03 October 2017

RPP TEKS ULASAN KELAS VIII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





Satuan Pendidikan
: SMP …………………………
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII / 2
Materi Pokok
: Teks Ulasan
Alokasi Waktu
: 4 x Pertemuan (8 JP)



A.                Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.11 Mengidentifikasi informasi pada
        teks ulasan tentang kualitas karya
        (film, cerpen, puisi, novel, karya
        seni daerah) yang dibaca atau
        diperdengarkan.
3.11.1 Memahami maksud/arti penting teks
           ulasan
3.11.2 Menentukan macam-macam teks
           ulasan berdasarkan isinya.
4.11 Menceritakan kembali isi teks
        ulasan tentang kualitas karya
        (film, cerpen, puisi, novel,
        karya seni daerah) yang
        dibaca atau didengar
4.11.1 Menuliskan kelebihan dan
           kekurangan teks ulasan
4.11.2 Mengungkapkan kelebihan dan
           kekurangan teks ulasan

3.12 Menelaah struktur dan
        kebahasaan teks ulasan (film,
        cerpen, puisi, novel, karya seni
        daerah) yang diperdengarkan dan
        dibaca.
1.     
2.     
3.     
3.1     
3.2     
3.3     
3.4     
3.5     
3.6     
3.7     
3.8     
3.9     
3.10     
3.11     
3.12     
3.12.1    Memahami struktur teks ulasan
3.12.2    Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3.12.3    Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
4.12 Menyajikan tanggapan tentang
        kualitas karya (film, cerpen, puisi,
        novel, karya seni daerah, dll.)
        dalam bentuk teks ulasan secara
        lisan dan tulis dengan
        memperhatikan struktur, unsur
        kebahasaan, atau aspek lisan.

4.12.1 Menyusun struktur teks ulasan
          secara urut
4.12.2 Menulis teks ulasan berdasarkan
           novel “Sang Pemimpi” dengan
           memperhatikan struktur, unsur
           kebahasaan teks ulasan.



C.                Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Setelah membaca teks ulasan, peserta didik dapat:

1.      Memahami maksud/arti penting teks ulasan

2.      Menentukan macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya.

Fokus penguatan pendidikan karakter :

-          Cermat

-          Teliti





Pertemuan Kedua

Setelah membaca teks ulasan, peserta didik dapat:

1.      Menuliskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

2.      Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

Fokus penguatan pendidikan karakter :

-          Cermat

-          Teliti

-          Percaya diri

-          Kreatifitas membaca



Pertemuan Ketiga

Setelah mengamati gambar suatu objek wisata , peserta didik dapat:

1.      Memahami struktur teks ulasan

2.      Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan

3.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan

Fokus penguatan pendidikan karakter :

-          Cermat

-          Teliti

-          Percaya diri

-          Santun



Pertemuan Keempat

Setelah mengamati gambar suatu objek wisata , peserta didik dapat:

1.      Menyusun struktur teks ulasan secara urut

2.      Menulis teks ulasan berdasarkan novel “.............” dengan memperhatikan struktur, unsur            kebahasaan teks ulasan.

Fokus penguatan pendidikan karakter :

-          Tanggung jawab

-          Percaya diri

-          Jujur



D.                Materi Pembelajaran

1.      Materi Pembelajaran Reguler

Pertemuan Pertama

(1)  Faktual

EMAK DAN SEPOTONG ROTI
Karya. Caswati
                Emak dan Sepotong Roti merupakan salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia rela melakukan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan Dina. Cerpen tersebut dikarangnya saat mengikuti lomba dalam rangka bulan bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional Pusat Balai Bahasa Yogyakarta pada tahun 2007.
              Cerita dalam cerpen ini diawali dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang melanda sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu membuat sebagian warga meninggalkan sungai tersebut. Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering mendatangi sungai itu untuk mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat tahun yang lalu, ia harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung hidupnya dan menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin anaknya bernasib sama sepertinya
            Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang.
Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
            Cerpen karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tersusun sangat runtut, sehingga pembaca lebih mudah memhami isinya. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. Serta, alu ceritanya yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang yang biasanya berisi tentang kisah cinta remaja.
           Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
           Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk remaja Indonesia. Sebab, di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi kita agar semangat menjalani hidup, bersyukur atas segala pemberiaan Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu yang kita inginkan.



(2)  Konsep

a.       Pengertian teks ulasan

b.      Ciri isi teks ulasan

c.       Ciri-ciri penggunaan bahasa teks ulasan

-          Kata sifat sikap

-          Kata bermetafora

-          Kata rujukan

-          Variasi kalimat majemuk

d.      Jenis teks ulasan



Pertemuan Kedua

(1)  Faktual

SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Karya. Agnes Danovar
          Surat Kecil untuk Tuhan merupakan salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang berupa novel. Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama kanker jaringan lunak. Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya sangat menggugah.
           Novel ini menceritakan Keke, seorang gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga yang sangat berada, memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama Chika dan Kiki, orang tua yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan juga Pak Yus, ajudan sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy.

Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis cantik itu pun berubah menjadi "monster" hingga terpaksa harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas seperti sedia kala.
            Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
             Kelebihan dari novel karya Agnes Danovar ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.
            Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
             Tetapi, dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya.  Dalam menghadapi sebuah cobaan seberat apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangkit dan tak menyerah.



(2)  Konsep

a.       Peta konsep teks ulasan kelebihan-kekurangan

b.      Kebahasaan teks ulasan



(3)  Prosedur

a.       Menuliskan kata-kata kunci

b.      Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan teks ulasan



Materi pembelajaran remidial

Disajikan teks ulasan novel “Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Danovar



Materi pembelajaran pengayaan





Pertemuan Ketiga

(1)  Faktual

Judul                       : Marmut Merah Jambu
Pengarang              : Raditya Dika
Tahun terbit          : Juni 2010
Penerbit                 : Bukune
Jumlah halaman   : 222 halaman
Kategori                : Nonfiksi-komedi
            Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
          Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
           Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

(2)  Konsep

a.       Struktur teks ulasan

1.      Judul

2.      Indentitas buku

3.      Orientasi

4.      Sinopsis

5.      Analisis

6.      Evaluasi

b.      Komponen detail bagian pada struktur teks ulasan

c.       Unsur kebahasaan teks ulasan

1.      Kata sifat sikap

2.      Kata bermetafora

3.      Kata rujukan

4.      Variasi kalimat majemuk

d.      Kaidah ejaan bahasa Indonesia.



Pertemuan Keempat

(1)  Faktual

Membaca novel sesusai dengan apa yang dicari oleh peserta didik.

(2)  Konsep

a.       Struktur teks ulasan

1.      Judul

2.      Indentitas buku

3.      Orientasi

4.      Sinopsis

5.      Analisis

6.      Evaluasi

b.      Komponen detail bagian pada struktur teks ulasan

c.       Unsur kebahasaan teks ulasan

1.      Kata sifat sikap

2.      Kata bermetafora

3.      Kata rujukan

4.      Variasi kalimat majemuk

d.      Kaidah ejaan bahasa Indonesia.



(3)  Prosedur

a.       Menyusun kerangka teks ulasan

b.      Menulis teks ulasan berdasarkan judul novel  yang dicari oleh peserta didik.

c.       Menyunting teks ulasan



2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

Menulis teks ulasan berdasarkan judul novel  yang dicari oleh peserta didik.



3.      Materi Pembelajaran Remedial

a.         Kaidah ejaan bahasa Indonesia

b.        Menulis teks ulasan

c.         Menyunting teks ulasan



E.                 Metode Pembelajaran

1.      Inquiry/Discovery

2.      Saintifik     

3.      Problem based learning



F.                 Media dan Bahan

a.       Media

1)      Cuplikan film laskar pelangi

2)      Teks ulasan

3)      Tabel telaah teks

4)      LK pemandu kegiatan

5)      Power point



b.      Bahan

1)      Kertas plano

2)      Lem/double tapes

3)      Gunting, spidol



G.                Sumber Belajar

Buku teks pendamping Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII edisi revisi 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)

Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.



H.                Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)

b.      Guru memotivasi peserta didik dengan bertanya tentang film, novel, cepen, atau  puisi yang pernah dibaca atau dilihat.

c.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengomentari film, cerpen, novel, atau puisi yang pernah dibaca atau dilihat.

d.      Guru menjelaskan secara singkat kepada peserta didik bahwa komentar yang telah mereka ungkapkan merupakan bentuk ulasan/review

e.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh peserta didik. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

f.       Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik melihat cuplikan tayangan film “Laskar Pelangi”. (LITERASI)

b.      Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan film “laskar pelangi”

c.       Peserta didik menanyakan  hal-hal yang belum dimengerti yang berkaitan dengan pertanyaan yang telah dijawab.

d.      Peserta didik mengumpulkan data tentang hal-hal yang ditemukan sesuai dengan jawaban dari pertanyaan.

e.       Guru membentuk kelas menjadi 5-6 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang.

f.       Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teks ulasan cerpen “emak dan sepotong roti”. (4C=COLLABORATIVE) DAN HOTS (TUGAS TINGKAT TINGGI)

g.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)

h.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

i.        Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.

j.        Peserta didik melaksanakan evaluasi tes tertulis. (HOTS)



Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teks ulasan.

b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teks ulasan.

c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.

d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.



Pertemuan Kedua (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang dapat mengingatkan kembali mengenai teks ulasan cerpen “Emak dan Sepotong Roti”.

c.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

d.      Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.

e.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik membaca teks ulasan yang berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan”.

b.      Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan film “Surat Kecil untuk Tuhan”

c.       Peserta didik menayakan  hal-hal yang belum dimengerti tentang kata-kata kunci, peta konsep, dari teks ulasan  yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”.

d.      Peserta didik  mengumpulkan data tentang kata-kata kunci, peta konsep, dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”.

e.       Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang kata-kata kunci dan peta konsep dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”. Guru memberikan bimbingan   khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.

f.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

g.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

h.      Peserta didik menyimak penguatan hasil diskusi  yang disampaikan guru.

i.        Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.



Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.

b.      Guru bersama peserta didik membuat  simpulan mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.

c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan,

d.      serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.

e.       Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.

f.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat peta konsep dari teks ulasan lain.



Pertemuan Ketiga (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang struktur dan kebahasaan teks kebahasan berdasarkan kata kunci yang diberikan oleh guru.

c.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari  teks ulasan novel “Marmut Merah jambu”.

d.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.       Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.

f.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.













Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik membaca teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” yang dibagikan oleh guru.

b.      Peserta didik  dibimbing oleh guru menemukan struktur teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” berdasarkan kata kunci yang diberikan.

c.       Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan.

d.      Peserta didik mengumpulkan data tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan dari novel “Marmut Merah Jambu”.

e.       Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan dari tayangan, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.

f.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

g.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

h.      Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi  yang disampaikan oleh guru.

i.        Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.



Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teks ulasan.

b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri objek, tujuan,  kebahasaan, dan jenis teks ulasan.

c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak lanjut / perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.

d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.

e.       Peserta didik mendapat tugas kelompok  untuk mengulas novel yang ditentukan oleh kelompok  secara tertulis.





Pertemuan Keempat (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

a.       Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.

b.      Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya jawab tentang teks ulasan.

c.       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks ulasan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

d.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

e.       Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.

f.       Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.



Kegiatan Inti (100 menit)

a.       Peserta didik menyusun teks ulasan agar menjadi runtut.

b.      Peserta didik  menulis teks ulasan dari novel yang telah dibaca.

c.       Peserta didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.

d.      Guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks ulasan, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.

e.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

f.       Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.

g.       Guru memberikan penguatan hasil diskusi.

h.      Peserta didik mempublikasikan teks ulasan di mading kelas.



Kegiatan Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.

b.      Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.

c.       Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.

d.      Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.

e.       Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat teks ulasan  secara tertulis.

f.       Guru menutup pembelajaran



I.                   Penilaian

Teknik penilaian

a.       Sikap

-          Observasi (jurnal)

b.      Pengetahuan

-          Tes tertulis

c.       Keterampilan

-          Produk



Instrumen Penilaian

Pertemuan Pertama

-          Instrumen penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : SMP…………………

Kelas/Semester     : VIII/Semester 2

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018

No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









-          Instrumen Penilaian Pengetahuan

KISI-KISI TES TERTULIS

NO
LEVEL KOGNITIF
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

Pengetahuan
























Teks Ulasan
1.1.1     Menentukan ciri objek teks ulasan yang dibaca/didengar.


