30 April 2017

7 (TUJUH) SOAL OGN 2017 LANDASAN KEPENDIDIKAN DAN TEORI BELAJAR


SOAL PILIHAN GANDA

1.        Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Khairani selalu memilih materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.    Sahih

B.     Kebermanfaatan

C.     Layak dipelajari

D.    Menarik minat

2.     Dalam menyiapkan materi pelajaran, Pak Nugroho memulai dari materi yang bersifat umum ke dalam bagian-bagian yang lebih khusus…

Bentuk pengembangan materi yang disusun Pak Nugroho mengikuti pola....

A.   kausal  

B.   kronologis   

C.   inquiri

D.   logis



3.  Seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1.      Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2.      Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.

3.      Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Aktivitas guru tersebut menggunakan pembelajaran yang berbasis....

A.   Kognitivisme

B.   Behaviorisme

C.   Konstruktivisme

D.   Humanisme  

4.    Teori ini  memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus)  dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…           



A.  Behaviorisme   

B.  Humanistik       

C.  Sibernetik         

D.  Kontruktivisme

5.    Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah...

A.             Mengulang kembali bahan yang diajarkan

B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami

C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

d. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan



SOAL URAIAN

6.      Dalam perencanaan pembelajaran terdapat kriteria yang menjadi dasar pemilihan materi pembelajaran. Uraikan kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran dalam merancang pembelajaran.

Jawab:

Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran dalam merancang pembelajaran adalah sebagai berikut.

a.       Sahih (Valid)

b.      Tingkat Kepentingan (Significance)

c.       Kebermanfaatan (utility)

d.      Layak dipelajari (learnability)

e.       Menarik minat (interest)

PEMBAHASAN LENGKAP PEMILIHAN MATERI PEMBELAJARAN BACA DI SINI

7.      Jelaskan teori belajar konstruktivisme dan penerapannya dalam pembelajaran.

Jawab: menurut teori belajar konstruktivisme belajar adalah proses untuk menemukan (learning by discovery is learning to discover). Ada dua model penemunaan, yaitu model penemuan murni dan model penemuan terbimbing. Model penemuan yang dapat dikembangkan di kelas adalah model penemuan terbimbing di mana para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Berbeda dengan model penemuan murni di mana mulai dari pemilihan strategi sampai pada jalan dan hasil penemuan ditentukan para siswa sendiri maka pada penemuan terbimbing ini, para guru bertindak sebagai penunjuk jalan, ia membantu dan memberi kemudahan bagi para siswanya sedemikian rupa sehingga mereka dapat mempergunakan idea, konsep dan ketrampilan yang sudah dia pelajari untuk menemukan pengetahuan yang baru.

(Pembahasan lengkap tentang teori-teori belajar BACA DI SINI).

0 komentar:

Post a Comment