15 April 2017

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK



MENGIDENTIFIKASI DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK

 KOMPETENSI INTI GURU : MENGUASAI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DARI ASPEK FISIK, MORAL, SOSIAL, KULTURAL, EMOSIONAL, DAN INTELEKTUAL


1.    Setiap individu tidak sama. Perbedaan individu ini menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar di kalangan peserta didik. Sehingga memunculkan perbedaan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran di kelas yang sering disebut sebagai kesulitan belajar. Ada banyak faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Salah satu penyebab kesulitan belajar siswa adalah intelegensi yang rendah dan terbatas.

Penyebab kesulitan belajar tersebut digolongkan ke dalam factor…
 
A.  Intelektual

B.  Kondisi fisik dan kesehatan

C.  Sosial

D.  Keluarga


Jawab: A

Pembahasan

Penyebab kesulitan belajar antara lain:

1) Faktor intelektual, yaitu inteligensi yang rendah dan terbatas;

2) Faktor kondisi fisik dan kesehatan, termasuk kondisi kelainan, seperti kurangnya gizi pada ibu hamil, bayi dan anak, kerusakan susunan dan fungsi otak, dan penyakit persalinan;

3) Faktor sosial,seperti pengaruh teman bermain, pergaulan dan lingkungan sekitar;

4) Faktor keluarga, seperti keadaan keluarga yang tidak baik dan kurangnya dukungan belajar dari orang tua.


2.    Ada banyak jenis kesulitan/gangguan belajar yang seringkali ditemui dalam perkembangan seorang peserta didik. Antara lain, peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung.

Kesulitan tersebut termasuk jenis kesulitan belajar…

 A.  Social-emosional

B.  Akademik

C.  Simbolik

D.  Nonsimbolik


Jawab: B

Pembahasan:

Empat jenis kesulitan/gangguan belajar dalam perkembangan seorang anak:

1)   Kesulitan belajar akademis, meliputi kesulitan membaca, kesulitan menulis, dan kesulitan berhitung.

2)   Gangguan simbolik,  yaitu ketidakmampuan anak untuk dapat memahami suatu obyek sekalipun ia tidak memiliki kelainan pada organ tubuhnya.

3)   Gangguan nonsimbolik, yaitu ketidakmampuan anak untuk memahami isi pelajaran karena ia mengalami kesulitan untuk mengulang kembali apa yang telah dipelajarinya.

4)   Ganguan sosial-emosional, yaitu gangguan yang berasal dari lingkungan dan emosi dalam diri anak.


3.    Permasalahan sosial emosional dalam belajar yang dialami peserta didik sangat beragam. Salah satunya adalah peserta didik cenderung pendiam, pasif, dan mudah tersinggung. Mereka tidak berani bertanya atau menjawab karena merasa tidak mampu dan cenderung kurang berani bergaul serta suka menyendiri.

Permasalahan yang dialami peserta didik tersebut di sebut….

A.  Hiperaktif

B.  Distractibiliti child

C.  Poor Self Consept

D.  Impulsif


Jawab: C

Pembahasan

Permasalahan social emosional peserta didik, antara lain sebagai berikut:

(1) Hiperaktif, anak hiperaktif cenderung tidak bisa diam. Ia cenderung bergerak terus menerus, kadang suka berlarian, melompat-lompat, bahkan teriak-teriak di kelas. Anak ini sulit untuk dikontrol, karena ia melakukan aktivitas sesuai kemauannya sendiri.

(2) Distractibility Child, anak distractibility seringkali mengalihkan perhatiannya ke berbagai obyek lain di kelas. Anak ini mudah dipengaruhi, tetapi tidak bisa memusatkan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang berlangsung di kelas. Anak ini juga cepat bosan.

(3) Poor Self Consept, anak yang poor self consept cenderung pendiam, pasif, dan mudah tersinggung. Mereka tidak berani bertanya atau menjawab karena merasa tidak mampu dan cenderung kurang berani bergaul serta suka menyendiri.

(4) Impulsif, anak yang impulsif cepat sekali bereaksi terhadap sesuatu di sekitarnya, tetapi hal tersebut justru mencerminkan ketidakmampuannya. Misalnya, setiap guru memberi pertanyaan, anak ini cepat bereaksi untuk cepat menjawab. Anak ini seperti ingin menunjukkan bahwa ia pandai. Padahal cara menjawabnya justru mencerminkan  ketidakmampuannya.