1.1.2     Menentukan ciri tujuan teks ulasan dibaca/didengar.

1.1.3        Menentukan ciri aspek kebahasaan teks ulasan yang dibaca/didengar.







1.      Menentukan 4 ciri  objek teks ulasan dari novel.

2.      Menentukan 4 ciri tujuan teks ulasan novel.

3.      Menentukan 4 kata umum dan kata khusus dari teks ulasan novel

4.      Menentukan 4 kata sifat sikap dari teks ulasan

5.      Menemukan jenis kalimat majemuk dalam teks ulasan
1



2



3




4



5

























-          Instrumen Soal

Tes tertulis

Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!

Laskar pelangi
        Keterbatasan yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke sekolah itu.
       Dari sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara. Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya.
        Anggota Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa jenius. Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental. Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong.
         Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.
         Nah sekian artikel dari saya mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat yang lainnya. Saya ucapkan terima kasih untuk sobat semua yang sudah berpartisipasi untuk membuat informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog edukasi yang membantu lebih dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia. Karena bantuan sobat semua, membuat blog sederhana ini menjadi salah satu yang terbaik dan akan terus berlanjut.



1.      Tulislah 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan  tersebut!

2.      Tulislah 4 tujuan yang menggambarkan  ciri dari teks ulasan tersebut!

3.      Tulislah 4 kata umum dan kata khusus dalam teks ulasan tersebut!

4.      Tulislah 4 kata sifat  sikap dari teks ulasan tersebut!

5.       Carilah kalimat majemuk yang terdapat pada teks ulasan “laskar pelangi”!



RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

No Soal
Uraian
Skor
1.
a.         Menuliskan 4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan  tersebut!

b.        Menuliskan 3 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar.

c.         Menuliskan 2 objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar.

d.        Menuliskan 1 objek yang terdapat dalam teks ulasan  berjudul “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
2.
a.         Menuliskan 4 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
b.        Menuliskan 3 tujuan yang menggambarkan objek dalam  teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
c.         Menuliskan 2 tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
d.        Menuliskan 1 tujuan yang menggambarkan objek  dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1


JUMLAH SKOR
4
3.
a.         Menuliskan 4 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
b.        Menuliskan 3 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
c.         Menuliskan 2 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
d.        Menuliskan 1 kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4


3


2


1

JUMLAH SKOR
4
4.
e.         Menuliskan 4 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
4


f.         Menuliskan 3 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
g.         Menuliskan 2 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
h.        Menuliskan 1 kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.

3


2


1


JUMLAH SKOR
4
5.
a.       Menuliskan jenis teks ulasan “laskar pelangi” dengan benar.

4

JUMLAH SKOR TOTAL
20





Pedoman Penilaian:

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek




























LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 1)



3.11 Mengidentifikasi informasi pada         teks ulasan tentang kualitas karya         (film, cerpen, puisi, novel, karya         seni daerah) yang dibaca atau         diperdengarkan.

Nama Peserta didik/Kelomok    :      ................................................................

Kelas/Kelompok                       :      ................................................................



Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!

Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
          Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
           Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.



1.      Daftarlah hal yang diulas dari teks ulasan “Marmut Merah Jambu” tersebut!

NO
OBJEK/ HAL YANG DIULAS
1.
Menceritakan kehidupan tokoh pada teks tersebut
2.

3.

4.




Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis



2.      Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari teks ulasan tersebut!

NO
TUJUAN
1.
 Kelebihan novel
2.

3.

4.




Teks deskripsi menggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai).



3.      Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!

NO
KATA UMUM
KATA KHUSUS
1.
Baik
Ramah
2.


3.


4.



