SOAL PERSIAPAN TES AKHIR PKB
KKD STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Uraian yang berisi tentang pengetahuan, pengalaman belajar, dan
teori yang secara khusus digunakan oleh guru dan siswa dalam proses
pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah dan memahami pokok bahasan yang
digariskan dalam kurikulum adalah ....
A.
Kompetensi Dasar
B.
Kompetensi Inti
C.
Materi Diklat
2.
"Materi ajar merupakan gambaran aneka metode dan sarana
pengajaran. Pernyataan di atas merupakan pernyataan tentang ....
A. Prinsip pengembangan materi ajar
B. Model pengembangan materi ajar
C. Manfaat materi ajar
D. Fungsi materi ajar
3.
Mendorong siswa untuk dapat mengomunikasikan ide, pikiran,
gagasan, perasaan, dan informasi kepada orang lain. Pernyataan tersebut
merupakan ....
- Prinsip pengembangan materi ajar
- Model pengembangan materi ajar
- Manfaat materi ajar
- Fungsi materi ajar
4.
Bu Novianti akan membelajarkan siswa
SMA keterampilan menulis puisi bebas.
Dia berharap setelah pembelajaran, siswa dapat menulis puisi dengan
pilihan kata yang tepat. Materi-materi
pembelajaran berikut ini yang dapat dikatakan kreatif sesuai tingkat
perkembangan siswanya ....
A.
Gambar dan puisi tentang sekolahku yang hijau
B.
Gambar dan puisi tentang pasar yang becek
C.
Gambar dan puisi tentang potret sosial pekerja Ibu
D.
Gambar dan puisi tentang situasi di jalan raya
5.
Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Bu Arni
Susanti
mengajar bahasa Indonesia kelas XII di SMK Pitumpanua. Ia mempunyai permasalahan dalam pembelajaran
menulis. Berulang kali ia mencoba melakukan perubahan pembelajaran di kelas
tersebut namun belum berhasil. Setelah ia mendapat pelatihan dan diskusi dengan
teman-teman pada pertemuan MGMP akhirnya ia mencoba mengubah kegiatan belajar
mengajarnya dengan strategi yang lebih tepat sesuai dengan permasalahan yang
dihadapi. Pada pertemuan pertama hasil yang dicapai belum maksimal. Kemudian ia
mengevaluasi kesulitan yang masih dialami oleh siswanya, dan ditemukan
permasalahannya. Lalu ia mendiskusikan masalah tersebut dengan teman guru
bahasa Indonesia. Ia pun melakukan kegiatan pembelajaran kembali dengan
menekankan pada permasalahan yang dihadapi siswa. Akhirnya, ia dapat menarik
nafas lega dan bersyukur karena apa yang selama ini menjadi kendala dan beban pikirannya
dapat diselesaikan dengan hasil yang sangat baik.
Berdasarkan
ilustrasi di atas langkah apa yang dilakukan oleh Bu Arni
Susanti?
A.
Memilih media relevan
dengan pembelajaran menulis
B.
Memberi tugas kepada siswa
untuk menulis
C.
Melakukan diskusi dengan teman
sejawat
D.
Mengubah metode pembelajaran menulis
6.
Bu Marlinah mengajar di kelas IX
dengan materi "Memproduksi teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulis" dengan langkah-langkah; 1) siswa mengamati objek dan mendata
objek yang akan dijadikan bahan tulis, 2) siswa menuliskan hasil pengamatan ke
dalam beberapa paragraf.
Langkah yang tepat untuk
melengkapi langkah ke dua pada langkah-langkah pembelajaran di atas adalah ....
A.
Sebelum langkah terakhir, siswa diberi kesempatan untuk bertanya
kepada guru mengenai hasil tulisannya. Setelah itu, siswa memperbaiki hasil
tulisannya berdasarkan masukan dari guru
dan kelompok lain.
B.
Sebelum langkah kedua, siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan kegiatan menulis hasil observasi dan teknik menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif.
C.
Sebelum langkah pertama, siswa mengamati contoh teks hasil
observasi dan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan menulis hasil
observasi
D.
Sebelum langkah ketiga, siswa menanyakan apakah hasil pekerjaannya
sudah benar atau salah. Kemudian, siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki.
7.
"Perhatikan KD berikut ini!
Memahami
struktur dan kaidah teks cerita ulang baik melalui lisan maupun tulis.
1)
siswa mendengarkan informasi mengenai rencana kegiatan pada
pertemuan berikutnya
2)
siswa mendapatkan umpan balik dari guru
3)
siswa mendengarkan rekaman yang berisi dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio,
4)
siswa menyimpulkan pembelajaran,
5)
siswa menyimpulkan isi informasi dari dialog tersebut dan
melaporkannya.
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KD tersebut adalah ....
A.
Sistematika penulisan teks
B.
Teks cerita ulang
C.
Struktur dan kaidah cerita
D.
Struktur dan kaidah teks cerita ulang
8.
"Perhatikan langkah-langkah pembelajaran berikut!
1)
Siswa mendengarkan informasi mengenai rencana kegiatan pada
pertemuan berikutnya.
2)
Siswa mendapatkan umpan balik dari guru.
3)
Siswa mendengarkan rekaman yang berisi dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
4)
Siswa menyimpulkan pembelajaran,
5)
Siswa menyimpulkan isi informasi dari dialog tersebut dan
melaporkannya.
Susunlah langkah-langkah pembelajaran di atas menjadi
sistematis.
A.
(3)-(4)-(2)-(5)-(1)
B.
(1)-(3)-(5)-(2)-(4)
C.
(1)-(3)-(5)-(4)-(2)
D.
(3)-(5)-(2)-(4)-(1)
9.
Kompetensi Dasar : Menulis karangan berdasarkan
topik tertentu
dengan
pola pengembangan deduktif dan induktif.
Langkah-Langkah Pembelajaran:
(1) Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 4 – 5
orang secara acak.
(2) Siswa diberi tugas untuk mengobservasi
perpustakaan, kantin, lapangan, tempat parkir, ruang UKS, dan taman sekolah.
(3) Sesuai dengan kelompoknya, siswa mengamati dan
mendata informasi berdasarkan hasil pengalaman.
(4) Siswa menulis kerangka karangan dan
mengembangkannya berdasarkan data observasi.
(5) Siswa saling menukarkan karangan dan mengoreksi
berdasarkan rubrik penilaian yang disediakan guru.
Pendekatan
yang tepat untuk pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar dan langkah-langkah
pembelajaran di atas adalah ....
A. kontekstual
B. konstruktivisme
C. whole language
D. saintifik
10.
Pak Delvi Iskandar akan
membelajarkan siswa SMK keterampilan menulis bebas dengan tema “Kebersihan
Lingkungan”. Dia berharap setelah
pembelajaran, siswa dapat menulis teks Narasi dengan pilihan kata yang
tepat. Materi-materi pembelajaran
berikut ini yang dapat dikatakan kreatif sesuai tingkat perkembangan siswanya
adalah ....
A. Gambar dan teks lingkungan kota yang hijau
B. Gambar dan teks tentang lingkungan sungai
C. Gambar dan teks tentang potret sosial di desa
D. Gambar dan teks tentang situasi di jalan raya
di tunggu no 11 sampai 100 nya ya pa.
ReplyDeletetrims