1. Teori belajar ini berusaha memahami
perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang
pengamatnya. Peran guru dalam teori ini adalah sebagai fasilitator bagi para
siswa sedangkan guru memberikan motivasi, kesadaran mengenai makna kehidupan
siswa. Teori ini termasuk aliran ...
- Behaviorisme
- Humanistik
- Sibernetik
- Kontruktivisme
2. Teori belajar yang berpendapat bahwa
belajar bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah
atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD yang sudah tersedia secara
alamiah pada manusia adalah teori belajar …
- Nativisme
- Kognitivisme
- Humanistik
- Sosial
3. Aliran ini lebih menekankan bagaimana
kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapatkan perhatian dari
peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan
teknologi. Teori ini tergolong aliran …
- Humannistik
- Behaviorisme
- Sibernetik
- Konstruktivime
4. Belajar ialah pembentukan hubungan antara
stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu
memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam belajar akan
melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat,
menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga berpikir yang akan membuat
daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar...
- Keterlibatan langsung dan pandangan hidup
- Perhatian dan motivasi
- Keaktifan
- Pengulangan
5. Siswa belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan
nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar
lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau
penguatan positif. Sebaliknya, anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada
waktu ulangan akan merasa takut tidak naik kelas, karena takut tidak naik kelas
ia terdorong untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif.
Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran ...
- Tantangan
- Balikan atau penguatan
- Perhatian dan motivasi
- Keterlibatan langsung
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI DI PLPG 2017 DI SINI
BACA SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI SINI
BACA SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI SINI
Lengkapp.
ReplyDeleteKerenn
Makasi Pak
Terima kasih jg, Bu... semoga bermanfaat.
ReplyDeletesoalnya dikit banget
ReplyDeleteBaca di pos lain, Ibu Jerry....
DeleteMakasih Pa Zuhri atas brbagi Ilmunya mudah2an membantu rekan2 yg mau plpg dan menjadi amal baik bagi Pa Zuhri... Aamiin
ReplyDeleteAamiin...mksih Pak Kandi Sukandi atas kunjungannya. Semoga bermanfaat. Maaf soal untuk setiap kompetensi masih sedikit... insya Allah akan saya tambah setelah kompetensi lain saya selesaikan.
DeleteMtr swun BPK...sgt mmbntu
ReplyDeleteAlhamdulillah, mtr swn jg Ibu Pramawati Suryaningrum
ReplyDeletema kasih ya cukup membantu
ReplyDeleteAlhamdulillah... ok, ma kasih jg Pak Yazir Amin
DeleteMakasih Pak Zuhri
ReplyDeleteMakasih Pak Zuhri
ReplyDeleteTerima kasih juga ...
Deletepak saya masih bingung menghitung frasa dalam kalimat, mohon pencerahan , ,suwun
ReplyDeletebisa kah hub WA saya 089675945577
DeleteTerimaksih banyak pak
ReplyDeleteTerimaksih banyak pak
ReplyDeleteTerima kasih jg Ibu Chazanah Erawati, sukses untuk Ibu
DeleteTerima kasih pak,tp saya ko tidak menemukan soal yg brbentuk menghitung kalimat deklaratif dan interogatif pak. mohon bantuannya.
ReplyDeletepak, jangan berhenti berkarya ya pak,sangat membantu kami yang guru
ReplyDeleteInsya Allah, terima kasih ya,
Delete