Kerjakan soal di
bawah ini! Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering menunjukkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok. Kali ini Pak Dema melakukan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi.
Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada bagian ....
A. Kelenjar eksostrin
B. Hormon testosterone
C. Kelenjar endoktrin
D. Struktur fisik
2. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
A. kognitif interaksional
B. sosial emosional
C. moral spiritual
D. sosial kognitif
A. penalaran prakonvensional
B. penalaran interkonvensional
C. penalaran pascakonvensional
D. penalaran konvensional
B. harmonisasi keluarga
C. daya tarik integrase
D. sifat positif dan kreatif
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
A. mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknya.
B. mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.
C. membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.
D. mengumpulkan berbagai sumber belajar sesuai keinginan guru.
B. penciptaan hubungan yang baik
C. mengemukakan gagasan
D. memformulasikan tindakan
B. wawancara
C. angket
D. sosiometri
B. kemajuan belajar
C. bekal awal
D. capaian belajar
BACA ISTILAH PADA MODUL KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
1. Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering menunjukkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok. Kali ini Pak Dema melakukan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi.
Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada bagian ....
A. Kelenjar eksostrin
B. Hormon testosterone
C. Kelenjar endoktrin
D. Struktur fisik
2. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
3. Seorang anak
yang tidak mampu membangun kerja sama dalam kelompok. Dia cenderung menguasai
forum dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika teman lain
berhasil mengendalikan diskusi, dia lebih memilih bekerja mandiri.
Anak seperti itu
bermasalah dalam hal perkembangan ....A. kognitif interaksional
B. sosial emosional
C. moral spiritual
D. sosial kognitif
4. Seorang anak
yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan
pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif,
menjajaki pilihan-pilihan, lalu membuat keputusan menurut suatu kode moral
pribadi.
Hal ini
merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...A. penalaran prakonvensional
B. penalaran interkonvensional
C. penalaran pascakonvensional
D. penalaran konvensional
5. Salah satu
faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual peserta didik adalah
motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik adalah ....
A. budaya dan
kebiasaanB. harmonisasi keluarga
C. daya tarik integrase
D. sifat positif dan kreatif
6. Seorang
peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan
lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik
tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
7. Seorang guru
berusaha untuk memberikan pembelajaran yang variatif kepada peserta didiknya.
Dia ingin seluruh peserta didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan
yang dimiliki oleh peserta didiknya.
Kegiatan yang
harus dilakukan guru agar terpenuhi harapannya tersebut adalah ...A. mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknya.
B. mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.
C. membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.
D. mengumpulkan berbagai sumber belajar sesuai keinginan guru.
8. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A.
mengaktualisasikan diriB. penciptaan hubungan yang baik
C. mengemukakan gagasan
D. memformulasikan tindakan
9. Cara yang
yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan
belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A.
brainstormingB. wawancara
C. angket
D. sosiometri
10. Status
pengetahuan dan keterampilan peserta didik sekarang untuk menuju ke status yang
akan datang yang diinginkan guru agar tercapai oleh peserta didik merupakan
konsep dasar dari ….
A. proses
belajarB. kemajuan belajar
C. bekal awal
D. capaian belajar
BACA ISTILAH PADA MODUL KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
Sumber
Wibowo, Hari dkk. 2017.
Karakteristik Peserta Didik. Jakarta:
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
nomor 9 yang benar sosiometri
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih atas komentar dan koreksi Anda
DeleteSip Pak Zumri... Soal sangat Bermanfaat bagi semua...InsyaaAllah
ReplyDelete