25 October 2017

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTS KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs- KOMPETENSI  MENGIDENTIKASI KALIMAT YANG TIDAK PADU DALAM PARAGRAF 



Kunci Jawaban : C
Pembahasan: 
Soal di atas menanyakan kalimat yang tidak padu dalam teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk dalam ruang lingkup materi menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah/ mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf

(Baca BEDAHKISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs)

Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Berdasarkan perbandingan isi kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (3) Teknologi pengomposan (composting) merupakan teknologi paling efektif dan efisien. Kalimat (2), (4), (5) menjelaskan nama teknologi proses lanjutan dan produk samping yang dihasilkan. Sedangkan kalimat (3) berisi opini atau penilaian terhadap salah satu teknologi proses lanjutan penanganan sampah.

RINGKASAN MATERI
KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF
Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat ini bisa saja terjadi karena kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasan ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat tidak padu seingkali bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraph.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.

Hal-hal yang harus dilakukan guna mengidentifikasikan kalimat sumbang adalah terlebih dahulu menentukan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu tentukan beberapa kalimat penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.

Contoh Kalimat Tak Padu
Contoh 1:
(1)Nugroho sangat menyukai anime onepiece. (2)Tak hanya menyukai alur ceritanya, ia juga sangat suka dengan lagu-lagu yang menjadi Oroginal Soundtrack (OST) dari manga karya Eichiro Odha ini. (3)Koleksinya hingga kini telah mencapai 75 buah komik dan 750 serial animenya. (4)Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang. (5)Ia mengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam cerita anime ini diantaranya ialah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, Trafalgar Law dan lainnya. (6)Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung dalam sebuah komunitas pecinta serial animasi Jepang ini.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yang terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat pada kalimat nomor 4 yakni “(4)Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat nomor 6 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan gagasan serta inti masalah yang dibahas pada kalimat utama.
Contoh 2 :
(1)Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2)Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3)Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4)Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini bertentangan dengan fokus masalah yang ada pada kalimat utama yakni yang membahas mengenai destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.  (http://www.bahasaindonesiaku.net/2016/01/pengertian-dan-contoh-kalimat-sumbang-tidak-padu-lengkap.html)

RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1.       Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2.       Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3.       Makna kata dalam teks
4.       Ide pokok paragraf
5.       Kalimat utama paragraf
6.       Simpulan paragraf
7.       Kalimat persetujuan dalam teks
8.       Kalimat hubungan sebab akibat
9.       Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10.   Konflik dalam cerita
11.   Amanat cerita
12.   Kalimat yang tidak padu dalam teks
13.   Peristiwa yang tergambar dalam teks
14.   Teks laporan
15.   Urutan kalimat teks sastra
16.   Mengubah teks ke bentuk teks lain
17.   Perbaikan penulisan ejaan
18.   Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19.   Ringkasan teks
20.   Tokoh utama cerita
21.   Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
22.   Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23.   Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24.   Struktur teks resensi
25.   Pendapat pro dan kontra
26.   Jenis-jenis teks prosedur
27.   Melengkapi teks prosedur
28.   Menyunting teks prosedur
29.   Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30.   Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31.   Fakta dan opini dalam teks biografi
32.   Membandingkan nilai moral dua teks fabel
33.   Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34.   Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35.   Cara memvariasikan kalimat
36.   Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37.   Makna simbol dalam cerpen
38.   Menentukan bagian alur cerpen
39.   Syarat-syarat paragraf yang baik
40.   Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
41.   Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
43.   Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44.   Kalimat tidak efektif
45.   Alasan penggunaan kata yang salah
46.   Penulisan huruf kapital
47.   Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48.   Kesalahan penggunaan tanda baca
49.   Penggunaan ejaan yang tepat
50.   Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca


0 komentar:

Post a Comment