29 November 2017

CARA MEMVARIASIKAN KALIMAT

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
MENENTUKAN VARIASI KALIMAT TERTENTU
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan 
Soal tersebut menanyakan variasi kalimat. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memvariasikan kalimat.
Variasi kalimat yang sesuai dengan kalimat nomor (4) Achdiat adalah anak yang cerdas sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hukum adalah Ia anak yang pandai sehingga ayahnya ingin ia menjadi ahli hokum (pilihan jawaban B)

Cara memvariasikan kalimat tersebut dengan mengganti kata-kata tertentu dengan kata yang memiliki makna sama atau hampir sama (sinonim), yaitu kata cerdas diganti dengan pandai dan berharap diganti dengan ingin

RINGKASAN MATERI
MEMVARIASIKAN KALIMAT DENGAN KATA BERSINONIM
Arti kata variasi adalah tindakan atau hasil perubahan dari keadaan semula,  selingan dan bentuk (rupa) yang lain; yang berbeda bentuk (rupa). Arti kata memvariasikan adalah menyelang-nyeling (https://kbbi.web.id/variasi). 
Memvariasikan kalimat adalaah menyelang-nyeling atau mengubah kalimat dari keadaan semula menjadi bentuk baru. Untuk memvariasikan kalimat dapat dilakukan dengan mengganti kata-kata tertentu dengan kata yang memiliki makna sama atau hampir sama (sinonim). 
Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif; (https://kbbi.web.id/sinonim). 
Contoh memvariasikan kalimat dengan menggunakan sinonim
1. Realita = Kenyataan
a. Realitanya, masih terjadi kerusuhan antarsuporter pada LIGA 1 Indonesia.
b. Kenyataannya, masih terjadi kerusuhan antarsuporter pada LIGA 1 Indonesia.
2. Beragam = Majemuk
a. Beragam : Indonesia terkenal dengan kehidupan masyarakatnya yang beragam.
b. Majemuk : Indonesia terkenal dengan kehidupan masyarakatnya yang majemuk.


Variasi kalimat yang bertujuan sama dapat juga dilakukakan antara lain dengan mengubah (1) kalimat berita menjadi kalimat tanya atau perintah, (2) kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. (3) kalimat aktif menjadi kalimat pasif, (4) kalimat sederhana menjadi kalimat kompleks/luas atau sebaliknya.
Contoh mengubah kalimat aktif masyarakat Kelurahan Pandeanlamper belum mengenal dokter muda itu (SPO) dijadikan  kalimat pasif dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat Kelurahan Pandeanlamper (SPO) dengan isi, pola kalimat, dan tujuan/maksud yang sama.

6 comments: