02 October 2017

KEGIATAN HARI PERTAMA SAMPAI KEDUABELAS PLPG (AGENDA KEGIATAN PLPG) TAHUN 2017


Apa sajakah kegiatan selama PLPG Tahun 2017?
Sambil menunggu jadwal masuk UTN, saya mau berbagi pengalaman selama mengikuti PLPG mapel bahasa Inggris di LPTK Uhamka Jakarta

PLPG diadakan selama 11hari di pusdiklat daerah depok, fasilitas lumayan lah, kamar AC, masjid besar, dapat makan 3x sehari plus coffee break 2x.
Hari pertama registrasi dan opening ceremony. Kekurangan administrasi dibawa pada saat registrasi, misalnya A1, foto, SK, Ijazah, surat sehat, dll yang masih kurang (kalau saya hanya kurang A1, karna dari LPMP dokumen sudah lengkap). Laporan akhir pembekalan juga dikumpul saat registrasi, dijilid rapi, berisi ringkasan materi pedagogik dan bidang study, max 60 halaman, formatnya nanti diberikan oleh mentor pada saat pengerjaan laporan 4.
Hari kedua presentasi power point. Ringkasan dari laporan akhir, dipresentasikan selama 10 menit, tanya jawab oleh sesama peserta dan mentor. Karna waktunya singkat, buatlah PPT yg berisi point nya saja, idealnya 12-15 slide. Infocus biasanya disediakan panitia.
Hari ketiga sampai kelima penguatan materi oleh mentor/dosen. Kita serap ilmu sebanyak banyaknya pada saat materi.
Hari keenam sampai kedelapan workshop, kita membuat RPP, nanti mentor² akan mengajarkan cara pembuatan RPP. Siapkan soft copy RPP yang kita ampu sebanyak 2 RPP.
Turuti instruksi mentor, jangan bersikeras dengan pendapat sendiri, biar bagamanapun kita disitu sebagai siswa, ikuti saja instruksi mentor, kalau ada yg sulit, tanyakan atau bisa berdiskusi dengan teman. Siapkan pula media pembelajaran, media tergantung kebutuhan.
Siapkan stamina prima, karna saat ini bisa kerja sampai larut, jangan lupa makan dan istirahat.
Hari kesembilan latihan peer teaching, disini mentor akan mengoreksi performance kita menguasai kelas dan materi. Selain itu ikuti langkah langkah pembelajaran yang sudah kita buat. Siapkan soal evaluasi sesuai indikator yg kita buat.
Hari kesepuluh final peer teaching, siapkan performance kita lebih baik dari kemarin.
Hari kesebelas UTL. Berisi 5 soal uraian panjang mengenai anasis kasus.
Hari keduabelas UTN

Tiap LPTK berbeda kebijakan dalam semua aturan, bisa jadi ditempat bapak ibu dan ada pretest, d itempat kami tidak ada atau yang lainnya.
Jam belajar sampai sebelum maghrib.
Mohon maaf bila ada kesalahan, do our best.
Berusahalah sebaik dan semampu kita.
Hasil yang baik karna proses yang baik.
Fastabiqul khairat
Allah Sang Maha Penentu
Semoga Allah berkenan dengan usaha kita Aamiin
(Sumber Grup Facebook PLPG -Reni Puji Astuti)
Ilustrasi gambar: Kegiatan PLPG-Uhamka Jakarta

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya Pak.. Amiin semoga Allah selalu melindungi kita dan berkenan denga usaha kita.

    ReplyDelete