RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
: SMP …………………………
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
VIII / 2
|
Materi
Pokok
|
:
Teks Ulasan
|
Alokasi
Waktu
|
: 4
x Pertemuan (8 JP)
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.11
Mengidentifikasi informasi pada
teks ulasan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel,
karya
seni daerah) yang dibaca atau
diperdengarkan.
|
3.11.1
Memahami maksud/arti penting teks
ulasan
3.11.2
Menentukan macam-macam teks
ulasan berdasarkan isinya.
|
4.11
Menceritakan kembali isi teks
ulasan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang
dibaca atau didengar
|
4.11.1
Menuliskan kelebihan dan
kekurangan teks ulasan
4.11.2
Mengungkapkan kelebihan dan
kekurangan teks ulasan
|
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan
(film,
cerpen, puisi, novel, karya
seni
daerah) yang diperdengarkan
dan
dibaca.
|
3.12.1
Memahami struktur teks ulasan
3.12.2
Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3.12.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
|
4.12 Menyajikan tanggapan tentang
kualitas karya (film,
cerpen, puisi,
novel, karya seni daerah,
dll.)
dalam bentuk teks ulasan
secara
lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur,
unsur
kebahasaan, atau aspek lisan.
|
4.12.1
Menyusun struktur teks ulasan
secara urut
4.12.2 Menulis teks
ulasan berdasarkan
novel “Sang Pemimpi” dengan
memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan teks ulasan.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah membaca teks ulasan,
peserta didik dapat:
1.
Memahami maksud/arti penting teks ulasan
2.
Menentukan macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya.
Fokus penguatan
pendidikan
karakter :
-
Cermat
-
Teliti
Pertemuan
Kedua
Setelah membaca teks ulasan, peserta didik dapat:
1.
Menuliskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
2.
Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya
diri
-
Kreatifitas membaca
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengamati gambar suatu
objek wisata , peserta didik dapat:
1. Memahami struktur
teks ulasan
2. Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
Fokus penguatan
pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya
diri
-
Santun
Pertemuan
Keempat
Setelah mengamati gambar suatu
objek wisata , peserta didik dapat:
1. Menyusun struktur
teks ulasan secara urut
2.
Menulis
teks ulasan berdasarkan novel “.............” dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan teks ulasan.
Fokus penguatan
pendidikan karakter :
-
Tanggung
jawab
-
Percaya
diri
-
Jujur
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1) Faktual
EMAK DAN SEPOTONG ROTI
Karya. Caswati
Emak dan Sepotong Roti merupakan
salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen
karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan tentang kisah
perjuangan seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela
melakukan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan Dina.
Cerpen tersebut dikarangnya saat mengikuti lomba dalam rangka bulan bahasa
dan sastra yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Pusat
Balai Bahasa Yogyakarta pada tahun 2007.
Cerita dalam cerpen ini diawali
dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang melanda sebuah desa. Kemarau itu
mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa
mengering. Keadaan itu membuat sebagian warga meninggalkan sungai tersebut.
Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering mendatangi sungai itu untuk
mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat tahun yang lalu, ia harus
melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung hidupnya dan
menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin anaknya bernasib
sama sepertinya
Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang. Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
Cerpen karangan gadis kelahiran
23 September 1989 ini tersusun sangat runtut, sehingga pembaca lebih mudah
memhami isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca
terlarut dalam cerita. Serta, alu ceritanya yang unik dan berbeda dengan
cerpen-cerpen zaman sekarang yang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja.
Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
Tetapi, dengan mengesampingkan
kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk remaja Indonesia.
Sebab, di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna, yang dapat
memotivasi kita agar semangat menjalani hidup, bersyukur atas segala
pemberiaan Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan
sesuatu yang kita inginkan.
|
(2) Konsep
a.
Pengertian teks ulasan
b.
Ciri
isi teks ulasan
c.
Ciri-ciri
penggunaan bahasa teks ulasan
-
Kata
sifat sikap
-
Kata
bermetafora
-
Kata
rujukan
-
Variasi kalimat majemuk
d.
