23 October 2017

SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 PERSIAPAN UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
MENENTUKAN KALIMAT YANG MEMBUKTIKAN WATAK TOKOH

Kunci Jawaban : C
Pembahasan

Soal di atas menanyakan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level penalaran. Kompetensi yang diuji adalah mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.

BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
Watak tokoh pada kutipan cerita di atas digambarkan melalui percakapan antartokoh. Kalimat yang menunjukkan tokoh berwatak humoris (suka bercanda, suka melucu) yaitu kalimat nomor (4)  “Iya La, nanti ga bisa masuk SMADA, mati kau!”. Watak Azza yang humoris dipertegas dengan kalimat pada nomor (4) Dialah (Azza) pencair suasana kita.

RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN KALIMAT YANG MENUNJUKKAN WATAK TOKOH
Pengarang dapat menyampaikan watak tokoh melalui cara langsung dan tidak langsung. Penyampaian watak secara langsung (analitik) adalah melalui pengarang itu sendiri. Pengarang akan mendeskripsikan seorang tokoh melalui penjelasan berupa kalimat-kalimat. Cara ini mempermudah pembaca memahami karakter tokoh karena penyampaian watak-wataknya dilakukan secara tersurat.
Penyampaian watak secara tidak langsung adalah melalui percakapan antartokoh, pikiran tokoh, tindakan tokoh, serta pendapat tokoh lain. Kali ini pembaca mau tidak mau harus berpikir sedikit lebih keras untuk memahami karakter tokoh, karena watak-wataknya disampaikan secara tersirat.
Langkah-langkah menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh dalam cerita

  1. Pahami pernyataan tentang watak tokoh yang ditentukan.
  2. Baca dan pahami isi kalimat yang berkaitan dengan tokoh yang ditentukan.
  3. Tentukan kalimat yang isinya menggambarkan watak tokoh yang ditentukan. 

2 comments: