KISI-KISI SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2017/2018 SMK/MAK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa SMK kelas XII yang berbahagia,
Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan
kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi materi dan prediksi pokok-pokok
soal UN 2018.
Kisi-kisi berikut dikembangkan secara mandiri berdasarkan kisi-kisi UN
2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini dapat digunakan oleh guru untuk
mengembangkan soal latihan atau soal uji coba UN.
Bagi siswa, kisi-kisi ini dapat digunakan sebagai acuan mempelajari
materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional
tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia
KISI-KISI SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMK/MAK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
-
Menentukan
|
Memaknai kata/istilah
|
Disajikan kalimat, siswa
mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
|
1.
|
|
Menentukan informasi tersurat teks
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
|
2.
|
||||
Disajikan paragraf, siswa mampu
mengidentifikasi kalimat fakta dalam
teks dengan tepat
|
3.
|
|||||
Disajikan teks
negosiasi, siswa mampu menentukan isi
teks dengan tepat
|
4.
|
|||||
Disajikan teks biografi,
siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan
tepat
|
5.
|
|||||
Disajikan teks dalam
bentuk tabel /matriks, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai isi
tabel/matriks dengan tepat
|
6.
|
|||||
Menentukan bagian teks
|
Disajikan teks , siswa
mampu menentukan bagian tertentu pada teks dengan tepat
|
7.
|
||||
Aplikasi
-
Menangkap informasi eksplisit
-
Menginterpretasikan
-
Menangkap informasi implisit
-
Menggunakan
|
Menentukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu menemukan ide pokok paragraf
dengan tepat.
|
8.
|
|||
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
(tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab –akibat)
|
Disajikan teks editorial,
siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan opini penulis pada teks
tersebut dengan tepat
|
9.
|
||||
Disajikan teks editorial,
siswa mampu menentukan keberpihakan pada teks editorial dengan tepat.
|
10.
|
|||||
Disajikan teks anekdot,
siswa mampu menentukan maksud teks dengan tepat
|
11.
|
|||||
Disajikan kutipan teks,
siswa mampu menyimpulkan kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat
|
12.
|
|||||
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan kalimat majemuk
bertingkat, siswa mampu menentukan inti kalimat dengan tepat
|
13.
|
||||
Penalaran
-
Menunjukkan bukti
-
Membandingkan
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
|
membuat ringkasan teks
|
Disajikan teks, siswa mampu menentukan ringkasan teks dengan tepat
|
14.
|
|||
Mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
|
Disajikan penggalan teks,
siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan tanggapan logis terhadap isi
teks dengan tepat
|
15.
|
||||
menunjukkan bukti dari simpulan
|
Disajikan teks, siswa
dapat menentukan bukti dari simpulan pada teks dengan tepat dengan tepat
|
16.
|
||||
menunjukkan hubungan antarbagian teks
|
Disajikan teks, siswa
mampu menunjukkan hubungan antarbagian teks dengan tepat
|
17.
|
||||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
-
Menentukan
|
menentukan kata yang bermakna/majas/ kias dalam
karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen
, siswa mampu menentukan jenis majas yang terdapat dalam kutipan dengan tepat
|
18.
|
|
Disajikan kutipan teks ,
siswa mampu menentukan makna ungkapan dalam kutipan denga tepat.
|
19.
|
|||||
Disajikan kutipan teks ,
siswa mampu menentukan makna peribahasa dalam kutipan denga tepat.
|
20.
|
|||||
Mengidentifikasi unsur karya sastra
|
Disajikan kutipan novel,
siswa mampu menentukan unsur intrinsik yang dominan pada kutipan dengan tepat
|
21.
|
||||
Aplikasi
-
Menangkap informasi eksplisit
-
Menginterpretasikan
-
Menangkap informasi implisit
-
Menggunakan
|
menentukan isi tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan latar dalam
cerita dengan tepat.
|
22.
|
|||
menyimpulkan isi
tersirat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen,
siswa mampu menentukan watak tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat
|
23.
|
||||
Disajikan teks pantun,
siswa mampu menentukan tema pantun dengan tepat.
|
24.
|
|||||
Disajikan kutipan novel,
siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
|
25.
