24 October 2017

JENIS-JENIS TEKS PADA UN 2017/2018 SMA/MA BAHASA INDONESIA


Materi Ujian Nasional tahun 2017/2018 yang tercermin pada kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP merupakan IRISAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013

BACA BEDAH  KISI-KISI UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA

Pada postingan berikut akan dijelaskan pembahasan jenis-jenis teks nonsastra pada UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terdapat pada kurikulum 2006 ("KTSP") dan kurikulum 2013

TEKS NONSASTRA PADA KURIKULUM 2006 ("KTSP")
Teks nonsastra pada kurikulum 2006 meliputi teks deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi yang dapat disingkat DEPAN.
Berikut ini penjelasan singkat pengertian dan contoh teks-teks tersebut.

NO
DEFINISI
JENIS PARAGRAF
1
Karangan yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini,  pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
A.    Deskripsi
2
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat konflik.
B.     Narasi
3
Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
C.     Persuasi
4
Karangan yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
D.    Argumentasi
5
Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya
E.     Eksposisi

NO.
TUJUAN PENULISAN
JENIS KARANGAN
1.
Memberikan penjelasan kepada pembaca
eksposisi
2.
Memberikan gambaran yang jelas tentang suatu keadaan
deskripsi
3.
Menceritakan rangkaian peristiwa dengan tokoh-tokohnya
narasi
4.
Mengemukakan pendapat yang disertai alasan yang kuat
argumentasi
5.
Mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu
persuasi
JENIS KARANGAN

NO
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
JENIS KARANGAN
1
Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh karena itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut.
persuasi
2
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan fishing base.
argumentasi
3
Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna merah
deskripsi
4
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
eksposisi
5
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
narasi
6
Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula jenis buah-buahan.
deskripsi
7
Hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
eksposisi
8
Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam
deskripsi
9
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
narasi
10
Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat.
argumentasi
JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2013 YANG MENJADI MATERI SOAL UN 2017/2018 (BERDASARKAN KISI-KISI UN DARI BSNP) 
Jenis teks pada kurikulum 2013 melipuiti 22 (dua puluh dua ) teks
Berikut ini disajikan lima jenis teks nonsastra dalam kurikulum 2013 yang menjadi bahan / materi UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA
Membandingkan Isi, Penggunaan Bahasa, dan Pola Penyajian Beberapa Jenis Teks Nonsastra (Berita, Eksposisi, Prosedur, Editorial, dan Ulasan/Resensi)
a.      Teks Berita
Teks berita merupakan teks yang berisi berita tentang segala yang terjadi dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Teks berita berisi fakta. 
Teks berita dibuat dengan struktur: orientasi ^ peristiwa ^ sumber berita.
Orientasi
Pembuka tentang hal yang akan diberitakan (semacam abstraksi berita)
Peristiwa
Merupakan tahap inti berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian (tersusun atas paragraf-paragraf)
Sumber Berita
Referensi  dari narasumber di dalam berita.
Contoh:
Orientasi
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4). (Paragraf 1)
Peristiwa
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalanjalan dengan kecepatan tinggi. “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan. (Paragraf 2)
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama. (Paragraf 3)
….
(Paragraf 4 -15)

Sumber Berita
1.      Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
2.      Operator KA Central Japan Railway
3.      Pemerintahan Presiden Barack Obama
4.      Harian bisnis Nikkei

b.      Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat. Teks eksposisi berisi satu sisi argumentasi: sisi yang mendukung atau sisi yang menolak.
Struktur teks eksposisi adalah: pernyataan pendapat (tesis) ^ argumentasi ^ penegasan ulang pendapat.
Contoh:
Pernyataan pendapat (tesis)
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober 2012 lalu.Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang mengkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Charteredvyang mengatakan bahwa ekonomi  Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (Paragraf 1)
Argumentasi
Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi. (Paragraf 2)
Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia. (Paragraf 3)
….
(Paragraf  4-7)


Penegasan ulang pendapat
Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dan dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.
(Paragraf 8)
c.       Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik. Teks prosedur yang langkahnya dapat dibalik-balik disebut teks protokol.
Struktur teks prosedur kompleks adalah: tujuan yang akan dicapai ^ langkah-langkah.
Contoh:
Tujuan yang akan dicapai
Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memerhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. (Paragraf 1)

Langkah-langkah
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)! (Paragraf 2)

…. 
(Paragraf 3-5)
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti


 pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim. (Paragraf 6)

 d.      Teks Editorial
Teks editorial adalah teks pada koran atau majalah yang merupakan ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang mewakili koran atau majalah tersebut. Editorial juga disebut tajuk rencana.
Teks editorial atau tajuk rencana disusun dengan struktur: pernyataan pendapat (thesis statement) ^ argumentasi (arguments) ^ pernyataan ulang pendapat (reiteration).
Contoh:
Pernyataan pendapat
Menjual Sembari Menjaga Nirwana
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah. (Paragraf 1)
Argumentasi
Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, daerah bias mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. (Paragraf 2)

Di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. … (Paragraf  3-9)
Pernyataan ulang pendapat
Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab merayakannya. (Paragraf 10)

e.       Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Teks ulasan dibuat agar orang lain dapat memahami hasil penafsiran dan evaluasi yang dilakukan.
Struktur teks ulasan adalah: orientasi ^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman.
Orientasi
Gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya sastra dapat berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.
Tafsiran isi
Pandangan pengulas tentang karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas.
Evaluasi
Penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Berisi gambaran secara terperinci suatu karya atau suatu benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut.
Rangkuman
Ulasan akhir berupa simpulan karya tersebut.
ISI DAN POLA PENYAJIAN BERBAGAI TEKS
Jenis Teks
Tujuan
Struktur
1.      Berita
Menyampaikan suatu informasi/berita
·   orientasi 
·   peristiwa
·   sumber berita.
2.      eksposisi
Memaparkan informasi yang dilengkapi gagasan atau usulan berdasarkan sudut pandang tertentu
·   pernyataan pendapat (tesis)
·   argumentasi 
·   penegasan ulang pendapat.
3.      prosedur
Memaparkan cara melakukan sesuatu dengan baik dan benar
·   tujuan yang akan dicapai
·   langkah-langkah.
4.      editorial
Mengemukakan pendapat atau pandangan suatu media tentang suatu fenomena sosial
·   pernyataan pendapat (thesis statement)
·   argumentasi (arguments) 
·   pernyataan ulang pendapat (reiteration).
5.      Ulasan/resensi
Mengevaluasi/menilai daya tarik suatu karya
·   Orientasi
·   tafsiran isi
·   evaluasi
rangkuman.
BACA JUGA SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/207 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI

1 comment:

  1. Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO

    * Bonus New Depo 10 rb
    * Bonus TO 0.5%
    * Bonus Reff 20%
    * Discount Togel
    4D : 66 % |X3000
    3D : 59 % |X400
    2D : 29 % |X70

    * HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN

    PROMO JP NOMOR HP :
    4D NO HP : 3000.000
    3D NO HP : 500.000
    2D NO HP : 100.000

    LINK DAFTAR Togel : WW W. REJEKIKITA .COM
    LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO

    Info Lanjut :
    WA:+62 853-1157-2784
    BBM:E35CCA80


    ReplyDelete