode penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran atas suatu gejala setelah mendapatkan perlakuan.
c. Metode penelitian kelas, yakni metode penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki persoalan-persoalan yang terjadi pada kelas tertentu, misalnya tentang motivasi belajar, prestasi belajar siswa dalam kompetensi dasar tertentu.
5. Pembahasan
Bagian ini berisi paparan tentang isi pokok karya ilmiah, terkait dengan rumusan masalah/tujuan penulisan yang dikemukakan pada bab pendahuluan. Data yang diperoleh melalui hasil pengamatan, wawancara, dan sebagainya itu dibahas dengan berbagai sudut pandang;
diperkuat oleh teori-teori yang telah dikemukakan sebelumnya. Sekiranya diperlukan, pembahasan dapat dilengkapi dengan berbagai sarana pembantu seperti tabel dan grafk. Sarana-sarana pembantu tersebut diperlukan untuk menjelaskan pernyataan ataupun data. Tabel dan grafk merupakan cara efektif dalam menyajikan data dan informasi. Sajian data dan informasi lebih mudah dibaca dan disimpulkan. Penyajian informasi dengan tabel dan grafk memang
lebih sistematis dan lebih enak dibaca, mudah dipahami, serta lebih menarik daripada penyajian secara verbal.
Penulis perlu menggunakan argumen-argumen yang telah dikemukakan dalam kerangka teoretis. Pembahasan data dapat diibaratkan dengan sebuah pisau daging. Apabila pisau itu tajam, akan
baik pula lah keratan-keratan daging yang dihasilkannya. Namun, apabila tumpul, keratan daging itu akan acak-acakan, penuh cacat. Demikian pula halnya dengan pembahasan data. Apabila argumen-argumen yang dikemukakan penulis lemah dan data yang digunakannya tidak lengkap,
pemecahan masalahnyapun akan jauh dari yang diharapkan.
6. Simpulan dan Saran
Simpulan merupakan pemaknaan kembali atau sebagai sintesis dari keseluruhan unsur penulsan karya ilmiah. Simpulan merupakan bagian dari simpul masalah (pendahuluan), kerangka teoretis yang tercakup di dalamnya, hipotesis, metododologi penelitian, dan temuan penelitian.
Simpulan merupakan kajian terpadu dengan meletakkan berbagai unsur penelitian secara menyeluruh. Untuk itu, perlu diuraikan kembali secara ringkas pernyataan-pernyataan pokok dari unsur-unsur di atas dengan meletakannya dalam kerangka pikir yang mengarah kepada
simpulan.
Berdasarkan hal tersebut seorang peneliti harus pula melihat berbagai implikasi yang ditimbulkan oleh kesimpulan penelitian. Implikasi tersebut umpamanya berupa pengembangan ilmu pengetahuan, kegunaan yang bersifat praktis dalam penyusunan kebijakan. Halhal tersebut kemudian dituangkan ke dalam bagian yang disebut rekomendasi atau saran-saran.
7. Dafar Pustaka

Dafar pustaka memuat semua kepustakaan yang digunakan sebagai landasan dalam karya ilmiah, baik sumber tertulis, baik itu yang berupa buku, artikel jurnal, dokumen resmi, atau sumber-sumber lain dari internet. Semua sumber tertulis atau tercetak yang tercantum di dalam
karya ilmiah harus dicantumkan di dalam dafar pustaka. Sebaliknya, sumber-sumber yang pernah dibaca oleh penulis, tetapi tidak digunakan di dalam penulisan karya ilmiah itu, tidak boleh dicantumkan di dalam dafar pustaka.
Cara menulis dafar pustaka berurutan secara alfabetis, tanpa menggunakan nomor urut. Sumber tertulis/tercetak yang memerlukan banyak tempat lebih dari satu baris, ditulis dengan satu spasi; sedangkan jarak antara sumber yang satu dengan yang lainnya adalah dua spasi. Susunan penulisan dafar pustaka: nama yang disusun di balik; tahun terbit; judul pustaka; kota terbit; dan penerbit.