|
|||||
Penalaran
-
Menunjukkan bukti
-
Membandingkan
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
i
|
Menganalisis hubungan antarunsur
|
Disajikan teks sastra,
siswa mampu menentukan hubungan antarunsur (misalnya latar dan watak tokoh) dalam
teks dengan tepat
|
26.
|
|||
menentukan bukti watak, setting
|
Disajikan penggalan
cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak
tertentu dengan tepat.
|
27.
|
||||
Disajikan penggalan
cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita
dengan tepat.
|
28.
|
|||||
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan
novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan
tepat.
|
29.
|
||||
Disajikan penggalan
cerpen, siswa mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan
tepat.
|
30.
|
|||||
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan teks resensi
karya film, siswa menentukan keunggulan film dengan tepat
|
31.
|
||||
Disajikan teks resensi
karya film, siswa menentukan kelemahan film dengan tepat
|
32.
|
|||||
Membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya,
tema, unsur)
|
Disajikan dua kutipan
teks sastra sejenis (cerpen), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai)
dua kutipan dengan tepat.
|
33.
|
||||
Disajikan kutipan novel,
siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan
tepat
|
34.
|
|||||
meringkas isi karya sastra
|
Disajikan kutipan teks
cerpen/novel, siswa mampu meringkasi isi kutipan teks dengan tepat
|
35.
|
||||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
-
Menentukan
|
melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai
konteks
|
Disajikan kalimat yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata/istilah
dengan tepat.
|
36.
|
|
Aplikasi
- -Menangkap
informasi eksplisit
- -Menginterpretasikan
- -Menangkap
informasi implisit
- -Menggunakan
|
melengkapi unsur
teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
|
Disajikan teks biografi,
siswa mampu melengkapi teks dengan kata/kalimat yang tepat
|
37.
|
|||
Disajikan teks negosiasi
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan tepat
|
38.
|
|||||
Disajikan penggalan teks
eksposisi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan tepat.
|
39.
|
|||||
Disajikan teks deskripsi
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan tepat
|
40.
|
|||||
melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
|
Disajikan teks pantun
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan larik yang tepat
|
41.
|
||||
melengkapi unsur ulasan
|
Disajikan teks ulasan
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks dengan unsur yang tepat
|
42.
|
||||
melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
|
Disajikan penggalan
paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan
kalimat yang tepat.
|
43.
|
||||
Penalaran
-
Menunjukkan bukti
-
Membandingkan
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
|
Mengurutkan
peristiwa dalam cerita
|
Disajikan empat kalimat acak berisi peristiwa dalam cerpen, siswa
mampu mengurutkan kalimat acak tersebut dengan tepat
|
44.
|
|||
Mengurutkan
langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
|
Disajikan empat kalimat acak teks prosedur, siswa mampu menentukan urutan
yang tepat untuk menjadi paragraf yang padu
|
45.
|
||||
Memvariasikan kata
(sinonim)
|
Disajikan sebuah paragraf dengan satu kata bercetak miring, siswa
dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan
tepat.
|
46.
|
||||
Memvariasikan kalimat
|
Disajikan sebuah paragraf
dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang
bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
|
47.
|
||||
Disajikan beberapa
kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan
peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
48.
|
|||||
menyusun paragraf dari beberapa data
|
Disajikan data-data
berbentuk tabel, siswa mampu menyusun paragraf sesuai data pada tabel dengan
tepat
|
49.
|
||||
Menyusun simpulan dari beberapa data
|
Disajikan beberapa kalimat suatu teks,
siswa mampu menentukan kalimat simpulan yang tepat
|
50.
|
||||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
-
Menentukan
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa
mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf
dengan tepat.
|
51.
|
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan paragraf dengan
penggunaan kata penghubung yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata penghubung dalam paragraf dengan
tepat.
|
52.
|
||||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kalimat
|
Disajikan teks yang salah
satunya kalimatnya tidak efektif,
siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
|
53.
|
||||
Disajikan paragraf yang
terdapat kalimat tidak padu/sumbang, siswa mampu mengidentifikasi kalimat
tidak padu/sumbang dalam paragraf
tersebut dengan tepat.
|
54.
|
|||||
Aplikasi
-
Menangkap informasi eksplisit
-
Menginterpretasikan
-
Menangkap informasi implisit
-
Menggunakan
|
menggunakan istilah
dalam kalimat
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian
rumpang dengan kata/istilah dengan tepat
|
55.
