1.
Pembelajaran yang mampu mendorong dan
menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam
mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi
atau materi pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan ….
Saintifik (KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI)
2.
Pembelajaran yang menggunakan masalah
sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru
berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan
penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik
berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran
.......
project
based learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
3.
Guru menyampaikan materi pelajaran tidak
dalam bentuk final melainkan mendorong Peserta didik untuk mengidentifikasi apa
yang ingin diketahuiya, mencari informasi sendiri, kemudian mengorganisasikan
apa diperolehnya menjadi suatu bangun pengetahuan. Hal ini merupakan
prinsip belajar dalam model pembelajaran ....
discovery
Learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
4.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar
di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu
fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat
masalah-masalah yang muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta
didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru
adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan
mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
problem based learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
5.
Semua anggota kelompok mengungkapkan
pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga
dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan
guru tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
problem
based learning
6.
Ketika memulai pembelajaran, guru
menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi.
Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari
alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
Project
based learning
7.
Guru bersama siswa merencanaan sebuah
kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa
“memiliki” dan bertanggung jawab atas kegitan yang telah direncanakan
bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk
menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi..Model pengelolaan pembelajaran
yang demikian itu mencerminkan prinsip model…
Project
based learning
8.
Guru menunjukkan suatu gambar peristiwa
pada awal pembelajaran kepada siswa dan siswa terpancing untuk bertanya tentang
gambar tersebut. Respon siswa terhadap gambar yang dihadirkan guru merupakan
stimulasi yang membantu siswa mengeksplorasi bahan. Dilanjutkan dengan
identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik
kesimpulan. Prosedur tersebut merupakan prosedur aplikasi metode ....
Discovery
learning
9.
Berikut ini disajikan beberapa
pernyataan yang mencerminkan langkah-langkah pembelajaran.
a. Orientasi
siswa pada masalah
b. Mengorganisasi
siswa dalam
belajar
c. Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
d. Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
e. Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Urutan langkah-langkah
di atas merupakan langkah pembelajaran dengan model…
problem
based learning
10. Berikut
ini disajikan beberapa pernyataan yang mencerminkan langkah-langkah
pembelajaran.
a.
Pemberian Rangsangan (Stimulation)
b.
Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
c.
Pengumpulan Data (Data Collection)
d.
Pengolahan Data (Data Processing)
e.
Pembuktian (Verification)
f.
Menarik Kesimpulan (Generalization)
Urutan langkah-langkah
di atas merupakan langkah pembelajaran dengan model…
discovery
learning
POSTINGAN TERKAIT
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI DI SINI
SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
TIPS LULUS UTN 2017 BACA DI SINI
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI DI SINI
SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
TIPS LULUS UTN 2017 BACA DI SINI
0 komentar:
Post a Comment