Sumber: 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK.. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Bahan Belajar Kelas XI Semester 2 Bahasa Indonesia (SMA/MA/SMK/MAK)

Teks Karya Ilmiah

1.      Struktur Teks Karya Ilmiah
2.      Aspek Kebahasaan Teks Karya Ilmiah


3.      Langkah-Langkah Menulis Teks Karya Ilmiah


36 comments:

  1. Alhamdulillah, trm kasih jg Citra

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih Mbak Fathimatuz Zahra, salam sukses

      Delete
  3. Makasih pak... Apa ada dlm bntk Pdf materi ajar semester 2 Kelas X, XI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pdf https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/buku-bahasa-indonesia-kelas-xii-smasmk.html

      Delete
  4. Terima kasih juga.. pdf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/buku-bahasa-indonesia-kelas-xii-smasmk.html

    ReplyDelete
  5. Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO

    * Bonus New Depo 10 rb
    * Bonus TO 0.5%
    * Bonus Reff 20%
    * Discount Togel
    4D : 66 % |X3000
    3D : 59 % |X400
    2D : 29 % |X70

    * HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN

    PROMO JP NOMOR HP :
    4D NO HP : 3000.000
    3D NO HP : 500.000
    2D NO HP : 100.000

    LINK DAFTAR Togel : WWW. REJEKIKIaTA .COM
    LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO

    Info Lanjut :
    WA:+62 853-1157-2784
    BBM:E35CCA80

    ReplyDelete
  6. http://seventydegrees.blogspot.com/2021/04/struktur-teks-karya-ilmiah.html

    ReplyDelete
  7. hasil pengluang bagi saya sangat membantu kami. terima kasih kak. informasinya.toto macau

    ReplyDelete
  8. Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDAR TOGEL 4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.

    Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.

    Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai Toto Slot4D. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda.

    ReplyDelete
  9. -. New Member sebesar 100%
    -. Bonus Referral 10%
    -. Bonus Rollingan Cashback Referral untuk Setiap Harinya.
    -. Hari Raya Penuh Rejeki dengan total hadiah yang besar.
    Pastinya promosi diatas memiliki syarat dan ketentuan yang telah berlaku. Untuk itu kami mengharapkan agar anda membaca terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah yang sangat tidak diinginkan. Oleh karena itu, untuk membaca syarat tertentu dimohonkan kepada anda untuk klik disini.
    promo menarik
    gampang menang
    slot gacor
    slot online terpercaya

    ReplyDelete
  10. Siapa sih yang tidak ingin bermain di situs slot gacor gampang menang dengan memilih situs judi slot gacor gampang di tahun 2022? Tenang saja, anda berada pada situs yang sangat tepat untuk bermain judi online yang gacor gampang menang ini. Para developer game judi online ini mulai beramai-ramai dalam mengembangkan game slot online agar tidak ketinggalan antara yang lainnyaa. Namun tidak banyak dari permainan slot online yang itu ada yang gampang untuk dimenangi, ada banyak situs judi slot yang tidak jelas atau bisa disebut dengan abal-abal dan hanya ingin menghabiskan uang anda. Setiap game slot online yang ada di OBOR138 ini tentunya memiliki keunikan serta adanya variasi tersendiri dalam bermain. Memang situs slot gacor gampang menang OBOR138 merupakan permainan yang paling populer karenanya itu sangat membara bagi bettors dalam melakukan pemasangan taruhan. Situs slot gacor Obor138 ini juga pastinya telah memiliki banyak member yang aktif untuk setiap hari dalam melakukan perputaran dalam slot gacor gampang tersebut.

    slot gacor
    slot terpercaya
    deposit pulsa
    slot judi online

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali sekarang game judi yang sudah beralih ke online. Tentu saja ada sangat banyak yang menyediakan situs judi, tetapi anda harus lebih teliti lagi dalam memillih. Inilah ciri ciri situs judi online yang terpercaya seperti berikut:
    Mempunyai banyak permainan yang menarik untuk dimainkan
    Dilengkapi dengan Sistem Keamanan yang Terjamin
    Menawarkan Berbagai Bonus dan juga Cuan
    Dapat di Mainkan di Mana Saja dan Kapan Saja
    Hanya Obor138 yang bisa memberikan jaminan seperti yang saya terangkan diatas.

