SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG
2018
Kemendikbud melalui Dirjen GTK
telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang
Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi
mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2017. Kegiatan pendataan
dimulai sejak tanggal 1 November sampai dengan 20 November 2017. Pendataan calon
peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi
persyaratan.
Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.
Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.
Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
1.
Belum Sertifikasi
2.
Harus S1/D4
3.
Harus PNS, GTY atau Guru Honor Daerah
4.
Tmt dibawah 31 Des 2015
5.
Belum pensiun, usia paling tua kelahiran
tahun 60, usia paling muda kelahiran '95 (asumsi sudah lulus S1)
6.
Tidak harus memiliki NUPTK
7.
*Punya no.peserta UKG dan harus masuk
SIM PKB *
Semua syarat diambil dari Dapodik
per tanggal 31 Juli 2017
Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
1.
Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta
mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan
mengunggah Ijazah S1
2.
Setelah mendaftar, data akan
diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG
2018
3.
Peserta
seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi
menyusul akan diinfokan GTK)
4.
Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk
diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
5.
Pendataan ini hanya dilakukan dari
tanggal 1 - 20 November 2017. Tahapan yang ada di tahun 2017 ini hanya
merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika
tidak layak, menunggu pendataan kembali ditahun depan.
Untuk mengukur dan menilai
kompetensi guru pada umumnya berupa soal-soal pedagogik dan profesional (bidang
studi) yang dikembangkan dari permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar
kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
KISI-KISI TERBARU PPG 2018 UNDUH MELALUI KLIK DI SINI
KISI-KISI TERBARU PPG 2018 UNDUH MELALUI KLIK DI SINI
Berikut ini akan disajikan soal-soal persiapan ujian seleksi
PPG tahun 2018 kompetensi pedagogik.
100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG
2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Seorang
siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah
itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan
dengan perkembangan ....
A.
kemampuan
kognitif
B. kemampuan
interaksional
C. kemampuan
integrasi diri
D. kemampuan
komunikatif
2.
Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B.
Kemampuan
untuk memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan
untuk mengintegrasikan diri
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0
- 2 tahun
B. 2
-- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/
-- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan
A.
Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B.
Pengamatan dan penginderaan yang
intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D.
Kemampuan mengoperasikan kaidah
logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional
formal)
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina
hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C.
Emosional
D. moral
6.
Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan
A.
sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7.
Peserta didik telah memiliki yang
memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar
orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan,
dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku
moral-spritual pada tahapan ...
A.
penalaran
pascakonvensional
B. penalaran
konvensional
C. penalaran
prakonvensional
D. penalaran
interkonvensional
8.
Individu memandang apa yang diharapkan
oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan
social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga.
Pernyataan tersebut merupakan
tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C.
Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler,
melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya
memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan
gagasan
B. mengaktualisasikan
diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan
tindakan
10. Seorang
peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan
lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai
memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi
dan kognitif
B. budaya
dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional
dan kepribadian
11. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada
saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan
akademis
B.
gangguan
simbolik
C. gangguan
nonsimbolik
D. gangguan
sosial
12. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.
Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
13.
Teori ini memandang belajar sebagai
hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan
balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan
(bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan
keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D.
Konstruktivisme
15. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.
Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A.
Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan
pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah
teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar
yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat
dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D.
RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D.
Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1)
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan dua ciri
kegiatan bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan
adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23.
Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
25.
Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A.
Role
Playing
B.
Inquiry
C.
Problem
Solving
D.
Picture
and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi
belajar siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D.
Menjawab
sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.
Sahih
B.
Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari
D.
Menarik minat
32. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A.
Kausal
B.
Spiral
C.
Kronologis
D.
inquiri
33. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil,
kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan
media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran
didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami
karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang
luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B. media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media
tradisional dan media berbasis TIK
D. media
dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media
pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran adalah:
A. media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai
pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan
medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu
fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah…
A. program
mencari informasi
B. program
desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program
penciptaan laman
42. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi
sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft
Desktop Publishing
45. pertanyaan,
mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah
data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang
terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B.
saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh
Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.
projek
based learning
B. discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
47. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini
tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project
based learning
B. inquiry
learning
C. Discovery
learning
D.
problem
based learning
48. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)
Mendesain Perencanaan Proyek,
3)
Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan
proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A.
1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara
mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut
disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50.
Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D.
Memilih
waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D.
Tes
hasil belajar
55. Sebelum
guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
56. Salah
satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D.
penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai
dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang
dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik
D.
Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D.
Simpangan
baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D.
