18 November 2017

LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB KKD-2 STRATEGI PEMBELAJARAN

SOAL PERSIAPAN TES AKHIR PKB

KKD STRATEGI PEMBELAJARAN

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.   Uraian yang berisi tentang pengetahuan, pengalaman belajar, dan teori yang secara khusus digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah dan memahami pokok bahasan yang digariskan dalam kurikulum adalah ....
A.  Kompetensi Dasar
B.  Kompetensi Inti
C.  Materi Diklat
D.  Materi ajar

2.   "Materi ajar merupakan gambaran aneka metode dan sarana pengajaran. Pernyataan di atas merupakan pernyataan tentang ....
A. Prinsip pengembangan materi ajar
B. Model pengembangan materi ajar
C. Manfaat materi ajar
D. Fungsi materi ajar
3.   Mendorong siswa untuk dapat mengomunikasikan ide, pikiran, gagasan, perasaan, dan informasi kepada orang lain. Pernyataan tersebut merupakan ....
  1. Prinsip pengembangan materi ajar
  2. Model pengembangan materi ajar
  3. Manfaat materi ajar
  4. Fungsi materi ajar
4.   Bu Novianti akan membelajarkan siswa SMA keterampilan menulis puisi bebas.  Dia berharap setelah pembelajaran, siswa dapat menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat.  Materi-materi pembelajaran berikut ini yang dapat dikatakan kreatif sesuai tingkat perkembangan siswanya ....
A.  Gambar dan puisi tentang sekolahku yang hijau
B.  Gambar dan puisi tentang pasar yang becek
C.  Gambar dan puisi tentang potret sosial pekerja Ibu
D.  Gambar dan puisi tentang situasi di jalan raya 
5.   Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Bu Arni Susanti mengajar bahasa Indonesia kelas XII di SMK Pitumpanua. Ia mempunyai permasalahan dalam pembelajaran menulis. Berulang kali ia mencoba melakukan perubahan pembelajaran di kelas tersebut namun belum berhasil. Setelah ia mendapat pelatihan dan diskusi dengan teman-teman pada pertemuan MGMP akhirnya ia mencoba mengubah kegiatan belajar mengajarnya dengan strategi yang lebih tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Pada pertemuan pertama hasil yang dicapai belum maksimal. Kemudian ia mengevaluasi kesulitan yang masih dialami oleh siswanya, dan ditemukan permasalahannya. Lalu ia mendiskusikan masalah tersebut dengan teman guru bahasa Indonesia. Ia pun melakukan kegiatan pembelajaran kembali dengan menekankan pada permasalahan yang dihadapi siswa. Akhirnya, ia dapat menarik nafas lega dan bersyukur karena apa yang selama ini menjadi kendala dan beban pikirannya dapat diselesaikan dengan hasil yang sangat baik.
Berdasarkan ilustrasi di atas langkah apa yang dilakukan oleh Bu Arni Susanti?
A.  Memilih media  relevan dengan pembelajaran menulis
B.  Memberi tugas  kepada siswa untuk menulis
C.  Melakukan diskusi dengan teman  sejawat
D.  Mengubah metode pembelajaran menulis
6.   Bu Marlinah mengajar di kelas IX dengan materi "Memproduksi teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulis" dengan langkah-langkah; 1) siswa mengamati objek dan mendata objek yang akan dijadikan bahan tulis, 2) siswa menuliskan hasil pengamatan ke dalam beberapa paragraf.
Langkah yang tepat untuk melengkapi langkah ke dua pada langkah-langkah pembelajaran di atas adalah ....
A.  Sebelum langkah terakhir, siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru mengenai hasil tulisannya. Setelah itu, siswa memperbaiki hasil tulisannya berdasarkan masukan dari  guru dan kelompok lain.
B.  Sebelum langkah kedua, siswa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan menulis hasil observasi dan teknik  menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif.
C.  Sebelum langkah pertama, siswa mengamati contoh teks hasil observasi dan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan menulis hasil observasi
D.  Sebelum langkah ketiga, siswa menanyakan apakah hasil pekerjaannya sudah benar atau salah. Kemudian, siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki.
7.   "Perhatikan KD berikut ini! 
Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang baik melalui lisan maupun tulis.
1)  siswa mendengarkan informasi mengenai rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya                                                                                                                                      
2)  siswa mendapatkan umpan balik dari guru                                                                                                                                                                                                                                                                         
3)  siswa mendengarkan rekaman yang berisi dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio,
4)  siswa menyimpulkan pembelajaran,                                                                                                                                                                           
5)  siswa menyimpulkan isi informasi dari dialog tersebut dan melaporkannya.                                                     
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KD tersebut adalah ....
A.  Sistematika penulisan teks
B.  Teks cerita ulang
C.  Struktur dan kaidah cerita
D.  Struktur dan kaidah teks cerita ulang  
8.   "Perhatikan langkah-langkah pembelajaran berikut!                                                                                                                                                                                                                                                 
1)  Siswa mendengarkan informasi mengenai rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.                                                                                      
2)  Siswa mendapatkan umpan balik dari guru.                                                                                                                                                                                                                                                                  
3)  Siswa mendengarkan rekaman yang berisi dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio
4)  Siswa menyimpulkan pembelajaran,                                                                                                                                                                             
5)  Siswa menyimpulkan isi informasi dari dialog tersebut dan melaporkannya.
Susunlah langkah-langkah pembelajaran di atas menjadi sistematis.                                                  
A.  (3)-(4)-(2)-(5)-(1)
B.  (1)-(3)-(5)-(2)-(4)          
C.  (1)-(3)-(5)-(4)-(2)
D.  (3)-(5)-(2)-(4)-(1)
  
9.   Kompetensi Dasar             : Menulis karangan berdasarkan topik tertentu
  dengan pola pengembangan deduktif dan induktif.

Langkah-Langkah Pembelajaran:
(1)    Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 4 – 5 orang secara acak.
(2)    Siswa diberi tugas untuk mengobservasi perpustakaan, kantin, lapangan, tempat parkir, ruang UKS, dan taman sekolah.
(3)    Sesuai dengan kelompoknya, siswa mengamati dan mendata informasi berdasarkan hasil pengalaman.
(4)    Siswa menulis kerangka karangan dan mengembangkannya berdasarkan data observasi.
(5)    Siswa saling menukarkan karangan dan mengoreksi berdasarkan rubrik penilaian yang disediakan guru.
Pendekatan yang tepat untuk pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar dan langkah-langkah pembelajaran di atas adalah ....
A.  kontekstual
B.  konstruktivisme
C.  whole language
D.  saintifik
10.   Pak Delvi Iskandar akan membelajarkan siswa SMK keterampilan menulis bebas dengan tema “Kebersihan Lingkungan”.  Dia berharap setelah pembelajaran, siswa dapat menulis teks Narasi dengan pilihan kata yang tepat.  Materi-materi pembelajaran berikut ini yang dapat dikatakan kreatif sesuai tingkat perkembangan siswanya adalah ....
A.  Gambar dan teks lingkungan kota yang hijau
B.  Gambar dan teks tentang lingkungan sungai
C.  Gambar dan teks tentang potret sosial di desa
D.  Gambar dan teks tentang situasi di jalan raya

1 comment: