RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-8
Satuan Pendidikan
|
: SMP N 1
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: VIII/2
|
Materi Pokok
|
: TEKS DRAMA
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x Pertemuan (12
JP)
|
A.
Kompetensi
Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.15
Mengidentifikasi
unsur-unsur drama (tradisional dan modern)
yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
|
3.15.1
Memperhatikan
contoh
model teks drama
3.15.2
Merumuskanpengertian/karakteristik
drama.
|
4.15
Menginterprestasi
drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
|
4.15.1
Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi teks drama
4.15.2
Mengidentifikasi
isi teks drama
4.15.3
Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan tulis isi teks drama yang ditonton
|
3.16
Menelaah
karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk
naskah atau pentas.
|
3.16.1
Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
3.16.2
Mendiskusikan
cara menulis teks drama dan penyajiannya
|
4.16
Menyajikan
drama dalam bentuk pentas atau naskah
|
4.16.1
Menulis
teks drama
4.16.2
Mementaskan
drama secara berkelompok
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
memperhatikan suatu model teks
drama,
peserta didik dapat :
a.
Mengidentifikasi pengertian, karakteristik teks drama yang dibaca dan
ditonton/didengar
b.
Merumuskan karakteristik teks
drama yang dibaca dan ditonton/didengar
Fokus
nilai-nilai sikap
-
Ketelitian
-
Peduli
Pertemuan Kedua
Setelah
memperhatikan teks drama,
peserta didik dapat :
a.
Mendiskusikan unsur-unsur dan isi teks drama
b.
Menanggapi dan melaporkan secara lisan
dan atau tulis isi drama yang ditonton
Fokus
nilai-nilai sikap
-
Ketelitian
-
Peduli
Pertemuan Ketiga
Setelah
memperhatikan teks drama,
peserta didik dapat:
a. Mendiskusikan karakteristik unsur drama
dan kaidah kebahasaan teks drama
b. Mendiskusikan cara menulis teks drama
dan penyajiannya
Fokus
nilai-nilai sikap
-
Peduli
Pertemuan Keempat
Setelah
mempelajari teks drama,
peserta didik dapat :
a.
Menulis teks drama
b.
Mementaskan drama secara
berkelompok
Fokus
nilai-nilai sikap
-
Peduli
-
Jujur
-
Tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Materi
Pembelajaran Reguler
(1)
Faktual
Pengertian/karakteristik
teks drama
Contohteks drama
Arloji
Karya P.Hariyanto
Para Pelaku
Jidul : Anak laki-laki
berumur 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah
tangga berumur sekitar 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah
berumur sekitar 42 tahun
Tritis : Gadis berusia
18 tahun
Kisah ini
terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang terdapat berbagai
perlengkapan yang lazim di ruang tamu tetapi yang terpenting ialah seperangkat
meja dan kursi tamu kira kira pukul 09.00 drama ini terjadi.
Dengan penuh
keriangan si jidul membersihkan meja dan kursi-kursi. Kepalanya
melenggut-lenggut pinggangnya bergerak-gerak seirama dengan musik dangdut yang
terdengar meriah. Jidul tekejut ketika musik mendadak berhenti.
Pak Pikun :
(muncul, langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo!
Mana!
Jidul : (ber-ah-uh, sambil memberikan isyarat yang
menyatakan ketidakmengertiannya)
Pak Pikun : Dasar
pencuri! Belum sampai sebulan di sini kamu sudah kambuh lagi, ya? Dasar nggak
tau diri! Ayo, kembalikan kepadaku! Mana, heh?
Jidul : (meringkuk diam)
Pak Pikun : (semakin keras suaranya) Jidul! Kamu mau
kembalikan apa tidak? Mau insaf apa tidak? Apa mau kupanggilkan orang-orang
sekampung untuk menggerebekmu? Ayo, mana?
Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada
apa, Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?
Pak Pikun : Anak ini memang tidak pantas dikasihani, Bu.
Dia mencuri lagi, Bu!
Ibu : Mencuri? (tertegun) Kamu mencuri,
Jidul?
Jidul : (ber-ah-uh sambil
menggoyang-goyangkan kepala dan tangannya)
Pak Pikun : Mungkir, ya? Padahal jelas, Bu! Tadi saya mandi.
Setelah itu, alroji saya tertinggal di kamar mandi. Lalu, dia masuk entah
mengapa. Lalu, tidak ada lagi alroji saya, Bu.
Ibu : O, arloji Pak Pikun hilang,
begitu?
Pak Pikun : Bukan hilang, Bu! Jelas dicurinya! Ayo,
ngaku saja! Kamu ngaku saja, Jidul!
Jidul : (ber-ah-uh mencoba menjelaskan
ketidaktahuannya)
Pak Pikun : Masih mungkir?
Ibu : Sabar, Pak Pikun! Sabar!
Pak Pikun : Maaf, Bu. Ini biar saya urus sendiri!
(menarik Jidul) Sini!
Si Jidul : (meloncat, lari keluar dikejar oleh Pak
Pikun)
Ibu : Sabar dulu, Pak Pikun! Diperiksa
dulu! (mendesah sendiri) Ya, ampun! Orang sudah tua kok gegabah, tidak sabaran
begitu.
Tritis : (muncul membawa buku dan alat
tulis) Uh, pagi-pagi sudah mencuri! Mengganggu orang belajar saja!
......................................................................................................................................
(2) Konsep
Pengertian
teks drama
Struktur teks drama
Unsur-unsur teks drama
Ciri-ciri teks drama
Penjelasan isi dari teks drama
(3) Prosedur
Bagian-bagian
struktur teks drama
Pengertian/karakteristik
teks drama
Unsur-unsur
teks drama
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Menyimpulkan
isi teks drama
b. Menulis teks drama
3. Materi
Pembelajaran Remidial
a. Pengertian
teks drama
b. Unsur-unsur teks drama
c. Penjelasan isi teks drama
d. Struktur teks drama
e. Menulis teks drama
Pertemuan Kedua
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
b.
Mengidentifikasi isi drama
c.
Menanggapi dan melaporkan secara lisan
dan atau tulis isi drama yang ditonton
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Menginterpretasi teks drama
b. Menulis teks drama
3.
Materi
Pembelajaran Remidial
a. Cara
menginterpretasi teks drama
b. Cara
memahami isi teks drama yang
ditonton
Pertemuan Ketiga
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a. Karakteristik
teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya.
b. Ciri
teks drama
c.
Unsur-unsur teks drama
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Menyimpulkan
struktur teks drama
3.
Materi
Pembelajaran Remidial
a. Menyimpulkan
struktur teks drama
b. Struktur, ciri, unsur teks drama
Pertemuan keempat
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a. Menulis teks drama
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Menulis teks drama
3.
Materi
Pembelajaran Remidial
a. Menulis teks drama
E.
Metode
Pembelajaran
1. Paedagogik
Genre
2. Saintifik
F.
Media
dan Bahan Pembelajaran
a. Media
1) Tayangan
contoh drama tradisional/modern
b. Bahan
1) kertas
manila
2) kertas
plano
G.
Sumber
Belajar
Kemdikbud. 2015. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta:
Kemdikbud,
Harsiati, Titik.dkk. 2016. Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP.
Kemdikbud : Jakarta
Kosasih.E. 2009.Mantap Bersastra
Indonesia untuk SMP. Irama Widya : Bandung.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran (PPK)
b. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
c. Guru
menanyakan pemahaman materi sebelumnya.
d. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
e.
Membentuk
kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan Peserta didik yang pandai menjadi
kelompok dan yang lainnya menjadi anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik memperhatikan model teks drama
(LITERASI)
b. Peserta didik menanyakan hal-hal
yang belum diketahui dari contoh
model teks drama
c. Peserta didik mengumpulkan informasi tentang teks drama dari
buku teks Peserta didik.
d. Peserta didik berdiskusi tentang teks drama dengan menggunakan
lembar kerja dari guru.(4C=COLLABORATIVE)
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan berbagai informasi tentang teks drama (4C=COMMUNICATIVE)
g. Melaksanakan
tes tertulis (HOTS)
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Guru
memberikan reviu hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan
guru.
d. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Kedua (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b. Guru
mengecek kehadiran .
c. Guru
bertanya jawab dengan Peserta didik tentang materi sebelumnya.
d. Guru
menyampaikan cakupan materi, yaitu fungsi sosial, struktur, unsur-unsur kebahasaan
dalam teks, dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu kegiatan pembelajaran yang
meliputi pencermatan model, kerja kelompok/ berpasangan, dan kerja individual.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan serta teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu observasi dan
tes tulis.
f. Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan
Peserta didik yang pandai menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota
Kegiatan Inti (100
Menit)
a. Peserta
didik berkelompok membaca pemahaman isi teks drama
b. Peserta
didik membuat pertanyaan tentang hal yang dideskripsikan tentang isi teks drama
c. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka susun dari buku teks.
d. Peserta didik berdiskusi tentang isi teks drama
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik membuat kesimpulan
tentang isi teks drama
g. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya tentang teks
drama
h. Peserta
didik mengumpulkan hasil kerja kelompok untuk diberi penilaian
Kegiatan Penutup (10
Menit)
a. Guru
memberikan reviu hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
d. Guru
memberikan tugas secara mandiri untuk membuat kesimpulan tentang teks drama
e. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Ketiga (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b. Guru
mengecek kehadiran peserta didik
c. Guru
menanyakan pemahaman materi sebelumnya..
d. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang
akan dicapai.
e. Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik secara
heterogen.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta didik mengamati struktur, isi, ciridan struktur dari contoh teks drama
b. Peserta didik menanyakan hal-hal
yang belum diketahui tentang struktur teks drama
c. Peserta didik mengumpulkan informasi tentang struktur teks drama dari buku teks Peserta
didik.
d. Peserta didik berdiskusi tentang struktur, isi, dan ciri dari contoh teks drama dengan
menggunakan lembar kerja dari guru.
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
struktur, isi, dan ciri teks
drama
g. Melaksanakan
tes tertulis
Kegiatan Penutup (10
menit)
a. Guru
memberikan reviu hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan
guru.
d. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan Keempat (3JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
a. Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa untuk mengawali pembelajaran
b. Guru
mengecek kehadiran .
c. Guru
bertanya jawab dengan Peserta didik tentang materi sebelumnya.
d. Guru
menyampaikan cakupan materi, yaitu menyusun, memvariasikan dan
mendemonstrasikan teks drama
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaian keterampilan serta teknik
penilaian yang akan digunakan, yaitu praktik dan produk.
f. Membentuk kelompok antara 4-5 Peserta didik, dengan
Peserta didik yang pandai menjadi kelompok dan yang lainnya menjadi anggota
Kegiatan Inti (100
Menit)
a. Peserta
didik berkelompok mengamati contoh
teks drama yang disediakan.
b. Peserta
didik membuat pertanyaan tentang susunan struktur, isi dan ciri dari contoh teks drama
yang disediakan.
c. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan dari contoh yang tersedia dari buku teks.
d. Peserta didik berdiskusi untuk menyusun teks drama yang disediakandengan
memperhatikan susunan struktur, isi
dan ciri teks drama.
e.
Guru
membimbing peserta didik
yang mengalami kesulitan.
f. Peserta didik mementaskan hasil diskusi tentang teks drama yang telah dibuat.
Kegiatan Penutup (10
Menit)
a. Guru
memberikan reviu hasil pembelajaran
b. Guru
memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran.
c. Guru
dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
d. Guru
memberikan tugas secara mandiri untuk menyusun teks drama yang disediakan) dengan
memperhatikan susunan struktur, isi,
ciri dan unsur teks drama.
e. Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
I.
Penilaian
Teknik Penilaian
a. Sikap
(Observasi/jurnal)
b. Pengetahuan
-
Tes tertulis
c. Keterampilan
-
Produk
-
Praktik
Pertemuan Pertama dan
Pertemuan Ketiga (6 JP)
-
Instrumen
Penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP N 1
Kelas/Semester : VIII/Semester II
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
-
Instrumen Penilaian Pengetahuan
(Per. 1 Dan Per. 3)
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
KOPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
3.15
Mengidentifikasi
unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk
pentas atau naskah.
|
Pengertian/karakteris
-tik teks drama.
Unsur-unsur
teks drama.
Penjelasan
isi drama.
|
3.15.1
Memperhatikan
suatu model teks drama
3.15.2
Merumuskan
pengertian/karakteristik drama.
3.15.3
Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi drama
|
1.
Disajikan sebuah teks drama
2.
Peserta didik menentujkan
ciri-ciri teks drama
3.
Disajikan sebuah model teks drama
4.
Peserta didik menentujkan
ciri-ciri teks drama
5.
Disajikan sebuah teks drama
6.
Peserta didik menentujkan
ciri-ciri teks drama
7.
Peserta didik dapat menyebutkan struktur teks drama
8.
Disajikan sebuah model teks drama.
9.
Peserta didik menentukan unsur teks drama
|
|
3.16
Menelaah karakteristik
unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau
pentas
|
Karakteris-tik
teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya
|
3.16.1
Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
|
Disajikan
sebuah teks Pantun.
Peserta
didik menentukan struktur
a.
Disajikan sebuah model teks drama
Peserta didik
menentukan struktur
a.
Disajikan sebuah teks
drama
b.
Peserta didik
menentukan unsur
yang digunakan
|
-
Soal
Pengetahuan (Pertemuan Pertama)
1. Tuliskan ciri-ciri teks drama!
2. Tuliskanisi teks drama!
3. Tuliskan struktur teks drama!
4. Tuliskan unsur teks drama?
-
Soal
Pengetahuan (Pertemuan ketiga)
1. Tuliskanstruktur teks drama
2. Tuliskan ciri teks drama!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
PERTEMUAN PERTAMA
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
JUMLAH
|
1
|
Dapat
menentukan ciri umum dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 ciri teks drama
b. Skor3
jika dapat menuliskan 3 ciri teks drama
c. Skor2
jika dapat menuliskan 2 ciri teks drama
d. Skor1
jika dapat menuliskan 1 ciri teks drama
|
||
2
|
Dapat
menentukan ciri umum dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 unsur
b. Skor3
jika dapat menuliskan 3 unsur
c. Skor2
jika dapat menuliskan 2 unsur
d. Skor1
jika dapat menuliskan 1 unsur
|
||
3
|
Dapat
menentukan ciri umum dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 ciri teks drama
b. Skor3
jika dapat menuliskan 3 ciri teks drama
c. Skor2
jika dapat menuliskan 2 ciri teks drama
d. Skor1
jika dapat menuliskan 1 ciri teks drama
|
||
4
|
Dapat
menyebutkan struktur, isi, ciri teks drama
a. Skor
5 jika dapat menyebutkan 3 struktur isi ciri
b. Skor
3 jika dapat menyebutkan struktur isi ciri2 struktur
c. Skor
1 jika dapat menyebutkan struktur isi ciri1 struktur
|
||
5
|
Dapat
menyebutkan unsur teks drama
a. Skor
5 jika dapat menyebutkan 3 unsur
b. Skor
3 jika dapat menyebutkan 2 unsur
c. Skor
1 jika dapat menyebutkan 1 unsur
|
||
Skore maksimal = 22
|
Nilai = skor perolehan X 100/ 22
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
PERTEMUAN KETIGA
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
|
JUMLAH
|
|||
1
|
Dapat
menentukan ciri umum dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 pola pengembangan isi teks
b. Sko
3 jika dapat menuliskan 3pola pengembangan isi teks
c. Skor
2 jika dapat menuliskan 2pola pengembangan isi teks
d. Skor
1 jika dapat menuliskan 1pola pengembangan isi teks
|
||
2
|
Dapat
menentukan ciri umum dengan tepat
a. Skor
4 jika dapat menuliskan 4 kata
b. Skor
3 jika dapat menuliskan 3kata
c. Skor
2 jika dapat menuliskan 2kata
d. Skor
1 jika dapat menuliskan1kata
|
||
3
|
a. Skor
3 jika semua lengkap
b. Skor
2 jika kurang lengkap
c. Skor
1 jika tidak lengkap
|
||
4
|
Dapat menyebutkan ciri-ciri
a. Skor
3 jika komentar lengkap
b. Skor
2 jika komentar kurang lengkap
c. Skor
1 jika komentar tidak lengkap
|
||
5
|
Dapat
menyebutkan perbedaan struktur teks drama
a. Skor
5 jika dapat menyebutkan 3 struktur
b. Skor
3 jika dapat menyebutkan 2 struktur
c. Skor
1 jika dapat menyebutkan 1 struktur
|
||
6
|
a. Skor
3 jika lengkap
b. Skor
2 jika kurang lengkap
c. Skor
1 jika tidak lengkap
|
||
SKORE
MAKSIMAL = 22
|
Instrumen Penilaian
Pertemuan Kedua dan
Pertemuan Keempat (6 JP)
-
Instrumen
Penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP N 1
Kelas/Semester : VIII/Semester
II
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
-
Instrumen Penilaian Pengetahuan
(Per. 2 Dan Per. 4)
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
KOPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR KD
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
|
TLS
|
PRTK
|
|||||
1
|
4.15
Menginterprestasi
drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
|
Penjelasan isi drama. Tanggapan atas drama.
