19 November 2017

FUNGSI TEKS BIOGRAFI

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
MENENTUKAN PERNYATAAN YANG SESUAI DENGAN ISI TEKS BIOGRAFI
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Soal tersebut menanyakan pernyataan yang sesuai dengan isi teks biografi . Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra level pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks biografi.
Biografi memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh. Informasi tersebut dapat tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam teks. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi. 
Teks tersebut menceritakan riwayat hidup Umar Kayam. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah Gaya renungan selalu muncul pada karya Umar Kayam (opsi B). Hal ini sesuai dengan kalimat kedua paragraf kedua pada teks, yaitu Sebagai kolumnis, Umar Kayam dikenal dengan ciri khas tulisannya yang berbau renungan.
Pernyataan pada opsi A tidak tepat karena Umar Kayam memiliki hobi membaca sejak kecil. Pernyataan pada opsi C tidak tepat karena Umar Kayam sebagai salah satu actor/pemeran dalam film G30S-PKI. Pernyataan pada opsi D tidak tepat karena tulisan yang berjudul “Bunga Anyelir” adalah tulisan pertama yang dimuat di Majalah di Jakarta, bukan tulisan pertama yang dibuat Umar Kayam. Pernyataan pada opsi E tidak tepat karena Umar Kayam tidak menjadi presenter. 
RINGKASAN MATERI 
PENGERTIAN DAN FUNGSI TEKS BIOGRAFI

A.  Pengertian Teks Biografi

Biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain (https://kbbi.web.id/biografi). Biografi merupakan salah satu teks yang menjelaskan tentang seorang tokoh yang memiliki kelebihan atau keunggulan tokoh  tersebut yang dapat diteladani pembaca. Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, harus memiliki struktur teks biografi yang  jelas. 

B.  Fungsi Teks Biografi 
Dapat digunakan sebagai panutan bagi pembaca, memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, mengetahui dan memahami karakter orang lain dan banyak belajar tentang orang lain melalui tokoh-tokoh lain.  

1 comment: