PEMBAHASAN
SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTsMENGIDENTIFIKASI
KALIMAT YANG TIDAK EFEKTIF DENGAN TEPAT
Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan : Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak efektif. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah/mengidentifikasi kalimat tidak efektif dengan tepat.
Kalimat efektif
ditandai antara lain mudah dipahami isi atau pesannya, lengkap unsur
kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, dan tidak ambigu, dan
sebagainya.
Kalimat tidak efektif
antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan
penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan,
pilihan kata tidak tepat,
ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
Berdasarkan
syarat-syarat kalimat efektif tersebut yang merupakan kalimat efektif adalah
kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat yang tidak efektif adalah kalimat
(1) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara
berlebihan (jamak ganda).
Analisis kalimat (1)
sebagai berikut.
a.
Banyak remaja-remaja yang menyukai
olahraga. (tidak hemat)
b.
Banyak remaja yang menyukai olahraga.
(hemat)
RINGKASAN
MATERI
A.
Pengertian
Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang
jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai
dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang
digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
B.
Syarat
Kalimat Efektif
1. Keutuhan
Contoh:
a. Dia
bekerja saling membantu. (tidak utuh)
b. Mereka
bekerja saling membantu. (utuh)
2. Kesejajaran
1) Bentuk
a. Tugas
anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian
PR, dan pemberesan alat-alat praktik. (tidak sejajar)
b. Tugas
anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyeselesaikan
PR, dan membereskan alat-alat praktik. (sejajar)
2) Makna
a. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan melawan.
(tidak sejajar)
b. Biawak itu dipegang kepalanya agar tidak marah dan tidak
melawan. (sejajar)
3. Kefokusan
1) Pengedepanan
a. Sangat
membanggakan siswa kita itu.
b. Siswa
kita itu sangat membanggakan.
2) Pengulangan
a. Anak
yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan pandai belajar pasti disukai banyak
temannya.
b. Generasi
muda harus sadar, generasi muda harus bangkit, generasi muda harus berani
tampil di depan dalam membangun bangsa ini.
4. Kehematan
1) Penghilangan
Subjek
a. Pagi-pagi
siswa itu sudah datang kemudian siswa itu
langsung membersihkan ruang kelasnya. (tidak hemat)
b. Pagi-pagi
siswa itu sudah datang kemudian langsung membersihkan ruang kelasnya. (hemat)
2) Penghilangan
Bentuk Sinonim
a. Menjaga
kebersihan sekolah adalah merupakan tanggung
jawab kita semua. (tidak hemat)
b. Menjaga
kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua. (hemat)
3) Penghilangan
Makna Jamak Ganda
a. Sejumlah
guru-guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (tidak hemat)
b. Sejumlah
guru berprestasi mendapat penghargaan dari pemerintah. (hemat)
5. Kelogisan
Contoh:
a. Pengunjung
yang membawa tas harap dimasukkan ke loker. (tidak logis)
b. Tas
pengunjung harap dimasukkan ke loker. (logis)
(Sriyanto:
Badan Bahasa, Kemendikbud.)
BACA PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan ide pokok paragraph
2, Menentukan makna kata/istilah
3. Menentukan kalimat yang membuktikan watak tokoh
4. Menentukan konflik cerita
5. Menentukan Amanat cerita
6.Menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi teks
7. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
8. Menyimpulkan isi teks
9. Menyusun urutan kalimat berbagai teks
10. Mengidentifikasi kalimat tidak efektif
11. Melengkapi teks prosedur
12. Menggunakan Kata Bentukan
13. Menentukan tokoh utama cerita
14. Menentukan keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi
15. Menentukan ide pokok paragraph
16. Menulis dengan ilustrasi tertentu
17. Penulisan nama geografi, kata berimbuhan, dan kata ulang
18. Menentukan informasi tersurat teks
1. Menentukan ide pokok paragraph
2, Menentukan makna kata/istilah
3. Menentukan kalimat yang membuktikan watak tokoh
4. Menentukan konflik cerita
5. Menentukan Amanat cerita
6.
7. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
8. Menyimpulkan isi teks
9. Menyusun urutan kalimat berbagai teks
10. Mengidentifikasi kalimat tidak efektif
11. Melengkapi teks prosedur
12. Menggunakan Kata Bentukan
13. Menentukan tokoh utama cerita
14. Menentukan keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi
15. Menentukan ide pokok paragraph
16. Menulis dengan ilustrasi tertentu
17. Penulisan nama geografi, kata berimbuhan, dan kata ulang
18. Menentukan informasi tersurat teks
0 komentar:
Post a Comment