Jenis
teks ulasan
Pertemuan Kedua
(1) Faktual
SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Karya. Agnes Danovar
Surat Kecil untuk Tuhan
merupakan salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang berupa
novel. Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama Keke
atau Gita Sesa Wanda Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka
bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama
kanker jaringan lunak. Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia
yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya
sangat menggugah.
Novel ini menceritakan Keke,
seorang gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat
berada, memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki, orang
tua yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajudan
sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu
setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang
kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy.
Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis cantik itu pun berubah menjadi "monster" hingga terpaksa harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas seperti sedia kala. Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
Kelebihan dari novel karya
Agnes Danovar ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang
diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari
kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkan kita agar
ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada
jalan keluarnya.
Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
Tetapi, dengan mengesampingkan
kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan kita tentang arti
kehidupan yang sebenarnya. Dalam menghadapi sebuah cobaan seberat
apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangkit dan tak menyerah.
|
(2) Konsep
a. Peta konsep teks ulasan
kelebihan-kekurangan
b. Kebahasaan teks ulasan
(3) Prosedur
a. Menuliskan kata-kata kunci
b. Mendaftar kata-kata kunci sebagai
bahan penulisan teks
ulasan
Materi pembelajaran remidial
Disajikan
teks ulasan novel “Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Danovar
Materi pembelajaran pengayaan
Pertemuan
Ketiga
(1) Faktual
Judul : Marmut
Merah Jambu
Pengarang :
Raditya Dika
Tahun
terbit : Juni
2010
Penerbit : Bukune
Jumlah halaman : 222 halaman
Kategori : Nonfiksi-komedi
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini
berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa
SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan
pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk
memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta
pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk
menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang
sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang
persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita
Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia
dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya,
benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah
bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan
alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang
terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa
bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok
untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama
komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan
yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari
beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini,
sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang
bagus dan menarik.
|
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas
buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail bagian pada
struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi
kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
Pertemuan
Keempat
(1) Faktual
Membaca
novel sesusai dengan apa yang dicari oleh peserta didik.
|
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas
buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail bagian pada
struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi
kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
a. Menyusun kerangka teks ulasan
b. Menulis teks ulasan berdasarkan
judul novel yang dicari oleh peserta
didik.
c. Menyunting teks ulasan
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks ulasan berdasarkan
judul novel yang dicari oleh peserta
didik.
3.
Materi Pembelajaran Remedial
a.
Kaidah
ejaan bahasa Indonesia
b.
Menulis
teks ulasan
c.
Menyunting
teks ulasan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Inquiry/Discovery
2. Saintifik
3. Problem
based learning
F.
Media dan Bahan
a. Media
1) Cuplikan film laskar
pelangi
2) Teks ulasan
3) Tabel telaah teks
4) LK pemandu kegiatan
5) Power
point
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double tapes
3) Gunting, spidol
G.
Sumber Belajar
Buku teks pendamping Bahasa Indonesia untuk siswa
kelas VIII edisi revisi 2016.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa
Indonesia. 30 Novemner 2015.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)
b.
Guru
memotivasi peserta didik dengan bertanya
tentang film,
novel, cepen, atau puisi yang
pernah dibaca atau dilihat.
c.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengomentari film, cerpen, novel, atau
puisi yang pernah dibaca atau dilihat.
d.
Guru menjelaskan
secara singkat kepada peserta didik bahwa komentar yang telah mereka ungkapkan
merupakan bentuk ulasan/review
e.
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
oleh peserta didik. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
f.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
Kegiatan
Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik melihat cuplikan tayangan film “Laskar Pelangi”. (LITERASI)
b.
Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan dengan
tayangan film “laskar pelangi”
c.
Peserta
didik menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti yang berkaitan dengan pertanyaan yang telah dijawab.
d.
