A. Pengertian Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah proses
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan
dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya
B. Tujuan
Tujuan utama Program Pengembangan Keprofsian
Berkelanjutan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan
dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
C. Teknis Pelaksanaan
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan
berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (komunitas GTK).
D. Moda Pelaksanaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengembangkan Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam 3 (tiga) moda, yaitu (1) Tatap
Muka; (2) Daring Murni (full online learning); dan (3) Daring Kombinasi
(kombinasi daring dan tatap muka (blended learning)).
Klasifikasi moda tersebut
dilaksanakan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
1. Peta kompetensi guru berdasarkan
hasil UKG
2. Jumlah guru yang sangat besar
3. Letak geografis dan distribusi
guru diseluruh Indonesia
4. Ketersediaan koneksi internet
5. Tingkat literasi guru dalam
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
6. Efisiensi biaya dan
fleksibilitas pembelajaran
7. Adanya beberapa unsur mata
pelajaran (misalnya pelajaran vokasi) yang sulit untuk disampaikan secara
daring.
E.
Pentingnya Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Partisipasi peserta dalam Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini sangat penting karena dapat
mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten
pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber belajar dalam berbagai bentuk
dan referensi yang tersedia di sistem PKB, peserta dapat mengikuti pembelajaran
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan materi pembelajaran
yang disajikan.
F. Prinsip
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK harus memenuhi prinsip sebagai
berikut:
1. Rumusan tujuan pembelajaran pada
setiap modul telah jelas, spesifik, teramati, dan terukur untuk mengubah
perilaku pembelajar
2. Konten di modul telah relevan
dengan kebutuhan pembelajar, masyarakat, dunia kerja, atau dunia pendidikan
3. Meningkatkan mutu pendidikan
yang ditandai dengan pembelajaran lebih aktif dan mutu lulusan yang lebih
produktif
4. Efisiensi biaya, tenaga, sumber
dan waktu, serta efektivitas program
5. Pemerataan dan perluasan
kesempatan belajar
6. Pembelajaran yang
berkesinambungan dan terus menerus
Pelaksanaan pembelajaran pada Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Mendorong komunikasi antara
peserta dengan fasilitatorPetunjuk Teknis Komunikasi yang baik dalam lingkungan
belajar adalah praktik yang baik. Hal ini akan mendorong keterlibatan peserta
dan membantu peserta mengatasi
tantangan-tantangan dalam belajar.
2. Mengembangkan kedekatan dan
kerjasama antar peserta Lingkungan belajar dirancang dan dikembangkan guna
mendorong kerjasama dan dukungan timbal balik berbagi ide dan saling menanggapi
antara sesama peserta.
3. Mendukung pembelajaran aktif
Lingkungan belajar mendukung pembelajaran berbasis
proyek, dimana peserta melakukan proses pembelajaran secara aktif, mengakses
materi, berdiskusi dengan sesama peserta dan atau fasilitator. Peserta membahas
apa yang dipelajari, menuliskannya, menghubungkan dengan pengalaman mereka, dan
mengaplikasikannya.
4. Memberikan umpan balik dengan
segera
Kunci terhadap pembelajaran yang efektif adalah
memberikan tanggapan secepatnya kepada peserta, yaitu melalui teks maupun
suara. Agar peserta merasakan manfaat atas kelas yang mereka ikuti dan merasakan
bahwa proses belajar tidak membosankan, peserta memerlukan dua macam umpan
balik: (a) umpan balik atas konten –maupun (b) umpan balik untuk pengakuan
kinerja.
5. Penekanan terhadap waktu
pengerjaan tugas
Walaupun lingkungan belajar memberikan keleluasaan
untuk belajar dengan ritme masing-masing peserta, tetapi membutuhkan batasan waktu
pengerjaan tugas, sehingga peserta diarahkan untuk menggunakan rentang waktu
yang telah di desain dalam system pembelajaran.
6. Mengkomunikasikan ekspektasi
yang tinggi
Harapan dengan standar yang tinggi sangat penting
untuk semua, untuk yang kurang persiapan, untuk yang tidak bersedia mendorong
diri sendiri, dan untuk yang pintar dan memiliki motivasi tinggi. Dalam lingkungan
pembelajaran program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, ekspektasi tinggi
dikomunikasikan melalui tugas yang menantang, contoh-contoh kasus, dan pujian
untuk hasil kerjaberkualitas yang berfungsi untuk mencapai ekspektasi yang
tinggi tersebut.
7. Menghargai berbagai macam bakat
dan metode pembelajaran
Dalam pembelajaran Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan, hal ini dapat diartikan dengan memberikan media belajar yang
beragam, memilih topik tertentu untuk proyek maupun kelompok diskusi. Menyediakan
media belajar yang beragam bertujuan untuk mengakomodasi gaya belajar yang
berbeda serta memberikan akses khusus untuk penderita difabel.
(Sumber:
Petunjuk Teknis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Direktorat Jenderal
Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017)
BACA
PESERTA PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017
NARASUMBER / PENGAMPU PKB TAHUN 2017
INSTRUKTUR NASIONAL / MENTOR PKB
MODA TATAP MUKA, DARING MURNI, DARING KOMBINASI
PENILAIAN DAN KRITERIA KELULUSAN PESERTA PKB TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
BUKU JUKNIS PKB -GURU PEMBELAJAR DIRJEN GTK UNDUH DI SINI
BACA PENJELASAN PKB KEPALA SEKOLAH
BACA PENJELASAN PKB PENGAWAS SEKOLAH
BACA ALUR PENDAFTARAN KOMUNITAS GTK KE SIM PKB
BACA PANDUAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA GURU DI SIM PKB TAHUN 2017
BACA 50 ISTILAH DAN AKRONIM PADA PKB
BACA
PESERTA PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017
NARASUMBER / PENGAMPU PKB TAHUN 2017
INSTRUKTUR NASIONAL / MENTOR PKB
MODA TATAP MUKA, DARING MURNI, DARING KOMBINASI
PENILAIAN DAN KRITERIA KELULUSAN PESERTA PKB TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
BUKU JUKNIS PKB -GURU PEMBELAJAR DIRJEN GTK UNDUH DI SINI
BACA PENJELASAN PKB KEPALA SEKOLAH
BACA PENJELASAN PKB PENGAWAS SEKOLAH
BACA ALUR PENDAFTARAN KOMUNITAS GTK KE SIM PKB
BACA PANDUAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA GURU DI SIM PKB TAHUN 2017
BACA 50 ISTILAH DAN AKRONIM PADA PKB
0 komentar:
Post a Comment