4.    Cara mengatasi kesulitan belajar seharusnya berdasarkan gejala yang teramati dan faktor penyebab kesulitan belajar. Jika kesulitan belajar itu timbul karena materi pelajaran bersifat abstrak sehingga sulit dipahami siswa, upaya yang dilakukan guru antara lain adalah ….

A.  Mengatur tempat duduk siswa

B.  Melaksanakan program remedial

C.  menggunakan alat peraga pelajaran dan media belajar yang tepat

D.  Menciptakan suasana belajar menyenangkan
 
Jawab: C

Pembahasan

Cara mengatasi mengatasi kesulitan belajar adalah sebagai berikut.

1) tempat duduk siswa

Anak yang mengalami kesulitan pendengaran dan penglihatan hendaknya mengambil posisi tempat duduk bagian depan.

2) Gangguan kesehatan

Anak yang mengalami gangguan kesehatan sebaiknya diistirahatkan di rumah dengan tetap memberinya bahan pelajaran dan dibimbing oleh orang tua dan keluarga lainnya.

3) Program remedial

Siswa yang gagal mencapai tujuan pembelajaran akibat gangguan internal, perlu ditolong dengan melaksanakan program remedial.

4) Bantuan media dan alat peraga

Penggunaan alat peraga pelajaran dan media belajar kiranya cukup membantu siswa yang mengalami kesulitan menerima materi pelajaran. Misalnya,  karena materi pelajaran bersifat abstrak sehingga sulit dipahami siswa.

5) Suasana belajar menyenangkan

Suasana belajar yang nyaman dan menggembirakan akan membantu siswa yang mengalami hambatan dalam menerima materi pelajaran.

5.    Membuat rancangan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara bimbingan belajar. Beberapa pendekatan dapat dilakukan untuk mendeteksi siswa yang diduga mebutuhkan layanan bimbingan belajar. Antara lain, menciptakan hubungan yang baik, penuh keakraban sehingga tidak terjadi jurang pemisah antara guru dengan siswa.

Pendekatan tersebut dinamakan….

 A.   Call them approach

B.  Maintain good relationship

C.  Developing a desire for counseling

D.  Analisis sosiometris
Jawab : B

Pembahasan

Robinson dalam Abin Syamsuddin Makmun (2003) memberikan beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi siswa yang diduga membutuhkan layanan bimbingan belajar, sebagai berikut.

(1) Call them approach; melakukan wawancara dengan memanggil semua siswa secara bergiliran sehingga dengan cara ini akan dapat ditemukan siswa yang benar-benar membutuhkan layanan bimbingan.

(2) Maintain good relationship; menciptakan hubungan yang baik, penuh keakraban sehingga tidak terjadi jurang pemisah antara guru dengan siswa. Hal ini dapat dilaksanakan melalui berbagai cara yang tidak hanya terbatas pada hubungan kegiatan belajar mengajar saja, misalnya melalui kegiatan ekstra kurikuler, rekreasi dan situasi-situasi informal lainnya.

(3) Developing a desire for counseling; menciptakan suasana yang menimbulkan ke arah penyadaran siswa akan masalah yang dihadapinya. Misalnya dengan cara mendiskusikan dengan siswa yang bersangkutan tentang hasil dari suatu tes, seperti tes inteligensi, tes bakat, dan hasil pengukuran lainnya untuk dianalisis bersama serta diupayakan berbagai tindak lanjutnya. Melakukan analisis terhadap hasil belajar siswa, dengan cara ini bisa diketahui tingkat dan jenis kesulitan atau kegagalan belajar yang dihadapi siswa.

(4) Melakukan analisis sosiometris; dengan cara ini dapat ditemukan siswa yang diduga mengalami kesulitan Penyesuaian social
Untuk memperdalam pemahaman tentang Kesulitan Belajar Peserta didik baca Ringkasan Materi kompetensi Pedagogik Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Anak
 

15 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih juga Mas Reza Afriyadi, semoga sukses

      Delete
  2. Sangat membantu referensi kami mengikuti PPG..

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfa'at semoga ilmunya berkah dunia wal akhirat...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, sangat terbantu dg materinya.semoga berkah utk bpk MuhZuhri

    ReplyDelete
  5. Thank you, hal ini terjadi pada beberapa anak didik saya di kelas 3 SD, di SD St. Antonius, Jakarta Timur. Sekali lagi terima kasih atas semua pembahasannya. Semoga bisa bermanfaat bagi orang tua, guru, dan peserta didiknya.

    ReplyDelete
  6. Jazakallah khair..., bermanfaat banget. Ana copy ya...

    ReplyDelete