Peserta
didik mengumpulkan
data tentang hal-hal yang ditemukan sesuai dengan jawaban dari pertanyaan.
e. Guru membentuk kelas menjadi 5-6 kelompok yang terdiri
dari 5-6 orang.
f.
Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan
cerpen “emak dan sepotong roti”.
(4C=COLLABORATIVE) DAN HOTS (TUGAS TINGKAT TINGGI)
g.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i.
Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
j.
Peserta
didik melaksanakan evaluasi tes tertulis. (HOTS)
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
ulasan.
b.
Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
Pertemuan
Kedua (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b.
Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat mengingatkan
kembali mengenai teks ulasan cerpen “Emak dan Sepotong Roti”.
c.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
d.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
e.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan
Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik membaca teks ulasan
yang berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan”.
b.
Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan dengan
tayangan film “Surat Kecil untuk Tuhan”
c.
Peserta
didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti tentang kata-kata kunci, peta konsep, dari teks ulasan yang berjudul “Surat Kecil
untuk tuhan”.
d.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang
kata-kata kunci, peta konsep, dari teks yang berjudul “Surat Kecil
untuk tuhan”.
e.
Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang kata-kata kunci dan peta
konsep dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”. Guru
memberikan bimbingan khusus terhadap
peserta didik yang mengalami kesulitan.
f.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h.
Peserta
didik menyimak penguatan hasil diskusi
yang disampaikan guru.
i.
Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata
kunci dan peta konsep teks ulasan.
b.
Guru
bersama peserta didik membuat simpulan
mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan,
d.
serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kata-kata kunci dan peta konsep
teks ulasan.
f.
Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks ulasan lain.
Pertemuan
Ketiga (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik mengucapkan
salam dan doa di awal pembelajaran.
b.
Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang struktur dan kebahasaan teks kebahasan
berdasarkan kata kunci yang diberikan oleh guru.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks ulasan
novel “Marmut Merah jambu”.
d.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan
Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik membaca teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” yang dibagikan
oleh guru.
b.
Peserta didik dibimbing oleh guru menemukan struktur teks
ulasan novel “Marmut Merah Jambu” berdasarkan kata kunci yang diberikan.
c.
Peserta
didik menanyakan
hal-hal yang belum dimengerti tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan.
d.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang struktur
dan kebahasaan teks ulasan
dari novel “Marmut Merah Jambu”.
e.
Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang struktur dan kebahasaan teks
ulasan dari tayangan, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
h.
Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
i.
Peserta
didik melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
ulasan.
b.
Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak lanjut
/ perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
e.
Peserta
didik mendapat tugas kelompok untuk mengulas
novel yang ditentukan oleh kelompok secara tertulis.
Pertemuan
Keempat (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Peserta
didik mengucapkan
salam dan doa di awal pembelajaran.
b.
Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya jawab tentang teks ulasan.
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menyajikan
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks ulasan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f.
Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan
Inti (100 menit)
a.
Peserta
didik menyusun teks ulasan agar menjadi runtut.
b.
Peserta
didik menulis teks
ulasan dari novel yang telah dibaca.
c.
Peserta
didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks ulasan.
d.
Guru
memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan cara menyunting teks ulasan, guru memberikan bimbingan
khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f.
Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g.
Guru
memberikan penguatan hasil diskusi.
h.
Peserta
didik mempublikasikan teks ulasan di mading kelas.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata kunci
dan peta konsep teks ulasan.
b.
Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
c.
Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d.
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
e.
Peserta didik mendapat tugas secara
mandiri untuk membuat teks ulasan secara tertulis.
f.
Guru
menutup pembelajaran
I.
Penilaian
Teknik penilaian
a.
Sikap
-
Observasi
(jurnal)
b.
Pengetahuan
-
Tes
tertulis
c.
Keterampilan
-
Produk
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
-
Instrumen penilaian sikap
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL
KOGNITIF
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Ulasan
|
1.1.1
Menentukan
ciri objek teks
ulasan yang
dibaca/didengar.
