SOAL PILIHAN GANDA
1.
Dalam memilih dan mengembangkan materi
pembelajaran, Ibu Khairani selalu memilih materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman
ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria…
A. Sahih
B.
Kebermanfaatan
C.
Layak dipelajari
D.
Menarik minat
2. Dalam menyiapkan materi
pelajaran, Pak Nugroho memulai dari materi yang bersifat umum ke dalam
bagian-bagian yang lebih khusus…
Bentuk
pengembangan materi yang disusun Pak Nugroho mengikuti pola....
A.
kausal
B.
kronologis
C.
inquiri
D. logis
3. Seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1. Membekali
murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam
proses berfikir dan berkomunikasi,
2. Berperan
sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3. Melakukan penilaian
yang mencakup
cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Aktivitas
guru tersebut menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstruktivisme
D. Humanisme
4. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat
diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi,
maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar
yang dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
5. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah...
A. Mengulang
kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang
belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
SOAL URAIAN
6.
Dalam perencanaan pembelajaran terdapat
kriteria yang menjadi dasar pemilihan materi pembelajaran. Uraikan kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran dalam merancang pembelajaran.
Jawab:
Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran dalam merancang pembelajaran
adalah sebagai berikut.
a. Sahih
(Valid)
b. Tingkat
Kepentingan (Significance)
c. Kebermanfaatan
(utility)
d. Layak
dipelajari (learnability)
e. Menarik
minat (interest)
PEMBAHASAN LENGKAP PEMILIHAN MATERI
PEMBELAJARAN BACA DI SINI
7.
Jelaskan teori belajar konstruktivisme
dan penerapannya dalam pembelajaran.
Jawab: menurut teori belajar
konstruktivisme belajar adalah proses untuk menemukan (learning by discovery is
learning to discover). Ada dua model penemunaan, yaitu model penemuan murni dan
model penemuan terbimbing. Model penemuan yang dapat dikembangkan di kelas
adalah model penemuan terbimbing di mana para siswa dihadapkan dengan situasi
di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis),
mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola),
menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar
tidaknya dugaannya itu. Berbeda dengan model penemuan murni di mana mulai dari
pemilihan strategi sampai pada jalan dan hasil penemuan ditentukan para siswa
sendiri maka pada penemuan terbimbing ini, para guru bertindak sebagai penunjuk
jalan, ia membantu dan memberi kemudahan bagi para siswanya sedemikian rupa
sehingga mereka dapat mempergunakan idea, konsep dan ketrampilan yang sudah dia
pelajari untuk menemukan pengetahuan yang baru.
(Pembahasan lengkap tentang
teori-teori belajar BACA DI SINI).
0 komentar:
Post a Comment