RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 4 X 45 ( 2 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI-1
(Sikap Religius) dan KI-2 (Sikap Sosial)
|
|
Memiliki sikap
jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi
permasalahan, sehingga dapat menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang
Maha Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
KI-3
(Pengetahuan)
|
KI-4
(Keterampilan)
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.10
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis
|
3.10.1
Mengevaluasi ciri teks negosiasi
3.10.2
Mengevaluasi cara menyampaikan
pengajuan penawaran.
3.10.3
Mengevaluasi syarat
tercapainya persetujuan (kesepakatan)
|
4.10
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi dalam lisan/tulis
|
4.10.1
Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi
tulis dengan memperhatikan ciri, cara, syarat tecapainya persetujuan
4.10.2
Menyampaikan pengajuan, penawaran , , persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiri dan problem basd learning dengan pendekatan saintifik, peserta
didik dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaikan
pengajuan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan
menyampaikan faktor penentu
keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan dan penawaran dalam
negosiasi lisan/tulis dengan
rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan
bersikap jujur, percaya diri , berani serta
pantang menyerah.
D.
Materi Pembelajaran
1. Faktual :
1.
Contoh
teks negosiasi di pasar
2.
Contoh teks negosiasi di rumah
3.
Contoh teks negosiasi di sekolah
2.
Konseptual : 1. Pemahaman ciri-ciri
teks negosiasi
` 2. Pemahaman cara menyampaikan
pengajuan penawaran
3.
Pemahaman
syarat tercapainya persetujuan
4.
Pemahaman faktor
penentu keberhasilan negosiasi.
5.
Pemahaman pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan/tulis
6.
Prosedural : Langkah-langkah menyampaikan pengajuan, penawaran dan persetujuah dalam negoisasi tulis maupun lisan
1.
Memahami
ciri-ciri teks negosiasi
2.
Memahami cara
menyampaikkan pengajuan penawaran
3.
Memahami syarat tercapainya persetujuan
4.
Memahami faktor penetu keberhasilan negosiasi
5.
Memahami
alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi
6.
Menyampaikan pengajuan, penawaran, pengajuan negosiasi
tulis/lisan
7.
Metakognitif : Menyimpulkan relevansi atas kemanfaatan pemahaman teks
negosiasi dengan kehidupan sehari-hari
E.
Pendekatan/ Metode/ Model
1. Pendekatan : Saintific Learning
2. Metode : Diskusi
3.
Model :
1. Inquiri Learning
2. Problem based learning
F.
Media/ Alat dan Bahan
1.
Media/
Alat : Laptop, LCD Projektor
2. Bahan : Teks Negosiasi, video
negosiasi
G.
Sumber Belajar
1. Buku
Teks Kurikulum 2013 (Pusat Perbukuan Nasional)
2.
Komposisi, Gorys Keraf
3. Internet
H.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
Tahap Pembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespon salam dari guru sebagai tanda
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari
guru berkaitan dengan materi
pembelajaran sebelumnya tentang teks negosiasi (tanya jawab).
3.
Peserta didik mendiskusikan informasi
dengan proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya
tentang ciri, cara menyampaikan pengajuan, syarat tecapainya negosiasi, faktor penentu
keberhasilan negosiasi dan alasan yang tepat dalam negosiasi
4.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan
pembelajaran dan kegiatan yang harus dilakukan peserta didik melalui tayangan
LCD projektor
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Simulasi
dan Identifikasi Masalah
5. Peserta didik menyimak tayangan
video negosiasi (LITERASI)
6. Peserta didik mencermati teks
negosiasi antara penjual dan pembeli
|
70 menit
|
Mengumpulkan
Informasi
7. Peserta didik menemukan dan mencatat ciri-ciri
teks negosiasi
8. Peserta didik menemukan dan
mencatat cara menyampaikan
pengajuan penawaran
9. Peserta didik menemukan dan
mencatat syarat tercapainya
negosiasi
|
||
Mengolah
Informasi
10. Peserta didik merumuskan ciri-ciri
teks negosiasi
11. Peserta didik merumuskan cara
menyampaikan pengajuan penawaran
12. Peserta didik merumuskan syarat
tercapainya negosiasi dalam kelompok
|
||
|
Verifikasi
Hasil
13. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi tentang ciri teks negosiasi, cara menyampaikan pengajuan
penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi (4C=COMMUNICATION)
14. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi tentang ciri teks negosiasi, cara menyampaikan pengajuan
penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi melalui tayangan LCD Projektor
|
|
15. Peserta dari kelompok lain menyampaikan
tanggapan
|
|
|
Generalisasi
16. Peserta didik membuat simpulan hasil
diskusi tentang ciri teks negosiasi, cara menyampaikan pengajuan
penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi
|
||
Kegiatan Penutup
|
17. Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang ciri teks negosiasi, cara
menyampaikan pengajuan penawaran, dan syarat tercapainya negosiasi
18. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi tentamg proses
pembelajaran yang sudah dilakukan
19.
Peserta didik menerima penjelasan
tentang tugas menyusun teks resensi fiksi dan nonfiksi. (HOTS)
|
10 menit
|
2. Pertemuan ke-2
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespon salam dari guru
sebagai tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima informasi secara proaktif tentang hal-hal yang akan dipelajari dan
dikuasai khususnya tentang penyampaian pegajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan/tulis
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Stimulation
1)
Peserta didik
membagi dalam kelompok-kelompok (4-4 orang)
2)
Peserta didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan pada
bagian sebelumnya
|
70
menit
|
Problem statement
3)
Peserta didik
menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi
teks-teks negosiasi yang dibaca
4)
Peserta didik menganalisis alasan-alasan yang tepat untuk melakukan
pengajuan dan penawaran dalam negosiasi dalam teks negosiasi yang dibaca
|
||
Data collection
5)
Peserta didik mendiskusikan ciri
teks negosiasi
6)
Peserta didik mendiskusikan
cara penyampaian teks negosiasi
7)
Peserta
didik mendiskusikan sarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam
negosiasi tulis/lisan
|
||
Data processing
8)
Peserta didik
menyimpulkan ciri teks negosiasi
9)
Peserta didik menyimpulkan cara penyampaian teks
negosiasi
10)
Peserta didik menyimpulkan syarat tercapainya pengauan, penawaran, persetujuan
dalam negosiasi tulis/lisan
|
||
Verification
11)
Peserta didik membuat pengajuan, penawaran, persetujuan
dalam negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi
12)
Peserta didik lain menanggapi tampilan
teks negosiasi yang disampaikan secara lisan
|
||
Kegiatan Penutup
|
13.
Guru
bersama murid menyimpulkan hasil diskusi dalam menyampaikan
pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis
14.
Peserta
didik menyimpulkan
manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dalam negosiasi lisan/tulis
dalam kaitannya
dengan kegunaan sehari-hari.
15. Peserta didik bersama guru melakukan
refleksi tentamg proses pembelajaran yang sudah dilakukan
16. Peserta
didik menyimak penjelasan guru atas rencana pembelajaran yang pertemuan
berikut.
17. Peserta didik menjawab salam penutup
pelajaran dari guru
|
10
menit
|
1.
Penilaian
- Penilaian Sikap
a.
Teknik penilaian : Observasi : sikap religiius
dan sikap sosial
b.
Bentuk penilaian : lembar pengamatan
c.
Instrumen penilaian : jurnal (terlampir)
2.