Penilaian
standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan
pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik
yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang
agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A.
proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B.
tujuan pengajaran remedial adalah sama
dengan test diagnostik
C.
sasaran terpenting pengajaran
remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
strategi yang dipilihhanya berbentuk
test ulang
63. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64.
.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar
yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.
Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa
B.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.
Mengumpulkan hasil kerja
masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa
dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
D.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban
hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok
bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A.
Konstruktivisme
B.
Authentic
assesment
C.
Efektif
D.
kondusif
67. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud
adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. penilaian
menyeluruh
C. penilaian
acuan patokan
D.
penilaian
acuan norma
68. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.
Penilaian berkelanjutan
b.
Penilaian autentik
c.
Penilaian
acuan patokan
d.
Penilaian acuan norma
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan
penilaian
B. prinsip
penilaian
C.
fungsi
penilaian
D. hasil
penilaian
70. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip
penilaian
B.
tujuan
penilaian
C. fungsi
penilaian
D. bentuk
penilaian.
71. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C.
kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C.
valid
D. sistematis
73. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B.
akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D.
sistematis
75. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D.
dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C.
Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15
sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah
15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat
dilakukan oleh guru dengan cara...
A.
Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D.
diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.
sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.
Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan
masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C.
Merancang
PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun
proposal penelitian
82. Mengetahui
proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c)
keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A. refleksi
B.
observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model
rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini
sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis
penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A.
observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.
perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan
masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan
masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B.
Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam
Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A.
kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan
untuk membantu guru
D. kepedulian
peneliti akan kinerja guru
86. Di
bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut
Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B.
Kegiatan
yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B.
Menganalisis
masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
88. Peran
guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C.
Guru
dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
89. Berikut
ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D.
Analisis
data
90. Tujuan
PTK adalah…
A.
Perbaikan
KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
91. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B.
Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar
belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari
PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C.
Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
93. Persiapan
awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C.
Membuat
rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
94. Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D.
Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut
ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D.
Observasi
dan inperetasi.
96. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri
peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif
dengan pendidik.
C. untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A.
Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk
melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa
prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal
pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada
kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik
dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa
peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita
memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
UNDUH 100 SOAL PEDAGOGIK KLIK https://drive.google.com/open?id=1QX_WNWCwTXh74llZP-g1vHSGn66IZgg4
BACA JUGA
UNDUH 100 SOAL PEDAGOGIK KLIK https://drive.google.com/open?id=1QX_WNWCwTXh74llZP-g1vHSGn66IZgg4
BACA JUGA
1. BAHAN SOSIALISASI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI
GURU DALAM JABATAN 2018
2. KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN
PPG 2018
3. BAHAN PERSIAPAN UJIAN PPG 2018
a. 100
SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK
b. PEMBAHASAN/RINGKASAN
MATERI PEDAGOGIK: KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
c. PEMBAHASAN/RINGKASAN
MATERI PEDAGOGIK: PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN TEORI PEMBELAJARAN
d. PEMBAHASAN/RINGKASAN
MATERI PEDAGOGIK: RANCANGAN PEMBELAJARAN
e. PEMBAHASAN/RINGKASAN
MATERI PEDAGOGIK: PENILAIAN DAN PTK
4. KHUSUS BAPAK/IBU GURU YANG MENGAJARKAN BAHASA INDONESIA BACA JUGA SOAL-SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL
a. MODUL/SUMBER
BELAJAR I ALIRAN LINGUISTIK
b. MODUL/SUMBER
BELAJAR II HAKIKAT DAN PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA
c. MODUL/SUMBER
BELAJAR III KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
d. MODUL/SUMBER
BELAJAR IV KAIDAH BAHASA INDONESIA
e. MODUL/SUMBER
BELAJAR V TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA
f. MODUL/SUMBER
BELAJAR VI APRESIASI KARYA SASTRA INDONESIA
5. PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017
a. PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMA/MA
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html
b. KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMP/MTs.
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kunci-jawaban-dan-pembahasan-soal-un.html
c. KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMK/MAK
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/pembahasan-soal-un-smkmak-20162017-mata.html
a. PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMA/MA
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html
b. KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMP/MTs.