    Slot online obor138
    Slot gacor obor 138
    situs slot obor 138
    Obor 138 situs slot online
    Slot online gacor
    Slot online terbaik
    Obor 138
    situs judi online
    Obor 138 Membara
    Obor 138 Slot
    Obor 138 Terpercaya
    Situs Slot online Terpercaya

    Ayo buruan daftarkan akun anda sekarang. Tunjangkan sampai tumbangg!!!

    ReplyDelete
  12. Daftarkanlah akun anda saat ini juga dan dapatkan hadiah yang menarik tentunya hanya bersama dengan Obor 138.
    Banyak sekali sekarang game judi yang sudah beralih ke online. Tentu saja ada sangat banyak yang menyediakan situs judi, tetapi anda harus lebih teliti lagi dalam memillih. Inilah ciri ciri situs judi online yang terpercaya seperti berikut:
    Mempunyai banyak permainan yang menarik untuk dimainkan
    Dilengkapi dengan Sistem Keamanan yang Terjamin
    Menawarkan Berbagai Bonus dan juga Cuan
    Dapat di Mainkan di Mana Saja dan Kapan Saja
    Hanya Obor138 yang bisa memberikan jaminan seperti yang saya terangkan diatas.

    Slot online obor138
    Slot gacor obor 138
    situs slot obor 138
    Obor 138 situs slot online
    Slot online gacor
    Slot online terbaik
    Obor 138
    situs judi online
    Obor 138 Membara
    Obor 138 Slot
    Obor 138 Terpercaya
    Situs Slot online Terpercaya

    ReplyDelete
  13. Situs slot online merupakan jenis permainan game online yang sangat mudah dimainkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, di jamannya era global yang semakin tinggi ini membuat para member tidak merasa kesusahan dalam memanfaatkan teknologi ini. Karena itulah daftarkan diri anda hanya di obor138 di link bwh ini.

    obor138
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138

    AYO TUNJANGKAN SAMPAI TUMBANGGG!!!!

    ReplyDelete
  14. Agen Judi Slot Online Gacor Terbaik Terpercaya Di Indonesia

    Permainan Judi Slot Online Gacor Label138 – Pada artikel ini kami hendak membahas mengenai Persiapan Berarti Buat Menang Game Slot Online Gacor.

    label138 daftar
    daftar label138
    label 138 daftar
    daftar label 138
    situs judi

    ReplyDelete
  15. Agen Judi Slot Online Gacor Terbaik Terpercaya Di Indonesia

    Permainan Judi Slot Online Gacor Label138 – Pada artikel ini kami hendak membahas mengenai Persiapan Berarti Buat Menang Game Slot Online Gacor.


    judi slor online
    situs slot online
    situs slot terpercaya 138
    situs slot terbaik 138
    slot online

    ReplyDelete
  16. Obor138 ini merupakan situs slot online terbaik memiliki tingkat kemenangan yang tertinggi. Pada saat ini semua orang yang telah mencari googling dengan kata pencarian tertinggi yaitu trick bocoran game mengenai slot yang gacor. Di Obor138 anda tidak perlu bersusah payah lagi dalam mencari info bocoran lagi dikarenakan Obor138 akan memberikan rekomendasi permainan mesin slot yang gacor secara cuma-cuma.