|
|||
menggunakan kata
bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian
rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
|
56.
|
||||
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
|
Disajikan teks yang
dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian yang rumpang dengan kalimat yang
tepat
|
57.
|
||||
Penalaran
-
Menunjukkan bukti
-
Membandingkan
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
|
memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
|
Disajikan teks yang salah
satu paragraf tidak sesuai dengan struktur teks, siswa mampu menentukan
perbaikan paragraf tepat.
|
58.
|
|||
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat
rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
|
Disajikan paragraf yang
salah satu kalimatnya tidak efektif, siswa mampu memperbaiki kalimat tersebut
dengan tepat
|
59.
|
||||
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf yang
terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu memperbaiki kesalahan dari
segi penulisan kata dengan tepat.
|
60.
|
||||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda
Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
-
Mengidentifi-kasi
-
Memaknai
-
Menentukan
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan (misalnya kata
depan), siswa mampu mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
|
61.
|
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang
terdapat kesalahan penulisan tanda baca koma, siswa mampu mengidentifikasi
kesalahan dengan tepat.
|
62.
|
||||
Aplikasi
-
Menangkap informasi eksplisit
-
Menginterpretasikan
-
Menangkap informasi implisit
-
Menggunakan
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf
terdapat yang dirumpangkan , siswa mampu mengisi dengan kata serapan yang
penulisannya tepat.
|
63.
|
|||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan kalimat
langsung tanpa tanda baca, siswa mampu mengisi dengan tanda baca petik dua dan
koma dengan tepat.
|
64.
|
||||
Penalaran
-
Menunjukkan bukti
-
Membandingkan
-
Menanggapi/mengomentari
-
Merefleksi
-
Mengevaluasi
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang
terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan
perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.
|
65.
|
|||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan penulisan
daftar pustaka yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dan koma, siswa
mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dan koma dengan tepat.
|
66.
|
BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN
SOAL UN SMK/MAK 2016/2017:
1. Menentukan
isi teks anekdot
2. Menentukan
makna kata/istilah
3. Membandingkan
isi teks
4. Menentukan
interpretasi teks anekdot
5. Menentukan
urutan teks eksposisi
6. Melengkapi
teks eksplanasi
7. Menggunakan
kata penghubung
8. Menggunakan
pronomina/kata ganti
9. Menggunakan
kata bentukan
10. Membaca
matriks/tabel
11. Menggunakan
tanda baca
12. Memvariasikan
kata
13. Mengurutkan
teks prosedur
14. Menentukan
inti kalimat
15. Menentukan
isi teks negosiasi
16. Melengkapi
teks negosiasi
17. Menentukan
kalimat santun dalam teks negosiasi
18. Mengurutkan
peristiwa dalam cerpen
19. Menentukan
watak tokoh cerita
20. Menentukan
amanat cerita
21. Menentukan
latar cerita
22. Menentukan
majas dalam cerpen
23. Menentukan
makna ungkapan
24. Menentukan
makna peribahasa
25. Menentukan
kalimat sumbang/tidak padu dalam teks
26. Menentukan
tema pantun
27. Melengkapi
pantun
28. Menentukan
isi teks biografi
29. Mengidentifikasi
kata baku dan tidak baku
30. Menentukan
fungsi teks biografi
31. Menggunakan
konjungsi dengan tepat
32. Memakai
tanda baca dengan tepat
33. Menentukan
kata tidak baku dalam teks
34. Menyunting
kalimat
35. Menentukan
struktur teks ulasan film
36. Menggunakan
kata bentukan dengan tepat
37. Kalimat
simpleks dan kompleks
38. Unsur
intrinsik teks drama
39. Ide pokok paragraf
40. Meringkas teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/12/cara-cepat-dan-tepat-meringkas-teks.html
41. Perbaikan penggunaan tanda baca
42. Kalimat simpulan
43. Tanggapan logis terhadap isi teks
44. Ungkapan dalam teks iklan
45. Teks Ulasan film
46. Melengkapi teks petunjuk kerja/teks prosedur
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Opini penulis dalam tajuk rencana
49. Fakta dan opini
50. Unsur Intrinsik dan ekstrinsik novel
0 komentar:
Post a Comment