20 November 2017

MENYUNTING KALIMAT


MEMPERBAIKI KALIMAT TIDAK EFEKTIF
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/SMK 
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Soal di atas menanyakan perbaikan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat


Kalimat efektif ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan sebagainya.

Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.

kalimat yang tidak efektif pada kalimat (5) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda).

Analisis kalimat (5) sebagai berikut.

a.         Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya (tidak hemat) 
b.      Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini,  sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya. (hemat)

RINGKASAN MATERI

A.      Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.

B.       Syarat Kalimat Efektif

1.    Keutuhan

Contoh:

a.    Dia bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b.    Mereka bekerja saling membantu. (utuh)

2.    Kesejajaran

1)   Bentuk

a.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b.    Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)

2)   Makna

a.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan. (tidak sejajar)
b.    Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak melawan. (sejajar)

3.    Kefokusan

1)   Pengedepanan

a.    Sangat membanggakan siswa kita itu. 
b.    Siswa kita itu sangat membanggakan.

2)   Pengulangan

a.    Anak yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak temannya. 
b.    Generasi muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani tampil di depan dalam membangun bangsa ini.   

4.    Kehematan

1)   Penghilangan Subjek

a.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian siswa  itu langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b.    Pagi-pagi siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)

2)   Penghilangan Bentuk Sinonim

a.    Menjaga kebersihan sekolah adalah merupakan  tanggung jawab kita semua. (tidak hemat) 
b.    Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)

3)   Penghilangan Makna Jamak Ganda

a.    Sejumlah guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b.    Sejumlah guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)

5.    Kelogisan

Contoh:

a.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b.    Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)

(Sriyanto: Badan Bahasa, Kemendikbud.)



BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL:

1.      Menentukan isi teks anekdot


2.      Menentukan makna kata/istilah


3.      Membandingkan isi teks


4.      Menentukan interpretasi teks anekdot


5.      Menentukan urutan teks eksposisi


6.      Melengkapi teks eksplanasi


7.      Menggunakan kata penghubung


8.      Menggunakan pronomina/kata ganti


9.      Menggunakan kata bentukan


10.  Membaca matriks/tabel


11.  Menggunakan tanda baca


12.  Memvariasikan kata


13.  Mengurutkan teks prosedur


14.  Menentukan inti kalimat


15.  Menentukan isi teks negosiasi


16.  Melengkapi teks negosiasi


17.  Menentukan kalimat santun dalam teks negosiasi


18.  Mengurutkan peristiwa dalam cerpen


19.  Menentukan watak tokoh cerita


20.  Menentukan amanat cerita


21.  Menentukan latar cerita


22.  Menentukan majas dalam cerpen


23.  Menentukan makna ungkapan


24.  Menentukan makna peribahasa


25.  Menentukan kalimat sumbang/tidak padu dalam teks


26.  Menentukan tema pantun


27.  Melengkapi pantun


28.  Menentukan isi teks biografi


29.  Mengidentifikasi kata baku dan tidak baku


30.  Menentukan fungsi teks biografi


31.  Menggunakan konjungsi dengan tepat


32.  Memakai tanda baca dengan tepat


33.  Menentukan kata tidak baku dalam teks


34.  Menyunting kalimat


35.  Menentukan struktur teks ulasan film


36.  Menggunakan kata bentukan dengan tepat


37.  Kalimat simpleks dan kompleks


38.  Unsur intrinsik teks drama


39.  Ide pokok paragraf


40.  Meringkas teks


41.  Perbaikan penggunaan tanda baca


42.  Kalimat simpulan


43.  Tanggapan logis terhadap isi teks


44.  Ungkapan dalam teks iklan


45.  Teks Ulasan film


46.  Melengkapi teks petunjuk kerja/teks prosedur


47.  Penggunaan ejaan yang tidak tepat


48.  Opini penulis dalam tajuk rencana


49.  Fakta dan opini


50.  Unsur Intrinsik dan ekstrinsik novel


0 komentar:

Post a Comment