MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/SMK
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Soal di atas menanyakan
perbaikan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun
2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk dalam ruang lingkup materi
menyunting kata, kalimat, dan paragraf level penalaran. Kompetensi yang diuji
yaitu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Kalimat efektif
ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur
kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan
sebagainya.
Kalimat tidak efektif
antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan
penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan,
pilihan kata tidak tepat,
ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
kalimat yang tidak
efektif pada kalimat (5) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan
unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (5)
sebagai berikut.
a.
Banyak karya-karya yang menjadi favorit
dalam lomba ini, sehingga juri mengalami
kesulitan menentukan pemenangnya (tidak hemat)
b. Banyak
karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini, sehingga juri mengalami kesulitan menentukan
pemenangnya. (hemat)
RINGKASAN
MATERI
A.
Pengertian
Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang
jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai
dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang
digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B.
Syarat
Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia
bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka
bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas
anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian
PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas
anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja,
menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan
melawan. (tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan
tidak melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat
membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa
kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak
yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak
temannya.
b. Generasi
muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani
tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan
Subjek
a. Pagi-pagi
siswa itu sudah datang kemudian siswa itu
langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi
siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan
Bentuk Sinonim
a. Menjaga
kebersihan sekolah adalah merupakan tanggung
jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga
kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan
Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah
guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah
guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung
yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas
pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto:
Badan Bahasa, Kemendikbud.)
BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN
SOAL:
1. Menentukan
isi teks anekdot
2. Menentukan
makna kata/istilah
3. Membandingkan
isi teks
4. Menentukan
interpretasi teks anekdot
5. Menentukan
urutan teks eksposisi
6. Melengkapi
teks eksplanasi
7. Menggunakan
kata penghubung
8. Menggunakan
pronomina/kata ganti
9. Menggunakan
kata bentukan
10. Membaca
matriks/tabel
11. Menggunakan
tanda baca
12. Memvariasikan
kata
13. Mengurutkan
teks prosedur
14. Menentukan
inti kalimat
15. Menentukan
isi teks negosiasi
16. Melengkapi
teks negosiasi
17. Menentukan
kalimat santun dalam teks negosiasi
18. Mengurutkan
peristiwa dalam cerpen
19. Menentukan
watak tokoh cerita
20. Menentukan
amanat cerita
21. Menentukan
latar cerita
22. Menentukan
majas dalam cerpen
23. Menentukan
makna ungkapan
24. Menentukan
makna peribahasa
25. Menentukan
kalimat sumbang/tidak padu dalam teks
26. Menentukan
tema pantun
27. Melengkapi
pantun
28. Menentukan
isi teks biografi
29. Mengidentifikasi
kata baku dan tidak baku
30. Menentukan
fungsi teks biografi
31. Menggunakan
konjungsi dengan tepat
32. Memakai
tanda baca dengan tepat
33. Menentukan
kata tidak baku dalam teks
34. Menyunting
kalimat
35. Menentukan
struktur teks ulasan film
36. Menggunakan
kata bentukan dengan tepat
37. Kalimat
simpleks dan kompleks
38. Unsur
intrinsik teks drama
39. Ide pokok paragraf
40. Meringkas teks
41. Perbaikan penggunaan tanda baca
42. Kalimat simpulan
43. Tanggapan logis terhadap isi teks
44. Ungkapan dalam teks iklan
45. Teks Ulasan film
46. Melengkapi teks petunjuk kerja/teks prosedur
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Opini penulis dalam tajuk rencana
49. Fakta dan opini
50. Unsur Intrinsik dan ekstrinsik novel
0 komentar:
Post a Comment