10 May 2017

BEST PRACTICE OGN 2016 (BAGIAN AWAL)


BEST PRACTICE


PENINGKATAN KOMPETENSI MENENTUKAN NILAI-NILAI DALAM  CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA SISWA SMA NEGERI 2 BOYOLALI KELAS XI IPA-2 SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2016/2017



Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat

Mengikuti Olimpiade Guru Nasional Guru (OGN)

Tingkat Nasional Tahun 2016





diajukan oleh :



Nama                      :     Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP                         :     197207081998011001

NUPTK                  :     4040750652200013

Nama sekolah         :      SMA N  2 Boyolali

Kabupaten              :     Boyolali

Provinsi                   :     Jawa Tengah





PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN

2016



                                    PERNYATAAN KEASLIAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :

1.            Karya tulis ilmiah dalam bentuk best practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa SMA Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah ASLI karya sendiri, bukan jiplakan dari karya orang lain, baik sebagian atau seluruhnya.

2.            Pendapat atau temuan orang lain yang terdapat dalam karya tulis ini dikutip atau dirujuk berdasarkan kode etik ilmiah.

3.            Pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, apabila di kemudian hari terdapat ketidakbenaran dalam pernyataan ini, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku.



                                                                Boyolali,  10 Oktober 2016


Kepala Sekolah ,                                               Penulis,

SMA Negeri 2 Boyolali       





Drs. Makno, M.H.                                            Muh Zuhri, S.Pd. M.Pd.

NIP  195708281986031009                             NIP 197207081998011001





PERNYATAAN PERPUSTAKAAN




Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Perpustakaan SMA Negeri 2 Boyolali menyatakan bahwa :

1.            Judul Best Practice : Peningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa SMA Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017  adalah karya dari Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd., Guru SMA Negeri 2 Boyolali.

2.            Laporan Best Practice tersebut telah kami terima dari yang bersangkutan untuk disimpan dan dimanfaatkan oleh perpustakaan SMA Negeri 2 Boyolali sebagaimana mestinya.



Demikian pernyataan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Boyolali, 10 Oktober 2016


Kepala Perpustakaan

SMA Negeri 2 Boyolali



Dra. Sri Mardiyati

NIP  196705301994122004



BIODATA PENULIS


1.
Nama
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
2.
NIP
197207081998011001
3.
NUPTK
4040750652200013
4.
Jabatan
Guru Madya
5.
Pangkat/Gol.Ruang
Pembina /IV-A
6.
Tempat / tanggal lahir
Boyolali, 8 Juli 1972
7.
Jenis Kelamin
Laki-laki
8.
Agama
Islam
9.
Pendidikan terakhir
Magister (S-2) Pend. Bahasa Indonesia UNS
10.
Unit Kerja
SMA Negeri 2 Boyolali
11.
Alamat Rumah
Karanglo RT 01 RW 02 Wironanggan, Gatak Sukoharjo







Boyolali, 10 Oktober 2016

Penulis,




Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 197207081998011001




KATA PENGANTAR


         Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan best practice dengan judulPeningkatan Kompetensi Menentukan Nilai-Nilai dalam Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Wayang Kertas pada Siswa SMA Negeri 2 Boyolali Kelas XI IPA-2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017” yang merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan. Best practice disusun dalam rangka mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2016.

Dalam penyusunan best practice ini, penulis banyak menerima bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada yang terhormat:

1.            Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah;

2.            Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali;

3.            Kepala SMA Negeri 2 Boyolali yang telah memberi ijin, kesempatan dan kepercayaan kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini seluas-luasnya.

4.            Semua rekan guru di SMA Negeri 2 Boyolali, yang telah memberikan bantuan selama proses penelitian sampai  dengan terwujud dalam bentuk  best practice ini. 

5.            Istri dan anak-anak tercinta yang selalu memberi dukungan doa dan memberikan kekuatan dalam setiap langkah.

6.            Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan berupa apapun dalam menyelesaikan best practice ini.

Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan karya ini.

                                                                                                                                   

                                                                                                                                                                                                      Boyolali, Oktober 2016

                                                                                    Penulis





DAFTAR ISI



Halaman

LEMBAR JUDUL …………………………………………………………...         i

PERNYATAAN KEASLIAN …………………………………………….…         ii

PERNYATAAN PERPUSTAKAAN ……………………………………….         iii

BIODATA PENULIS ..................................................................................... iv

KATA PENGANTAR ……………………………………………………….         v

DAFTAR ISI ………………………………………………………………... vi

DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………... vii

BAB I PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang Masalah ………………………………………………. 1

B.           Rumusan Masalah ……………………………………………………..  4

C.           Tujuan …………………………………………………………………  4

D.          Manfaat ..................................................................................................  5

BAB II IMPLEMENTASI BEST PRACTISE

A.          Alasan Strategi Pemecahan Masalah ………………………………….. 6

B.           Implementasi Strategi Pemecahan Masalah …………………………...  8

C.           Hasil atau Dampak yang Dicapai ……………………………………...  11

D.          Kendala-Kendala yang Dihadapi ……………………………………… 13

E.           Faktor-Faktor Pendukung ……………………………………………... 13

BAB III SIMPULAN DAN SARAN

A.          Simpulan ………………………………………………………………. 14

B.           Saran …………………………………………………………………... 14

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………         15



BEST PRACTICE BAGIAN ISI BACA DI SINI







DAFTAR LAMPIRAN



Lampiran

1.            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

2.            Lembar Kerja Siswa

3.            Foto Proses Pembelajaran

4.            Jadwal Penelitian

5.            Data Nilai Peserta Didik

6.            Data Sikap Belajar Peserta Didik
POSTINGAN TERKAIT
BACA BEST PRACTICE OGN 2016 BAGIAN ISI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN 2016 DI SINI
BACA 100 SOAL ONLINE BABAK FINAL MATERI PEDAGOGIK
BACA TES TEORI BABAK FINAL OGN 2017
BACA TES WORKSHOP BAHAN AJAR BABAK FINAL OGN 2017
BACA PERSIAPAN SOAL DAN MATERI LENGKAP OGN DI SINI

0 komentar:

Post a Comment