Pengetahuan
Jenis/Teknik tes : tertulis dan lisan
Bentuk tes : uraian
a. Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)
- Keterampilan
a. Teknik/Bentuk
Penilaian : Praktik/Performence
b. Bentuk : Praktik
c. Instrumen
Penilaian : (terlampir)
Mengetahui,
………………
Kepala
Sekolah Guru Mapel,
……………………… …………………………
Lampiran 1
Materi
Pembelajaran
1. Faktual
Teks 1Teks negosiasi di pasar
Penjual
dan Pembeli
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu.Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho,
Bu. Ini bukan karbi-tan. Masak pohon.”
Pembeli :“Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang
kan? Kan lagi musim,
Bang. Dua puluh ribu
saja ya?”
Penjual :“Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan
ribu, ya, Bu. Biar saya
dapat untung, Bu.”
Pembeli :“Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri,
kan Bang?”
Penjual :“Asal jangan pilih yang besar-besar,
Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli :“Iya, Bang. Yang penting saya dapat
mangga yang bagus dan ti-
dak busuk.”
Penjual :“Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk
boleh ditukarkan.”
Pembeli :“Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual
mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang
dibelinya.
Teks 2 Teks negosiasi di sekolah
HP Baru
Perihal HP barunya itu, sesungguhnya sudah lama
Rani menginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya,
Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha RanigagalMinggu lalu,
Rani benar-benar berusaha meyakinkan Ayahnya betapa ia sangat
membutuhkan HP.
“Yah ... Rani benar-benar
perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani
pada Ayahnya. “Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan sudah ada
2.
telepon rumah,” kata Ayah
sambil meletakkan koran ke atas meja.
“Tapi, Yah ... semua teman
Rani punya HP. Mereka dapat dengan
mudah menelpon orang tuanya saat terpaksa pulang telat.”
“Lha kalau begitu kamu
jangan pulang telat,” kata Ayah lagi. Rani hampir saja menangis.
3.
“Tak hanya itu, Yah ...
Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi
pembelajaran, ngirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas
tanpa harus keluar rumah,” kata Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas.
Kalimat yang sudah beberapa hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
4.
Mendengar penjelasan Rani,
Ayah melepas kaca matanya dan menatap Rani dengan lembut. “Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
5.
Rani hampir saja melonjak
kegirangan mendengar reaksi Ayahnya.
“Iya Yah. Apalagi guru-guru
sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat
mengakses internet melalui HP.”
6.
“Hm ... Ayah akan
membelikan HP untuk Rani, asal ....”
Ayah seakan sengaja menggoda Rani. “Asal apa Yah?” tanya Rani tak sabar.
“Asal Rani rajin belajar
dan berjanji akan menggunakan HP itu
untuk hal-hal yang positif.”
“Rani janji, Yah. Makasih
ya Ayah,” janji Rani sambil memeluk Ayahnya.
Teks 3 Teks
negosiasi di sekolah
Terima Kasih Bu Mia
Kamis pagi
usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepatwaktu. Tak
seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian.Penyebabnya,
mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.
Sebenarnya
hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang nafasnya
masih memburu dan keringatnya
bercucuran, mengajukan usul pada Dani. “Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan
dong. Capek nih,” kata Ali.
“Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh
bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.
7.
“Baiklah, aku akan mencoba
merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia. “Beres. Kamu kan ketua kelas.”
8.
Dengan santun, Lia
menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga
siap mengikuti pelajaran.
9.
“Maaf, Bu. Boleh Lia
berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk. “Iya. Ada apa?”
10.
“Begini, Bu, saya mewakili
teman-teman, Lia minta maaf kaena teman-teman belum selesai ganti baju. “
11.
“Biasanya kan tidak
terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.
“Iya, Bu. Sekali lagi
maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi
stadion 2 kali.”
“Oh ... kenapa tidak bilang
tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia
dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.
12.
“Belum sempat, Bu. Kami
takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami
minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami
segar.”
“Ya sudah, kalian istirahat
15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu
Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
“Makasih, Bu,” kata Lia.
“Eit ... tapi ingat. Kalian
harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi
tepat pukul 09.00 WIB.”
13.
