1. Kriteria keberhasilan
belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk
menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
- Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
- Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
- Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
- Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
2. Fungsi KKM adalah
sebagai berikut, kecuali....
d. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
a. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian
mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah.d. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
3. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
- Pencapaian standar kompetensi
- Pencapaian kompetensi dasar.
- Pencapaian tujuan pembelajaran
- Pencapaian standar kelulusan
4. Untuk menentukan tindak
lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
a. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
b. Menambah bahan
pelajaran baru
c. Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
d. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
5. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
a. Pedoman observasi
b. Kuesioner
c. Pedoman wawancara
d.
Tes hasil belajar
6. Bila
Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan
hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
a. Memindahkan tempat duduk peserta
didik ke meja yang paling depan
b. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta
didik yang bersangkutan
d. Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
7. Sebelum
guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
a. Buku sumber yang digunakan
b. Kurikulum dan silabus
c. Indikator pencapaian kompetensi
d. Kemampuan
awal
siswa
8. Salah
satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
a. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan
kemampuan yang harus diukur
b. penilaian merupakan
bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
c. penilian berdasarkan kriteria yang jelas
tentang kompetensi yang harus dicapai
d. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik
untuk semua aspek kompetensi
9. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
a. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan b. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
c. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
d. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
a. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan b. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
c. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
d. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
10. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
a. Nilai
batas ambang kompetensi
b. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
c. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d.
Nilai batas ambang kelulusan ujian
sekolah
11. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
11. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
a. Mean
b. Modus
c. Median
d. Simpangan baku
12. Standar
penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
a. Penilaian hasil belajar peserta didik
b. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan
guru
c. Penilaian silabus dan RPP
d. Penilaian standar kompetensi lulusan
13. Penilaian
adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta
didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang
agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
- Objektivitas.
- Transparan
- Bermakna
- Menyeluruh
14. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan
pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
- Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
- Menyampaikan laporan ke atasannya
- Menyusun rencana tindak lanjut
- Menyusun laporan hasil pemantauan
15. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
16. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
17. Salah
satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam
kegiatan guru ….
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada. d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada. d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
18. Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut....
a. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
a. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
19. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
a. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
a. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
20. Penilaian
hasil belajar
siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses
pembelajaran dan hasil post test disebut ....
- Konstruktivisme
- Authentic assesment
- Efektif
- kondusif
Trims, Sangat Bermanfaat Bagi saya dan Teman teman
ReplyDeleteAlhamdulillah, trm kasih juga Pak Abadi, sukses untuk Bapak dan teman-teman
DeleteTerimakasih banyak ,, informasinya Jazakallohu Khairan katsiro ..
ReplyDeleteaamiin yra, terima kasih juga
Deletetrmksh....barokallahu
ReplyDeleteaamiin, yra, trm kasih juga
DeleteTrimakasih..
ReplyDeleteterima kasih juga
Deletekurang yakin dengan jawabannya
ReplyDeleteTerima kasih atas saran kritiknya, saya cek ulang, menurut Anda nomor berapa yg meragukan. mohon berikan argumen
DeleteTerimakasih sangat bermanfaat semoga sukses sllu pak
ReplyDelete