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kunci-jawaban-dan-pembahasan-soal-un.html
c. KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 SMK/MAK
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/pembahasan-soal-un-smkmak-20162017-mata.html
INFO TERBARU
PEDOMAN UMUM PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU (PROGRAM DIKLAT GURU) TAHUN 2018 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/download-juknis-pedoman-umum-program.html
PEDOMAN UMUM PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU (PROGRAM DIKLAT GURU) TAHUN 2018 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/download-juknis-pedoman-umum-program.html
makasih ya, mudah2an ppg saya lancar
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
Delete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Nomor hp BPK dr Sutanto yang aktif 0823-5240-6469
DeleteAamiin, Trm kasih jg, moga ppg lancar, lulus, sukses
ReplyDeleteSoal pretesnya itu untuk umum pak...??? Alna saya guru TK
ReplyDeleteSoal pretesnya itu untuk umum pak...??? Alna saya guru TK
ReplyDeleteiya, bisa untuk umum, ini soal pedagogic...
Deletesalam edukasi dari guru desa
ReplyDeletehttp://www.kangmartho.com
salam juga, terima kasih Kangmartho
DeleteSoal soal profesional ipa smp ga ada ya pak
ReplyDeleteMaaf saya belum punya
DeleteMakasih ya
ReplyDeleteok, moga sukses
ReplyDeleteKira-kira KKM lolos pretes berapa ya bapak/Ibu? makasih
ReplyDelete80?
Delete70
DeleteSoal untuk seni budaya smp ada pak..
ReplyDeleteSoal untuk seni budaya smp ada pak..
ReplyDeleteKhususnya seni musik.. pak..
ReplyDeleteMakasihh sebelumnya pak...
Khususnya seni musik.. pak..
ReplyDeleteMakasihh sebelumnya pak...
Khususnya materi Seni musik pak..
ReplyDeleteMakasihh sebelumnya pak...
Khususnya materi Seni musik pak..
ReplyDeleteMakasihh sebelumnya pak...
maaf belum dapat...kapan Ibu tes?
DeleteMakasih pak...
ReplyDeleteMakasih pak...
ReplyDeletetrm kasih juga, sukses untuk Bu Firda
DeleteTrimakasih pak, Sharringnya...... Semoga manfaat dan bapak sehat selalu......Aaamin...
ReplyDeleteaamiin... Alhamdulillah jika bermanfaat, sehat dan sukses untuk Bapak Hendro Suyono
DeletePak apakah lulusan pend. Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki harapan masa depan yg sejahtera? Kebetulan sy mengambil jurusan tersebut, dan sejauh ini sy merasa ragu.
ReplyDeletesangat menjanjikan
DeleteProfesi yang dapat dipilih antara lain dosen/Guru, penulis, peneliti, dsb. Asalkan bersungguh-sungguh dalam belajar, menguasai ilmu dan mampu menerapkan, Insya allah sukses.
Trimksh infonya pa. Sangat brmanfaat.
ReplyDeleteTerimaksih.... Sangat bermanfaat....
ReplyDeletesoal PPG bhs jepang tdk ada ya gan
ReplyDeletePak apakah dalam ikut tes PPG ini ada pengaruh poin dalam menjawab soal ya pak?
ReplyDeleteMohon maaf pak mau tanya untuk pilihan yg di hitamkan apakah itu kunci jawaban nya?
ReplyDeleteYang udah ikut test ada yg keluar gak yah? Hehe
ReplyDeleteItu pilihan yang dihitamkan, banyak yang keliru
ReplyDeleteada soal untuk jurusan bimbingan dan konseling Pak .?
ReplyDeleteTerima kasih ya pak.. Semoga tes ujian PPG saya lancar, dipermudah menjawabnya, dan sukses. Aamiin ..
ReplyDeleteLuar biasa...
ReplyDeleteTerima kasih pak, udh berbagi ilmu... Smga selalu sukses.
ReplyDeleteMudah mudahan sy lulus test.
Ga bisa didownload soalnya pa?
ReplyDeleteKebetulan...kedepan sy akan ikut tes ppg guru RA apakah soal ini juga relevan juga..?
ReplyDeleteNomor 27 dan nomor 55 mohon diperiksa Pak! Terdapat perbedaan jawaban padahal soal serupa.
ReplyDeleteok, terima kasih
Deleteyang benar yang nomor 55 ya Pak?
Deletesangat bermamfaat
ReplyDeletealhamdulillah, terima kasih
DeleteTlg kirim contoh contoh soal ujian pengetahuan ( up ).
ReplyDeleteada contoh materi modul PPG gak
ReplyDeleteIJIN COPAS YA SEMOGA MJD LADANG AMAL , TRMKSH
ReplyDeleteaamiin, sila, semoga sukses
DeletePak izin copas y
ReplyDeleteSila, ok, semoga sukses
DeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
ReplyDeleteSoal PPG tahu ini untuk Penjas SMP ada tidak pak ?
ReplyDeleteterimakasih pak
ReplyDelete