Pertemuan Kedua

-          Instrumen penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : SMP…………………

Kelas/Semester     : VII/Semester I

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









-          Instrumen Penilaian Keterampilan

KISI-KISI TES KETERAMPILAN

NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Keterampilan
Teks Ulasan
a.       Menuliskan kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b.      Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan penulisan  teks ulasan
c.       Membuat peta konsep teks ulasan dari kata-kata kunci.
Susunlah teks ulasan berdasarkan kata-kata kunci dari teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu”













RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (judul, identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi



Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek


Pertemuan Ketiga

-          Instrumen penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : SMP…………………

Kelas/Semester     : VII/Semester I

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









-          Instrumen Penilaian Pengetahuan

KISI-KISI TES TERTULIS

NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

Pengetahuan





Teks Deskripsi
1.2.1        Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
1.2.2        Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
1.      Menentukan bagian  struktur teks  deskripsi.
2.      Menentukan ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
1


2




-          Instrumen Soal

Tes tertulis

1.      Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!

Marmut Merah Jambu

           Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
      Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
           Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
             Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

2.      Tentukan bagian  struktur teks  ulasan tesebut!

3.      Tentukan ciri kebahasaan teks ulasan tersebut!



RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN

NO SOAL
URAIAN
SKOR
1.
a.       Menentukan struktur dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b.      Menentukan struktur dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c.       Menentukan struktur dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
3

2


1
2.
a.       Menuliskan 4 ciri kebahasaan dalam teks ulasan  Marmut Merah Jambu dengan tepat.

b.      Menuliskan 3 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c.       Menuliskan 2 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.

d.      Menuliskan 1 ciri kebahasaan dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
4


3


2


1

Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek








































































LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 3)



Nama Peserta didik/Kelomok    :      ................................................................

Kelas/Kelompok                       :      ................................................................



Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!



Marmut Merah Jambu

           Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi oleh Raditya DikaFrandaKamga MoTio PakusadewoDewi Irawan dan Bucek Depp. Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
      Marmut Merah Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
           Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
             Kelebihan film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan baik.
           Akan tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap memberikan hal yang bagus dan menarik.

       

Struktur teks ulasan di atas!

NO
STRUKTUR
TEKS
1.


2.


3.


4.       








1.      Ciri Kebahasaan teks ulasan!

NO
STRUKTUR
KATA/KALIMAT
1.
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)

2.

Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.

3.

Kata Berimbuhan pada Teks ulasan

4.
Menggunakan  kata bersinonim
















Pertemuan Keempat

-          Instrumen penilaian sikap

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP



Nama Sekolah      : SMP …………………

Kelas/Semester     : VIII/Semester 2

Tahun pelajaran    : 2017/ 2018



No
Waktu
Nama Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd
Tindak Lanjut
1






2






3









-          Instrumen Penilaian Keterampilan

KISI-KISI TES KETERAMPILAN

NO
LEVEL
LINGKUP MATERI
INDIKATOR
PETUNJUK KERJA
NO SOAL

 Keterampilan
Teks ulasan
4.2.1      Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan
1.      Buatlah  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan

4.2.2       Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks ulasan novel
4.2.3        Mengomunikasikan  hasil novel yang telah diulas
2.      buatlah teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks ulasan novel
















RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN

ASPEK
SKOR
4
3
2
1
Kelengkapan struktur (judul, identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
-
Tiga unsur struktur terpenuhi
Tiga unsur struktur terpenuhi
Hanya satu unsur terpenuhi
Ketepatan isi pada setiap struktur
Semua gambaran umum objek, gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
Terdapat satu bagian gambaran umum dan  rincian objeknya tidak tepat.
Terdapat dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
Semua bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
Ketepatan penggunaan bahasa
Penggunaan kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
Terdapat satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Terdapat tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
Kreativitas penggunaan bahasa
Terdapat empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
Terdapat satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi



Pedoman Penilaian

Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek






LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKPD 4)



Nama Peserta didik/Kelomok    :      ................................................................

Kelas/Kelompok                       :      ................................................................



Membuat  kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.



NO.
HAL
HASIL
1.


Kerangka teks sesuai dengan struktur  teks ulasan

2.




Menulis teks ulasan dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.






Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,




………………………………
NIP …………………………
………………….,    Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,




………………………………..
NIP …………………………..




0 komentar:

Post a Comment