“Iya, Bu. Makasih.
Teman-teman Lia yang sejak
tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar
keputusan Bu Mia.
Materi
Konseptual
Negosiasi ialah proses tawar-menawar
dengan jalan berunding guna mencapaikesepakatan bersama antara satu pihak
(kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi lain).
Tujuan negosiasi ialah mengatasi atau
menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat
dipaksakan), mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak untuk
melakukan transaksi, atau menyelesaikan sengketa atau perselisihan pendapat.
1.
Ciri teks negosiasi
a.
partisipan,
b.
perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak,
c.
ada pengajuan dan penawaran, dan
d.
persetujuan atau kesepakatan.
2.
Cara menyampaikan pengajuan penawaran
a.
bersikap sopan,
b.
tidak menekan pihak lain,
c.
saling menguntungkan, serta
d.
disertai dengan alasan.
3.
Syarat tercapainya pesertujuan
a.
Dilakukan dengan santun
b.
Tidak ada tekanan atau paksaan
c.
Saling menguntungkan
d.
Kesepakatan bersifat praktis
4.
Faktor penentu keberhasilan
negosiasi
Sebuah
permasalahan akan dengan mudah terselesaikan jika masing-masing pihak
memberikan penawaran yang menjadi solusi terbaik dalam sebuah perundingan.
Ada
beberapa faktor yang menentukan keberhasilan sebuah negosiasi antara lain
a. Kesediaan untuk berkompromi dengan pihak
lain.
b. Tidak ada pihak yang dirugikan.
c. Kesepakatan yang dicapai bersifat
praktis, dapat dilakukan.
d. Alasan yang disertakan mampu memengaruhi
pihak lain.
Faktor-faktor
tersebut dapat muncul semua dalam proses negosiasi atau hanya muncul beberapa
saja.
5.
Alasan
yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan
Negosiasi
baru terjadi ketika terjadi kesepakatan. Untuk mencapai kesepakatan tersebut,
partisipan harus menyertakan alasan yang mendukung pengajuan atau penawarannya.
Masing-masing pihak harus mampu meyakinkan pihak lainnya bahwa pengajuan atau
penawaran yang diajukan dapat atau bahkan harus diterima.
Kamu
sekarang akan mempelajari alasan-alasan yang digunakan untuk meyakinkan pihak
lain dalam bernegosiasi.
Materi Prosedural
1. Membaca
beberapa teks negosiasi hasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi
2.
Memahami tujuan negosiasi sehingga dapat menentukan
cara yang tepat agar perbedaan-perbedaan dapat
terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak, baik pihak yang
menyampaikan pengajuan maupun penawaran
3.
Membaca
teks negosiasi kemudian menjelaskan sayarat tercapainya persetujuan
(kesepakatan)
4.
Membuat
teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi
5.
Mempresentasikan teks negosiasi yang telah
dibuat
Materi
Metakognitif
Relevansi
antara dan manfaat teks negosiasi pada
implementasi kehidupan bermasyarakat.
Lampiran 3
1.
Kisi-kisi Soal
Instrumen Penilaian
Pertemuan 1
a)
Sikap
1) Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
a)
Nama Satuan Pendidikan :
SMA Futuhiyyah Mranggen
b)
Tahun Pelajaran :
2017/2018
c)
Kelas/Semester : X/ Semester
2
d)
MataPelajaran : Bahasa
Indonesia
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Sikap dominanPositif /Negatif
|
|||
Ketaatan beribadah
|
Perilaku
syukur
|
Sikap berdoa
|
Sikap
mengikuti kegiatan keagamaan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : X/
2
Materi Pokok : Teks Negosiasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian Perilaku
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||||
Nasionalisme
|
Integritas
|
Jujur
|
Mandiri
|
Tanggung Jawab
|
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor tiap aspek 1-4
Skor
Maksimal = 20
N = Jumlah Skor X
100 =………
Skor
Maksimal
b)
Penilaian Pengetahuan
b.1 Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilai-an
|
HOTS / LOTS
|
Instrumen
|
No
|
3.10.1 Mengevaluasi ciri teks
negosiasi
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan penawaran
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan)
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
HOTS
HOTS
HOTS
|
Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima
kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri teks negosiasi!