|
4.15.1
Mengidentifikasi
isi drama.
4.15.2
Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton
|
1. Disajikan
sebuah model teks drama
2. Peserta
didik dapat membuat kesimpulan
|
√
|
|
2
|
4.16
Menyajikan
drama dalam bentuk pentas atau naskah
|
.Cara
menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
Langkah-langkah
pementas-an drama
|
4.16.1
Menulis
teks drama
4.16.2
Mementaskan
drama secara berkelompok
|
Peserta
didik dapat menulis teks drama
|
√
|
-
Soal
Pengetahuan (Pertemuan Kedua)
1. Disajikan
sebuah teks drama, uraikan
apa isi yang terkandung pada teks dramayang disajikan?
-
Soal
Pengetahuan (Pertemuan Keempat)
1. Tulislah
sebuah teks drama dengan
menggunakan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah.
2. Sajikanlah
sebuah model teks drama
a. Perhatikan
struktur
b. Perhatikan
isi
c. Perhatikan unsur
d. Perhatikan
keindahan.
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
PERTEMUAN KEDUA
NO
|
RINGKASAN
|
SKOR
|
|
JUMLAH
|
|||
1.
|
Ketepatan
a. Skor
5 jika menuliskan semua pokok-pokok
isi teks drama
dengan tepat
b. Skor4
jika terdapat satu pokok isi teks drama yang tidak tepat
c. Skor
3 jika terdapat dua pokok isi teks drama yang tidak tepatSkor2 jika hanya satu pokokteks drama
d. Skor
1 jika tidak tidak dapat menuliskan pokok-pokok isi teks drama dengan tepat
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
PERTEMUAN KEEMPAT
NO
|
RINGKASAN
|
SKOR
|
|
JUMLAH
|
|||
1.
|
Ketepatan
a. Skor
5 jika menuliskan semua pokok-pokok isi teks dengan tepat
b. Skor
4 jika terdapat satu pokok isi teks yang tidak tepat
c. Skor
3 jika terdapat dua pokok isi teks yang tidak tepat
d. Skor
2 jika hanya satu pokokteks
e. Skor
1 jika tidak tidak dapat menuliskan pokok-pokok isi teks dengan tepat
|
||
2.
|
a. Skor
5 jika menyuguhkan 4 aspek
b. Skor
4 jika menyuguhkan 3 aspek
c. Skor
3 jika menyuguhkan 2 aspek
d. Skor
2 jika menyuguhkan 1 aspek
|
||
3.
|
a. Skor
3 jika menyuguhkan 3 aspek
b. Skor
2 jika menyuguhkan 2 aspek
c. Skor
1 jika menyuguhkan 1 aspek
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas : ................................................................
NO
|
TULISKAN CIRI-CIRI TEKS DRAMA
|
1.
|
|
NO
|
URAIKAN ISI YANG TERKANDUNG DALAMTEKS DRAMA
|
1.
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
............................
NIP.
|
…………, Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran,
.............................
NIP.
|
Bagaimana klo disertakan jg versi filenya jg, Pak?
ReplyDeletecukup membantu, terima kasih.
ReplyDeletecukup membantu, terima kasih.
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga
ReplyDeleteterima kasih banyak pak
ReplyDeleteterima kasih juga Bu Afwah Zafid
DeleteTerima kasih Pak. Sangat membantu Alahamdulillah anak saya semakin siap menghadapi Ujian.
ReplyDeleteSY MAU DOWNLOAD RPP INI TAPI BAGAIMANA CARANYA
ReplyDelete