    138 slot
    login obor 138
    obor 138 login
    situs slot obor 138
    agen slot obor 138
    obor 138 agen slot


    Ayo daftar dan registrasikan diri anda sekarang juga dan rasakan serunya hunting jackpot yang super duper fantastis

    ReplyDelete
  17. Yuk Daftar Agen Sbobet terbesar dan terpercaya di INDONESIA.
    Hanya dengan menggunakan 1 ID sudah bisa bertaruh dan bisa memainkan Game Lainnya, seperti SLOT, Poker Dll...

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. sebelum anda mulai bermain permainan judi slot online gacor yang sering memberikan bukti kemenangan, tidak banyak langkah langkah proses yang hendak anda lakukan. anda hanya mengaksesnya di situs slot online gacor hari ini hanya dengan melaksanakan pendaftaran yang berada di situs slot online obor 138 terbaik dan terpercaya memberikan hadiah jackpot terbesar

    ReplyDelete
  20. Ada situs Obor 138 slot online gacor hari ini bisa anda jadikan sebagai waktu luang mencari cuan dalam bermain slot online. Dengan adanya berbagai pilihan game slot online maka dari itu obor138 tentunya dapat memberikan anda merasa lebih untung dalam pemilihan kecocokan game slot online yang sesuai dengan tipe permainan anda.

    ReplyDelete
  21. keuntungan besar bisa anda dapatkan apabila memainkan game slot online di situs Obor138 slot online terbaik dan terpercaya di indonesia dengan pelayanan cs online 24 jam, memberikan bonus provit setiap main slot, memiliki server canggih, metode deposit yang komplit dan masih banyak lagi lainnya dijamin anda berkenan dengan hadiah jackpot yang sensational.
    obor 138 login

    ReplyDelete
  22. sudah hadir situs game slot obor 138 online yang disenangi banyak orang menawarkan banyak hadiah besar juga memberikan fasilitas terbaik di indonesia.
    obor 138 login
    game slot online

    ReplyDelete
  23. sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
    agen slot online
    situs slot online

    ReplyDelete
  24. Obor138 Slot telah resmi telah meraih papan teratas dan sudah bisa dibilang sebagai situs judi slot online terpercaya di indonesia. dengan melalui rekomendasi yang sudah diberikan dan tentunya telah mendapatkan lisensi resmi PAGCOR, sehingga lebih mudah untuk bermain di situs slot online obor 138 terbaik dan terpercaya
    obor138 slot
    obor 138 slot login

    ReplyDelete
  25. keuntungan yang bisa anda raih di situs slot online OBOR 138 terbaik dan Terpercaya di indonesia. tersedia Bonus promo 100% Member Baru dan lainnya bisa anda kunjungi di link
    slot online terbaik

    ReplyDelete
  26. Di masa sekarang yang maju ini yang terus berkembang dan modern ini. permainan slot online yang diciptakan ini menjadi lebih banyak fitur-fiturnya yang terbaik dan berbagai inovasi dan mutu yang terbaik. permainan slot online yang sering dimenangkan banyak orang di situs OBOR138 yang mempunyai mutu konsep global dengan bebagai bonus jackpot terbesar yang dihadirkan
    obor 138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  27. Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia merupakan daftar situs slot gacor terbaik yang mudah untuk memenangkan jackpot yang sangat besar yang sudah dikenal sebagai bandar situs judi slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. situs slot obor 138 juga menyediakan banyak permainan slot yang pastinya gacor yang mudah meraih kemenangan
    situs slot obor 138
    situs slot online obor 138

    ReplyDelete
  28. daftarkan diri anda sekarang juga dan nikmati suasana permainan slot yang seru dan menarik hanya di Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. juga terdapat banyak sekali bonus promo serta hadiah-hadiah yang ditawarkan sampai puluhan juta hingga ratusan jutaan rupiah ayo buruan daftar di
    situs slot obor 138
    slot obor 138

    ReplyDelete
  29. Thank you for sharing your information It was useful content
    I am incapable of reading articles online very often, but I’m happy Situs Togel 10rb

    ReplyDelete