1.1.2
Menentukan
ciri tujuan teks
ulasan
dibaca/didengar.
1.1.3
Menentukan
ciri aspek kebahasaan teks ulasan yang
dibaca/didengar.
|
1.
Menentukan
4 ciri objek teks ulasan dari novel.
2.
Menentukan
4 ciri tujuan teks
ulasan novel.
3.
Menentukan 4
kata umum dan kata khusus dari teks ulasan novel
4.
Menentukan 4
kata sifat sikap dari teks ulasan
5.
Menemukan jenis kalimat majemuk dalam teks ulasan
|
1
2
3
4
5
|
-
Instrumen Soal
Tes tertulis
Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai
dengan perintah!
Laskar
pelangi
Keterbatasan yang ada tidak memuat
anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk
dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung,
Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan dibubarkan
oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah
karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke
sekolah itu.
Dari sanalah cerita dimulai. Mereka,
Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka
terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Novel
ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain,
berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah
Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan
novelnya.
Anggota Laskar Pelangi mempunyai
karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “ dalam cerita
ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa jenius. Sahara
adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap
keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Mahar,
pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A Kiong
adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Syahdan
adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah
ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar
maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental. Tokoh
lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak
Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak
tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang
merupakan sepupu A Kiong.
Novel Laskar Pelangi yang ditulis
Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar
Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit
para pemenang nobel sastra.
Nah sekian artikel dari saya
mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga bermanfaat dan jangan lupa
like dan share artikel ini kepada sobat yang lainnya. Saya ucapkan terima
kasih untuk sobat semua yang sudah berpartisipasi untuk membuat
informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog edukasi yang membantu lebih
dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia. Karena bantuan sobat semua,
membuat blog sederhana ini menjadi salah satu yang terbaik dan akan terus
berlanjut.
|
1. Tulislah 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan tersebut!
2. Tulislah 4 tujuan yang menggambarkan ciri dari
teks ulasan tersebut!
3. Tulislah 4 kata umum dan kata
khusus dalam teks ulasan tersebut!
4. Tulislah 4 kata sifat sikap dari teks ulasan tersebut!
5. Carilah kalimat majemuk yang terdapat pada
teks ulasan “laskar pelangi”!
RUBRIK
PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
No
Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a.
Menuliskan
4 ciri objek
yang terdapat dalam teks ulasan tersebut!
b.
Menuliskan
3 objek yang terdapat
dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi”
dengan benar.
c.
Menuliskan
2 objek yang terdapat
dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi”
dengan benar.
d.
Menuliskan
1 objek yang terdapat
dalam teks ulasan berjudul “laskar
pelangi” dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
2.
|
a.
Menuliskan
4 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
b.
Menuliskan
3 tujuan yang menggambarkan objek dalam
teks ulasan “laskar pelangi”
dengan benar.
c.
Menuliskan
2 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
d.
Menuliskan
1 tujuan yang menggambarkan objek
dalam teks ulasan “laskar pelangi”
dengan benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
3.
|
a.
Menuliskan
4 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
b.
Menuliskan
3 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
c.
Menuliskan
2 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
d.
Menuliskan
1 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
4.
|
e.
Menuliskan
4 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
|
4
|
|
f.
Menuliskan
3 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan benar.
g.
Menuliskan
2 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
h.
Menuliskan
1 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi” dengan
benar.
|
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
5.
|
a.
Menuliskan
jenis teks ulasan “laskar pelangi”
dengan benar.
|
4
|
|
JUMLAH
SKOR TOTAL
|
20
|
Pedoman Penilaian:
Skor
= jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD
1)
3.11
Mengidentifikasi informasi pada
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang dibaca
atau diperdengarkan.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas
berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut
Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini
berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa
SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan
pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk
memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta
pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk
menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang
sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang
persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita
Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia
dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya,
benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah
bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan
alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang
terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa
bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan
tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah
Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang
tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak
dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya
Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
1.
