27 July 2017

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI PRAKONDISI/ PEMBEKALAN AWAL PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2017

Pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta PLPG 2017.
Pembekalan awal PLPG dilaksanakan dengan tujuan agar para guru lebih siap dalam mengikuti PLPG. Di pembekalan awal PLPG, peserta mempelajari 2 sumber belajar yaitu: sumber belajar pedagogik & sumber belajar bidang studi.
Pembekalan awal PLPG dilaksanakan selama 3 bulan, di mana setiap peserta mempunyai kewajiban untuk membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali.
Nilai akhir pembekalan awal PLPG merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% skor presentasi laporan.
Setiap rombel pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta, dan setiap rombel difasilitasi oleh 1 orang mentor.


Untuk bahan ajar guru diwajibkan mengunduh di http://sertifikasiguru.id



Pembekalan awal PLPG dilaksanakan secara daring (online) pada alamat
https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan.
Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: 1) Menu untuk Mentor; 2) Menu untuk Guru; dan 3) Menu untuk Admin ASG LPTK
 
Aktivitas utama peserta prakondisi dalam aplikasi daring prakondisi yaitu berdiskusi dengan mentor dan peserta melalui menu FORUM dan mengunggah laporan melalui menu LAPORAN KEMAJUAN. 
FORUM, adalah sarana diskusi antara mentor dan peserta yang tergabung di suatu kelas.
Setiap peserta harus aktif berdiskusi di dalam forum di bawah bimbingan seorang mentor.
Laporan Kemajuan, Setiap peserta wajib mengumpulkan (mengunggah) 4 laporan hasil dari studi mandiri yang dilaksanakan; 1 laporan untuk materi pedagogik, dan 3 laporan untuk materi bidang studi. Batas pengumpulan laporan ditentukan oleh mentor. Laporan ini harus dinilai oleh mentor sebagai bagian dari penilaian PLPG.
Berikut disajikan PETUNJUK TEKNIS APLIKASI PRAKONDISI/ PEMBEKALAN AWAL PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2017






























































































































0 komentar:

Post a Comment