Bacalah teks negosiasi “HP Baru “ dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran
teks negosiasi!
Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima
kasih Bu Mia” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
|
1
2
3
|
b.2
Soal
1.
Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih
Bu Mia” dan rumuskan ciri teks negosiasi!
2.
Bacalah teks negosiasi “HP Baru “ dan “Terima kasih Bu Mia” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi!
3.
Bacalah teks negosiasi “Penjual dan Pembeli” dan “Terima kasih
Bu Mia” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
b.3 Kunci Jawaban dan Skor Penilaian Soal Pengetahuan
No
|
Rambu-rambu Jawaban
|
Skor
|
1
|
Teks 1 dan
teks 2
Karena dalam
kedua teks tersebut terdapat tawar menawar yang akhirnya membuahkan
kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak
Teks 1
Yang
mengajukan =Penjual mangga
yang menawar
= pembeli mangga
Teks 2
Yang
mengajukan =Rani
Yang menawar
= ayah Rani
Ada
partisipan yang mengajukan dan yang menawar
Ada
kesepakan diantara keduanya
Saling
menguntunggkan
|
25
|
2
|
Cara
menyampaikan pengajuan penawaran
a. bersikap sopan,
b. tidak menekan pihak lain,
c. saling menguntungkan, serta
d. disertai dengan alasan.
|
25
|
3
|
Syarat tercapainya
negosiasi
a.
Dilakukan dengan santun
b.
Tidak ada tekanan atau paksaan
c.
Saling menguntungkan
d.
Kesepakatan bersifat praktis
|
25
|
Skor Maksimal
|
75
|
Nilai
= (Skor Perolehan/ Skor Maksimal) x 100
.
c) Penilaian Keterampilan
c.1 Soal Penugasan/ Praktik
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
HOTS
/
HOTS
|
Instrumen
|
No
|
4.10.1Menyusun teks
pengajuan penawaran, persetujuan dalam negosiasi tulis
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam
negosiasi lisan
|
Tes tertulis
Tes lisan
|
Uraian
praktik
|
HOTS
HOTS
|
Buatlah teks negosiasi dg memperhatikan ciri, cara dan
syarat teks negosiasi
Sajikan teks
negosiasi buatanmua di depan kelas!
|
1
2
|
c.2 Soal
1.
Buatlah teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat teks negosiasi!
2.
Sajikan
teks negosiasi buatanmua di depan kelas!
c.3 Lembar Penilaian Presentasi
LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X / …………
Kompetensi : Membuat teks
negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi
No
|
Nama
Siswa
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
|||||
Presentasi
|
Isi
Laporan
|
||||||||
Kelan caran
|
Keba hasaan
|
Keleng kapan
|
Kesesu aian
|
Kelogisan
|
Sistematis
|
||||
1.
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Nilai = Jumlah Skor Diperoleh / Skor Maksima (24) X100
c.4 Lembar Penilaian Paktik
LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X /2
Kompetensi : membuat teks negosiasi
No
|
Nama
|
Ciri teks negosiasi
|
Cara pengajuan
|
Syarat tercapainya pengajuan
|
penampilan
|
Jumlah nilai
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
Nilai
tiap aspek :
Lengkap /baik 5
Kurang lengkap/baik 3
Tidak lengkap/baik
1
Skor Maksimal :
20
Nilai
untuk yang punya blog ini terimakasih sudah share informasinya ....
ReplyDeleteUnduh RPP LENGKAP kelas X, XI, XII semester 2 melalui link Berikut https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/unduh-file-rpp-bahasa-indonesia-sma.html
Delete