Daftarlah
hal yang diulas dari teks ulasan “Marmut Merah Jambu” tersebut!
NO
|
OBJEK/
HAL YANG DIULAS
|
1.
|
Menceritakan kehidupan tokoh pada teks tersebut
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Tujuan
teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif
atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis
2.
Daftarlah
tujuan yang akan dicapai dari teks ulasan tersebut!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
Kelebihan
novel
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Teks deskripsi menggunakan
sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek,
permai).
3.
Carilah
kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel
berikut!
NO
|
KATA
UMUM
|
KATA
KHUSUS
|
1.
|
Baik
|
Ramah
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Pertemuan Kedua
-
Instrumen
penilaian sikap
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
KISI-KISI
TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks Ulasan
|
a.
Menuliskan
kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b.
Mendaftar
kata-kata kunci sebagai bahan penulisan
teks ulasan
c.
Membuat
peta konsep teks ulasan dari kata-kata kunci.
|
Susunlah teks ulasan berdasarkan kata-kata kunci
dari teks ulasan novel “Marmut Merah
Jambu”
|
|
RUBRIK
PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap struktur
|
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek
pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran umum dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum
dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian
objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam
penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor
= jumlah perolehan angka seluruh aspek
Pertemuan
Ketiga
-
Instrumen
penilaian sikap
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Deskripsi
|
1.2.1
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
1.2.2
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1.
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
2.
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1
2
|
-
Instrumen Soal
Tes tertulis
1.
Bacalah
teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini
berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa
SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan
pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk
memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu
dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan
usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat
bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga
bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA.
Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum
selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu
pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah bahasa
yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya
juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang
dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian
sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak
remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama
komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan
yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari
beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini,
sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang
bagus dan menarik.
|
2. Tentukan bagian struktur teks
ulasan tesebut!
3. Tentukan ciri kebahasaan teks
ulasan tersebut!
RUBRIK
PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO
SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a.
Menentukan
struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b.
Menentukan
struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c.
Menentukan
struktur dalam teks ulasan
Marmut Merah Jambu
dengan tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a.
Menuliskan
4 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b.
Menuliskan
3 ciri kebahasaan dalam teks ulasan
Marmut Merah Jambu
dengan tepat.
c.
Menuliskan
2 ciri kebahasaan dalam teks ulasan
Marmut Merah Jambu
dengan tepat.
d.
Menuliskan
1 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
|
4
3
2
1
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD
3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas
berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat
tiga besar di daftar Indonesia film terlaris
2014.
Marmut Merah Jambu ini
berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa
SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan
pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk
memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu
dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan
usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat
bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga
bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA.
Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum
selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu
pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan film ini adalah bahasa
yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya
juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang
dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian
sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak
remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama
komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan
yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari
beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini,
sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang
bagus dan menarik.
|
Struktur
teks ulasan di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
1.
Ciri
Kebahasaan teks ulasan!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata yang mengikuti
kata benda (yang menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang seolah-olah dapat
dilihat, didengar, dan dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada Teks ulasan
|
|
4.
|
Menggunakan kata bersinonim
|
|
Pertemuan
Keempat
-
Instrumen
penilaian sikap
JURNAL
PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP …………………
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI
TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks ulasan
|
4.2.1
Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan
|
1.
Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan
|
|
4.2.2
Menulis
teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks
ulasan novel
4.2.3
Mengomunikasikan
hasil novel yang telah diulas
|
2.
buatlah
teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks
ulasan novel
|
|
RUBRIK
PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap struktur
|
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek
pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran umum dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum
dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian
objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak
tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam
penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan
diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor
= jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD
4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka teks sesuai dengan struktur teks ulasan
|
|
2.
|
Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda
baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP …………………………
|
…………………., Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
………………………………..
NIP …………………………..
|
0 komentar:
Post a Comment